Perlengkapan bayi ini sebaiknya sudah dimiliki sebelum persalinan
Elshinta
Jumat, 19 Juni 2020 - 15:25 WIB |
Perlengkapan bayi ini sebaiknya sudah dimiliki sebelum persalinan
Ilustrasi perlengkapan bayi. Foto: Antara

Elshinta.com - Dalam masa kehamilan khususnya anak pertama, para calon ibu biasanya mencari referensi mengenai barang apa saja yang wajib dimiliki sebelum melahirkan.

Saking banyaknya referensi, terkadang membuat bingung untuk menentukan perlengkapan apa yang paling dibutuhkan.

Setidaknya ada empat perlengkapan yang wajib dimiliki oleh para calon ibu baru untuk memudahkan dalam merawat sang buah hati tercinta dengan nyaman, berikut adalah penjelasannya dikutip Mothercare, Jumat (19/6).

Perlengkapan tidur

Saat bayi tidur, otaknya tumbuh dan berkembang, sehingga tidur yang berkualitas sangat penting untuk perkembangan otak bayi. Maka lingkungan, tempat dan pakaian yang nyaman diperlukan agar bayi dapat tidur lebih nyenyak.

Barang yang diperlukan untuk mendukung bayi agar tidur lebih nyenyak adalah sleepsuit yang merupakan baju tidur yang menutup hingga kaki. Selain itu, sediakan pula swaddle blanket atau kain bedong yang membantu bayu merasa aman saat ia menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim.

Baby bouncer atau kursi goyang semi duduk, memungkinkan bayi untuk duduk dengan semi berbaring juga memiliki efek menenangkan dan bisa membuat tertidur. Jika kondisi ruangan Anda memungkinkan, tidak ada salahnya untuk membeli tempat tidur bayi agar bayi dapat tidur dengan nyaman.

Perlengkapan menyusui

Calon ibu juga wajib memiliki breastpump, breast pad, tempat menyimpan ASI atau breastmilk storage bag. Khusus untuk ibu bekerja, Anda harus memiliki cooler bag untuk menyimpan ASI.

Nipple cream juga perlu disiapkan di rumah. Nipple cream dioleskan pada area puting setelah menyusui dan setelah membilas area liur bayi dan menepuknya sampaik kering.

Bersihkan area puting terlebih dahulu sebelum kembali menyusui. Untuk menyusui lebih nyaman dan membuat ibu tidak merasa pegal, nursing pillow atau bantal menyusui juga bisa dijadikan opsi. Pilih bantal menyusui yang sesuai dengan tubuh Anda agar tubuh dan kepala bayi dapat diposisikan pada ketinggian yang sama dengan puting.

Perlengkapan berpergian

Bepergian dengan bayi membutuhkan banyak perlengkapan tambahan dan terkadang penuh tantangan. Baby carrier atau gendongan dapat mempermudah ibu untuk beraktivitas dan juga mendukung postur alami bayi.

Pengunaan car seat memang belum begitu populer di Indonesia dan ini yang harus diubah. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Pediatrics, menunjukkan bahwa anak-anak yang baru lahir hingga 3 tahun 43 persen lebih aman duduk di kursi belakang tengah dibandingkan duduk di kursi samping belakang. Pastikan pula car seat menghadap ke depan bukan ke belakang.

Untuk bayi baru lahir, pilihan stroller atau kereta dorong dengan sandaran yang dapat diturunkan hingga mendatar, karena bayi baru lahir belum dapat duduk atau mengangkat kepala.

Kemudian yang tak boleh dilupakan adalah diaper bag atau tas penyimpanan yang memiliki banyak ruang seperti saku yang cukup besar untuk membawa semua kebutuhan bayi.

Perlengkapan kebersihan

Sangat penting untuk menjaga kesehatan bayi dengan menjaga kebersihan sejak dini. Tisu basah multiguna tanpa alkohol dan bebas paraben yang aman untuk kulit bayi wajib dimiliki oleh calon ibu.

Selain itu, Anda harus membersihkan botol dan peralatan bayi lainnya menggunakan sterilizer. Proses sterilisasi membantu mencegah penyebaran bakteri atau kuman saat menyusui bayi, karena ia belum mengembangkan sistem kekebalan tubuhnya.

Gunakan juga baby tub atau bak mandi bayi saat memandikan agar dapat membersihkan bayi pada ketinggian yang nyaman bagi orang tua dan memungkinkan mereka melakukan kontrol lebih besar terhadap bayi yang belum bisa menopang kepala mereka sendiri dan belum bisa duduk, demikian Antara. (Anj)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kominfo pastikan tak ada gangguan frekuensi penerbangan
Senin, 11 Januari 2021 - 15:20 WIB
 Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan tidak ada gangguan frekuensi penerbangan di kawa...
Peningkatan kasus Covid-19 di Tangerang karena ruang isolasi dan hotel singgah penuh
Kamis, 07 Januari 2021 - 19:26 WIB
Terjadi peningkatan kasus positif covid 19 di Kabupaten Tangerang, Banten disebabkan penuhnya ruang...
Akan ada lebih dari 370.000 bayi di tahun baru
Jumat, 01 Januari 2021 - 10:30 WIB
Sebanyak 371.504 bayi diperkirakan akan lahir pada Hari Tahun Baru, menurut Dana Anak-Anak Perserika...
Bus listrik Higer diklaim punya daya jangkau hingga 300km
Selasa, 29 Desember 2020 - 15:45 WIB
PT Higer Maju Indonesia (HMI), sebagai Eksklusif Distributor dan Manufakturing dari Produk Bus Higer...
Pandemi tak surutkan niat staycation sambut tahun baru di hotel
Jumat, 25 Desember 2020 - 19:20 WIB
Tingkat okupansi hotel-hotel berbintang di Jakarta tetap meningkat di tengah liburan akhir tahun pad...
Mobil listrik BMW iX dirilis akhir 2021
Jumat, 25 Desember 2020 - 10:30 WIB
Pabrikan mobil Jerman BMW mengatakan sedang dalam tahap akhir pengembangan mobil listrik dengan tekn...
Menikmati liburan Natal dan Tahun Baru di tengah pandemi COVID-19
Jumat, 25 Desember 2020 - 09:30 WIB
Cara teraman untuk merayakan liburan Natal dan Tahun Baru kali ini berada di rumah bersama orang-ora...
Aki soak karena mobil jarang dipakai, berikut cara`jumper`yang aman
Minggu, 20 Desember 2020 - 10:45 WIB
Jumper adalah teknik mengalirkan listrik dari aki lain yang masih bagus, kepada aki mobil yang berma...
DFSK garansi 7 tahun mobil penumpang
Minggu, 13 Desember 2020 - 10:15 WIB
PT Sokonindo Automobile yang menaungi DongFeng Sokon Indonesia (DFSK) memberikan jaminan garansi tuj...
Menguji BMW 320i Sport di dua aspal berbeda
Selasa, 08 Desember 2020 - 06:01 WIB
BMW Group Indonesia memiliki cara yang berbeda untuk melaksanakan perayaan ke-45 tahun seri 3 yang m...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV