Mengapa haid tidak teratur? Bagaimana cara mengatasinya?
Elshinta
Rabu, 17 Juni 2020 - 10:19 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Mengapa haid tidak teratur? Bagaimana cara mengatasinya?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3fv5NZx

Elshinta.com - Haid atau menstruasi adalah siklus perdarahan periodik yang dialami para kaum hawa setiap bulannya. Normalnya haid terjadi setiap 21-35 hari sekali, dengan durasi haid berlangsung selama 3-7 hari.

Akan tetapi, beberapa wanita mengalami siklus haid yang tidak lancar. Menjadi hal yang normal jika wanita tersebut ternyata hamil. Namun jika tidak, maka artinya ada masalah kesehatan yang sedang terjadi.

Pada dasarnya, haid tidak lancar disebabkan oleh ketidakseimbangan kadar hormon progesteron dan estrogen. Ada sejumlah cara agar siklus menstruasi menjadi teratur dan lancar. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan: 

Olahraga 
Jenis olahraga yang dimaksud di sini adalah olahraga ringan seperti jogging, berenang, atau berjalan kaki. Cara ini diklaim efektif untuk melancarkan aliran darah sehingga siklus menstruasi akan kembali normal.

Walau olahraga bisa memperlancar haid, namun lakukan kegiatan ini sewajarnya. Olahraga yang berlebihan justru akan memperparah siklus haid tak lancar karena tubuh kelelahan.

Meditasi
Meditasi adalah cara sederhana untuk membantu melancarkan haid. Meditasi membantu mengurangi stres dengan menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh. Usahakan untuk bermeditasi setiap hari di pagi atau malam hari sebelum tidur. Meditasi bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Istirahat
Haid yang tidak teratur diakibatkan oleh produksi hormon kortisol yang melampaui batas normal sehingga mengganggu keseimbangan antara hormon progesteron dan hormon estrogen.

Untuk mengendalikan produksi kortisol, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan beristirahat yang cukup. Dengan menerapkan cara ini, siklus menstruasi bisa teratasi tanpa perlu ke dokter.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2N1HKoU

Yoga
Sebuah studi menemukan fakta bahwa melakukan yoga secara rutin sebanyak 5 kali seminggu selama 6 bulan, (durasi latihan mencapai 35 sampai 40 menit) dapat menurunkan kadar hormon yang menjadi pemicu siklus haid tidak teratur.

Tak hanya itu, dengan metode yoga ini bisa mengatasi berbagai masalah lainnya yang berhubungan dengan haid, seperti nyeri haid, rasa cemas, depresi, dan membantu wanita dengan kondisi dismenore primer melewati masa haid yang kadang diiringi dengan nyeri sangat parah.

Kendalikan stres
Stres juga bisa membawa pengaruh pada siklus haid. Ini karena saat stres, produksi hormon kortisol menjadi berlebihan, yang kemudian berpengaruh terhadap hormon hypothalamus, yaitu hormon pengatur siklus menstruasi. Agar haid lancar maka sebaiknya kelola stres sebaik mungkin dan jangan biarkan berlarut-larut.

Berat badan
Terlalu kurus atau terlalu gemuk sama-sama bisa mengacaukan jadwal menstruasi. Pada wanita obesitas utamanya, menstruasi yang tidak teratur kerap diiringi oleh rasa nyeri yang cukup hebat. Kondisi ini dipengaruhi oleh sel lemak yang menghambat laju hormon dan insulin.

Jika kesulitan mencapai berat badan stabil, mintalah bantuan dokter atau ahli gizi. Dokter akan membantu mencari metode paling tepat untuk membantu menaikkan atau menurunkan berat badan.

Makanan pelancar haid
Berbicara mengenai siklus haid yang tidak lancar, makanan memiliki pengaruh penting terkait hal ini. Dengan mengonsumsi sayuran, buah,dan kacang-kacangan bisa membantu memperlancar haid. 

Minuman tradisional
Selain makanan, cara alami memperlancar haid lainnya adalah dengan mengonsumsi minuman yang terbuat dari ramuan tradisional, seperti kunyit, kayu manis, daun pepaya, jahe, air kelapa hijau, wortel dalam bentuk jus, dan daun bidara. 

Air putih
Jarang minum air putih mungkin saja menjadi penyebab tidak lancarnya siklus haid. Air putih, yang mengandung mineral di dalamnya, adalah cara memperlancar haid secara alami paling mudah namun efektif karena bisa mengoptimalkan metabolisme tubuh dan juga menyeimbangkan kadar hormon.

Hindari aktivitas berat
Aktivitas yang terlalu berat dan padat hanya akan membuat tubuh jadi cepat lelah. Salah satu efek yang akan terasa adalah siklus haid yang tidak lancar.

Jika sudah begitu, maka menghindari atau setidaknya mengurangi aktivitas berat yang menguras tenaga adalah suatu keharusan jika tidak ingin siklus haid terus-terusan tidak teratur.

Hindari kafein
Kafein yang biasa ditemukan pada minuman teh maupun kopi ini ternyata juga berpengaruh terhadap siklus haid yang tidak lancar. Terutama jika dikonsumsi secara berlebihan, kafein ditengarai dapat mengganggu keseimbangan hormon yang berdampak pada tidak lancarnya siklus haid.

Mandi air hangat
Haid yang tidak lancar mungkin saja berawal dari rasa stres dan tubuh yang tidak rileks. Jika begitu, maka cara melancarkan haid pada kasus ini bisa dengan mandi air hangat.

Aktivitas ini dinilai efektif untuk memberikan sensasi rileks, kendati bukti medis yang mendukung hal ini sebetulnya belum terlalu kuat. Mandi dengan air hangat bisa Anda lakukan dengan 2 (dua) cara, yakni membasuh tubuh, atau bisa juga berendam selama kurang lebih 40 menit di dalam air hangat.


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Ahli Kandungan: Terapi hormon pada menopause berisiko kanker rahim
Minggu, 18 Oktober 2020 - 20:55 WIB
Ahli kandungan dari Klinik Hayandra dr Anggara Mahardika SpOG mengatakan terapi hormon pada perempua...
Sosialisasi pembinaan KB program non fisik TMMD 109 Kodim 1711/BVD
Selasa, 06 Oktober 2020 - 19:48 WIB
Kepala Puskesmas Mindiptana, Hendrikus Kamben didampingi Kepala Kampung Kakuna Bapak Ishak Tenot d...
Apa penyebab kram perut pada wanita selain menstruasi?
Rabu, 30 September 2020 - 10:19 WIB
Tak semua rasa kram perut disebabkan oleh menstruasi. Penyebab kram perut yang terasa menyakitkan da...
Hati-hati, jangan sepelekan masalah menstruasi ini
Rabu, 23 September 2020 - 11:10 WIB
Perhatikan beberapa masalah yang juga sering terjadi saat menstruasi. Sebab, tanpa disadari, hal ini...
 Cara menjaga kesehatan rahim yang wanita harus tahu
Rabu, 16 September 2020 - 09:23 WIB
Dalam sistem reproduksi, rahim menjadi organ vital karena sebagai tempat berkembangnya janin. Rahim ...
 Fakta tentang kesuburan wanita yang perlu diketahui
Rabu, 09 September 2020 - 10:06 WIB
Mendapatkan anak berhubungan dengan kesuburan atau fertilitas seseorang. Ada banyak faktor yang mela...
 Kesalahan saat memakai pembalut yang tidak disadari wanita
Rabu, 02 September 2020 - 11:19 WIB
Normalnya, wanita mengalami periode menstruasi sebanyak 480 kali sepanjang hidupnya. Rata-rata kaum ...
Jaga `mood` selama hamil dengan rajin olahraga
Rabu, 26 Agustus 2020 - 21:37 WIB
Berolahraga ringan untuk para wanita hamil tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan kebugaran tetapi ...
Wanita harus tahu, cara merawat Miss V sesuai perubahan usia
Rabu, 26 Agustus 2020 - 09:13 WIB
Organ intim akan berubah seiring bertambahnya usia. Lambat laun, bentuk Miss V tidak sama seperti be...
 Kenali apa itu kutu kemaluan, penyebab dan cara mengobatinya
Rabu, 19 Agustus 2020 - 10:35 WIB
Kutu kelamin ini memang sering disebut bisa menjadi penyebab ketidaknyamanan pada area organ intim. ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV