Rakornas Zakat 2020-Online lahirkan 16 rekomendasi
Elshinta
Jumat, 12 Juni 2020 - 17:47 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
 Rakornas Zakat 2020-Online lahirkan 16 rekomendasi
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

Elshinta.com - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) resmi menutup Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Zakat 2020-Online, yang digelar selama dua hari, Rabu (10/6) dan Kamis (11/6). Rakornas yang diikuti kurang lebih 354 peserta dari BAZNAS dan LAZ seluruh Indonesia berjalan dengan lancar dan melahirkan 16 poin kesimpulan dan rekomendasi. 

Kesimpulan dan rekomendasi Rakornas Zakat 2020 Online ini dibacakan oleh Anggota BAZNAS, Prof Mundzir Suparta, selaku pimpinan sidang. Pembacaan kesimpulan dan rekomendasi rakornas ini disaksikan langsung oleh Ketua BAZNAS, Prof. Dr. H. Bambang Sudibyo. MBA., CA didampingi Wakil Ketua BAZNAS, Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec, Seluruh Anggota BAZNAS, Direktur Utama, segenap jajaran direksi dan sekretaris BAZNAS, Pimpinan BAZNAS Provinsi serta Kabupaten/Kota, Pimpinan LAZ se-Indonesia, dan seluruh peserta Rakornas melalui platform online Zoom, Kamis (11/6).

“Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan yang membicarakan begitu banyak masukan telah kita simpulkan menjadi 16 poin dan sudah kita nyatakan sah sebagai satu bentuk komitmen yang mengikat dan harus kita jalankan, terutama dalam percepatan penanganan Covid-19 ini," ujar Mundzir dalam pidato sidang pleno terakhir.

Mundzir mengatakan 16 rekomendasi dan kesimpulan diantaranya adalah BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, dan LAZ wajib mematuhi prosedur dan protokol Covid-19. Seluruh peserta juga berkomitmen melakukan kemitraan dan koordinasi dengan pemerintah, khususnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan pihak-pihak terkait lainnya untuk menyusun solusi bersama dalam penanganan Covid-19.

Dalam rilis yang diterima redaksi elshinta.com, Jumat (12/6), menyebutkan BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, dan LAZ juga berkomitmen memprioritaskan program penyaluran ZIS dan DSKL untuk upaya percepatan penanganan Covid-19. 

Usai pembacaan hasil kesimpulan dan rekomendasi, Rakornas Zakat 2020 Online ini ditutup oleh Ketua BAZNAS, Prof. Dr. H. Bambang Sudibyo. MBA., CA. Dalam penutupnya, Bambang menuturkan besarnya dukungan dan apresiasi multipihak kepada BAZNAS dan LAZ dalam penanganan Covid-19 khususnya dan dalam pengelolaan ZIS dan DSKL. 

“Untuk itu marilah kita syukuri dukungan dan apresiasi multi-pihak ini sebaik-baiknya dengan cara memanfaatkannya seoptimal mungkin,” kata Bambang.

Ia mengatakan, kesimpulan dan rekomendasi ini menjadi komitmen bersama untuk mempercepat penanganan Covid-19 dan untuk selanjutnya menegakkan syariah zakat di Indonesia.

Berikut ini adalah 16 Rekomendasi Rakornas Zakat 2020-Online :

1. BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, dan LAZ wajib mematuhi prosedur dan protokol Covid-19.

2. BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, dan LAZ berkomitmen menjaga soliditas dalam aksi kolaboratif program penanganan Covid-19. 

3. BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, dan LAZ berkomitmen untuk mengikuti koordinasi dan kepemimpinan BAZNAS RI dalam penanganan Covid-19 dan dalam keadaan normal baru (new normal).

4. BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, dan LAZ berkomitmen melakukan kemitraan dn koordinasi dengan pemerintah, khususnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan pihak-pihak terkait lainnya untuk menyusun solusi bersama dalam penanganan Covid-19.

5. BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, dan LAZ berkomitmen memprioritaskan program penyaluran ZIS dan DSKL untuk upaya percepatan penanganan Covid-19. 

6. BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, dan LAZ berkomitmen untuk menyusum strategi dan langkah-langkah kongkrit untuk menghadapi kondisi normal baru (new normal).

7. BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, dan LAZ wajib menerapkan pendekatan mendatangi mustahik (push approach) bukan mengumpulkan mustahik (pull approach) dalam program penanganan Covid-19 sesuai dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19. 

8. BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, dan LAZ berkomitmen untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, terutama yang terdampak Covid-19.

9. BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, dan LAZ berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat dalam mempercepat penanganan Covid-19. 

10. BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, dan LAZ berkomitmen untuk mereplikasi secara mandiri praktik-praktik terbaik penanganan Covid-19.

11. BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, dan LAZ dalam penanganan Covid-19, wajib mengikuti syariah Islam dan peraturan perundang-undangan secara transparan dan akuntabel. 

12. BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, dan LAZ wajib menolak gratifikasi yang mengandung konflik kepentingan dalam penanganan Covid-19.

13. BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, dan LAZ berkomitmen menjaga dan melindungi keamanan, keselamatan, dan kesehatan amil danr relawan dalam penanganan Covid-19. 

14. BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, dan LAZ wajib menjaga netralitas politik dalam penanganan Covid-19.

15. BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, dan LAZ berkomitmen untuk menggunakan teknologi berbagai platform pembayaran untuk melakukan sosialisasi, pengembangan saluran pembayaran zakat, dan peningkatan layanan masyarakat untuk berdonasi di tengah kondisi pandemic Covid-19 dan kondisi normal baru (new normal).

16. BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota, dan LAZ wajib melaporkan kepada BAZNAS RI dan Pemda sesuai dengan tingkatannya tentang dampak Covid-19 pada pengumpulan dan penyaluran ZIS dan DSKL.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Diwarnai protokol kesehatan, Jamasan Keris Kiai Cinthaka Sunan Kudus digelar
Kamis, 06 Agustus 2020 - 21:11 WIB
Prosesi penjamasan mencuci (pusaka) berupa keris Kiai Cinthaka Sunan Kudus yang berumur ratusan tahu...
Raja Galuh sesalkan pernyataan Menteri PMK
Rabu, 05 Agustus 2020 - 21:26 WIB
Raja Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi menyesalkan pernyata...
Tekad MS Kalang Juang revitalisasi seni Sunda yang punah
Rabu, 05 Agustus 2020 - 08:28 WIB
Hilangnya beberapa seni tradisonal Sunda mengundang keprihatian pelaku seni. Diantaranya Seni Pertun...
Protokol kesehatan diharapkan cepat berubah dari kebiasaan jadi kebudayaan
Rabu, 05 Agustus 2020 - 08:13 WIB
Pandemi COVID-19 menuntut masyarakat untuk menciptakan kebiasaan baru di tengah kehidupan. Kebiasaan...
Presiden salat Idul Adha di halaman Wisma Bayurini
Jumat, 31 Juli 2020 - 08:56 WIB
Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Jokowi, dan putra bungsu mereka, Kaesang Pangarep, melaksana...
MUI: Pelaksanaan salat id harus pertimbangkan kondisi faktual
Kamis, 30 Juli 2020 - 08:55 WIB
Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Niam Sholeh mengatakan, pelaksanaan S...
Ingat protokol kesehatan, masyarakat diimbau tidak takbir keliling
Kamis, 30 Juli 2020 - 08:01 WIB
Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat tidak menggelar takbir keliling pada malam Hari Raya Idul Adha...
Masyarakat diimbau Salat Idul Adha di rumah, terutama yang di zona merah COVID-19
Kamis, 30 Juli 2020 - 07:49 WIB
Polda Metro Jaya mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan Salat Idul Adha tahun ini di rumah d...
Menag ingatkan protokol kesehatan dan berbagi di Hari Raya Idul Adha
Kamis, 30 Juli 2020 - 07:35 WIB
Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi mengatakan, menyambut Idul Adha tahun ini, Kementerian Agama tel...
Idul Adha di tengah pandemi, ini imbauan MUI
Rabu, 29 Juli 2020 - 11:21 WIB
Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau umat muslim Tanah Air untuk tetap menerapkan protokol keseha...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV