Apa saja kesalahan yang biasa dilakukan saat membersihkan makeup wajah?
Elshinta
Senin, 22 Juni 2020 - 11:05 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
 Apa saja kesalahan yang biasa dilakukan saat membersihkan makeup wajah?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2CuU5Qv

Elshinta.com - Ternyata banyak wanita yang masih salah saat membersihkan riasan wajah. Atau ketika tubuh merasa lelah, terkadang  asal-asalan membersihkan.

Kesalahan itulah yang membuat wajah tidak benar-benar bersih dari makeup sehingga kulit wajah bisa mengalami risiko seperti jerawat atau komedo. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini kesalahan saat membersihkan makeup yang sebaiknya dihindari:

Wajah dibersihkan pertama
Kesalahan satu ini pasti sering dilakukan.  Seharusnya menghapus makeup lipstik dan mata terlebih dahulu. Setelah itu, baru hapus makeup pada bagian wajah.

Selain itu jangan membersihkan wajah dengan rambur tergerai. Sebab ketika rambut menempel di pipi saat mencuci muka, riasan juga akan ikut menempel pada rambut.

Mencuci muka 
Jangan cuci muka sebelum membersihkan makeup. Mencuci muka sebelum membersihkan makeup hanya akan menyebabkan sisa-sisa makeup tertinggal di wajah yang bisa membuat pori-pori tersumbat di kulit dan dapat menyebabkan jerawat. Tetap menggunakan sabun wajah setelah hapus makeup untuk membantu hilangkan sisa makeup dan bersihkan wajah dengan sempurna.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3hOeX5g

Membasuh wajah dengan air dingin
Walaupun lebih segar, air dingin akan membuat pori-pori kulit tertutup dan makeup akan tertinggal di dalam pori-pori. Berbeda dengan air hangat, yang akan membuka pori-pori dan otomatis makeup di dalam pori-pori akan hilang. 

Menggosok terlalu kencang
Efek yang ditimbulkan saat menggosok kapas pembersih ke wajah terlalu keras atau terlalu kecang adalah kemerahan dan iritasi, yang dapat menyebabkan pengelupasan.

Ditambah peningkatan kekeringan dan seiring waktu dapat membentuk garis-garis halus. Tidak perlu  terlalu kuat saat menggosokkan kapas pembersih karena tidak membuat wajah jadi bersih. 

Pembersih wajah untuk area mata
Area mata adalah kulit tertipis di wajah, jadi juga sangat sensitif. Kesalahan membersihkan makeup yang sering terjadi juga mengeringkan kulit di sekitar mata. Jika terus melakukan ini, lama-kelamaan akan terlihat garis-garis halus yang bisa sedikit kasar di area mata.

Membersihkan area mata dengan busa berlebih juga tidak dianjurkan. Sebagai gantinya, gunakan tisu rias mata lembut dan pelembap khusus mata untuk membersihkannya. 

Tidak membersihkan wajah lagi
Saat membersihkan makeup di sekitar mata, maka akan terjadi residu. Wajah yang sudah dibersihkan akan kembali kotor akibat residu kotoran setelah membersihkan area mata.

Disarankan untuk membersihkan area mata terlebih dulu, setelah itu barulah membersihkan area wajah. Dengan begitu residu kotoran makeup area mata dapat terangkat saat membersihkan area wajah. 

Menggunakan sisi kapas berulang kali
Setelah membersihkan makeup pada sapuan pertama maka kondisi kapas pasti akan sangat kotor. Jika kembali digunakan pada kulit wajah, sama artinya makeup yang baru saja dihapus akan kembali menempel.

Lupa membersihkan alis
Kebanyakan wanita sangat fokus untuk membersihkan eye shadow, tapi lupa membersihkan alis. Malas membersihkan sisa produk alis rupanya juga dapat menyumbat pori dan menghambat pertumbuhan rambut alis.

Sebagian besar pensil alis berbahan dasar lilin, sehingga formulanya menyambar rambut alis. Untuk membersihkan riasan alis, diperlukan penghapus makeup mata berbasis minyak dan air. Jadi tidak cukup hanya dengan mencuci muka biasa. 

Membersihkan maskara dengan air
Selain sulit hilang, menghapus maskara dengan air hanya akan membuat bulu mata rontok dan akan meninggalkan sisa maskara pada bulu mata. Cara yang tepat yaitu, rendam bola kapas dalam minyak zaitun dan oleskan ke bulu mata dengan lembut. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2V1u5m8

Hanya menggunakan satu jenis makeup remover
Tidak semua produk makeup remover bisa digunakan untuk seluruh bagian kulit, terutama mata dan bibir. Kedua bagian ini memang paling sulit dibersihkan, apalagi kalau sering menggunakan kosmetik yang waterproof.

Untuk mengatasinya, gunakanlah pembersih makeup yang bahan dasarnya terbuat dari kandungan minyak untuk menghindari alergi atau iritasi, khususnya di bagian mata.

Mengabaikan area kulit lainnya 
Biasanya hanya fokus membersihkan wajah dan melupakan area lain yang juga tertutup makeup seperti rahang, leher, dan telinga. Kalau hal ini terus menerus dibiarkan, nantinya akan timbul banyak jerawat di area kulit tersebut. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Apa penyebab makeup tidak bisa tahan seharian?
Senin, 28 September 2020 - 11:14 WIB
Umumnya, makeup yang terlihat sempurna itu hanya terjadi di pagi hari atau saat baru menyelesaikan r...
Selain wajah, mengapa bagian tubuh ini juga wajib dioleskan sunscreen?
Senin, 21 September 2020 - 09:36 WIB
Memakai sunscreen atau tabir surya merupakan hal yang wajib dilakukan agar tetap terlindungi dari si...
Hal-hal yang harus dilakukan sebelum mencoba skincare baru
Senin, 14 September 2020 - 10:16 WIB
Bagi pemula, tentu juga merasa bingung saat akan mencoba skincare. Banyaknya produk dan tahapan-taha...
 Kesalahan pada rambut yang membuat wajah terlihat lebih tua
Senin, 07 September 2020 - 09:29 WIB
Banyak wanita yang terkadang menyepelekan rambut mereka. Padahal ternyata rambut memberi pengaruh ba...
 Bagaimana cara makeup untuk kulit berjerawat agar terlihat mulus?
Senin, 31 Agustus 2020 - 10:45 WIB
Meskipun saat ini sudah banyak sekali produk-produk kecantikan yang bisa digunakan, jika tidak menge...
 Hindari kesalahan ini saat menggunakan bedak
Senin, 24 Agustus 2020 - 10:57 WIB
Sepintas, mengaplikasikan bedak memang tampak mudah. Kendati demikian, ternyata ada beberapa kesalah...
 Penyebab eyeliner luntur yang perlu dihindari
Senin, 10 Agustus 2020 - 10:31 WIB
Permasalahan eyeliner luntur memang sering dialami para pengguna makeup. Umumnya, eyeliner yang lunt...
Tahapan skin care untuk mendapatkan kulit wajah bersinar
Senin, 03 Agustus 2020 - 09:43 WIB
Seiring bertambahnya usia, tak dapat dipungkiri kandungan kolagen, elastin dan asam hialuronat dalam...
Kebiasaan tak terduga yang membuat kulit cepat tua
Senin, 27 Juli 2020 - 10:34 WIB
 Ada banyak racun dan partikel yang mudah menguap di lingkungan yang membuat cepat tua. Meskipun ba...
Bahan skincare berikut ini yang membuat kulit wajah bersinar
Senin, 20 Juli 2020 - 08:33 WIB
Memerhatikan komposisi bahan yang ada dalam skincare merupakan kunci dari keberhasilan perawatan kul...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV