Hati-hati, kebiasaan pria yang seperti ini bisa membahayakan penis
Elshinta
Selasa, 23 Juni 2020 - 23:15 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Hati-hati, kebiasaan pria yang seperti ini bisa membahayakan penis
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2YYprqm

Elshinta.com - Meskipun pria merasa sudah merawat kesehatan penis dengan baik, nyatanya masih ada kebiasaan yang dilakukan sehari-hari yang bisa mengancam dan membahayakan penis.

Tidak hanya itu, kebiasaan tak mengonsumsi makanan sehat seperti buah misalnya juga turut berpengaruh dan mengganggu kesehatan penis.

Sejumlah kebiasaan ternyata tanpa disadari secara perlahan berakibat buruk bagi kesehatan organ intim dan menurunkan kualitas sperma. Apa sajakah kebiasaan itu? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut penjelasannya:

Merokok dan minum alkohol
Merokok dapat merusak lapisan pembuluh darah yang dapat mempengaruhi otot halus di penis dan menghambat darah yang mengalir. Faktanya, laki-laki yang merokok akan berisiko mengalami 51% kemungkinan impotensi dibanding dengan yang tidak merokok.

Demikian pula dengan alkohol yang berhubungan dengan kesuburannya. Alkohol berdampak langsung pada sel yang memproduksi hormon testosteron, sehingga bisa menyebabkan kadar hormon testosteron berkurang dalam darah. Padahal, hormon testosteron berperan penting dalam reproduksi, misalnya untuk mencapai ereksi penis dan meningkatkan gairah seksual.

Masturbasi menggunakan sabun 
Masturbasi atau onani merupakan salah satu cara yang biasa dilakukan pria guna menyalurkan hasrat seksualnya seorang diri. Sayangnya, masih banyak pria yang melakukan masturbasi menggunakan sabun mandi atau lotion pada penisnya.

Masturbasi menggunakan lotion atau sabun terbilang berbahaya. Sebab penis memiliki permukaan kulit sensitif, hal itu bisa menyebabkan iritasi dan lecet pada kulit batang penis.

Terlebih lagi jika lotion dan sabun masuk atau mengenai lubang pengeluaran urine, hal ini bisa menyebabkan rasa perih dan infeksi setelahnya. Para ahli seks menyarankan untuk menggunakan cairan lubrikasi atau pelumas seks untuk melancarkan aktivitas masturbasi.

Memakai pelumas khusus seks tidak akan membuat kulit penis iritasi karena bahan-bahannya dipastikan aman untuk digunakan pada alat kelamin. Selain itu, sudah banyak pula pilihan lubrikan seks berbahan dasar air, sehingga tidak lengket. Bahkan ada pula yang dilengkapi fitur aroma tertentu.

Masturbasi menggunakan ludah
Masih banyak juga pria yang menggunakan ludah atau air liur untuk bermasturbasi. Meskipun aman-aman saja menggunakan air liur, tapi tetap saja ada bahaya yang tersimpan di dalamnya.

Karena air ludah bisa mengandung herpes simpleks virus, dan jika ini yang terjadi, maka akan berbahaya jika sampai terkena kelamin. Kondisi ini biasanya terjadi jika pria terlebih dahulu memiliki herpes pada bibir atau di mulut, dan virus bisa menyebar ke alat kelamin yang terkena ludahnya.

Sering bersepeda
Bersepeda adalah kegiatan yang menyehatkan.  Namun, bersepeda juga bisa menyebabkan seorang priamengalami kesulitan untuk ereksi. Penelitian menemukan 1.700 laki-laki yang mengayuh sepeda lebih dari 3 jam seminggu berisiko lebih tinggi mengalami impotensi dibanding dengan yang jarang bersepeda.

Penelitian lebih lanjut dari Universitas California, San Diego mengungkapkan kemungkinan bahwa tempat duduk sepeda menjadi salah satu penyebab sulit ereksi.

Sadel sepeda yang keras dapat menekan perineum (daerah antara anus dan buah zakar), sehingga memberi tekanan pada arteri dan saraf yang diperlukan sebagai fungsi seksual. Solusinya, menggunakan pedal duduk sepeda yang empuk dan lakukan olahraga selingan lainnya selain bersepeda, seperti berenang atau lari.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3fPjsei

Sering begadang
Sebuah riset menemukan bahwa orang dengan durasi tidur yang paling sedikit mengalami penurunan jumlah sperma sampai 25 persen. Semakin sedikit jumlah sel sperma yang dikeluarkan, semakin sedikit pula yang berhasil bertahan hingga mencapai sel telur dalam organ reproduksi wanita.

Malas berolahraga
Sebuah penelitian mengungkapkan pria yang hidup aktif dan berolahraga teratur punya tingkat fungsi seksual lebih baik. Sedangkan, mereka yang tak aktif atau tak banyak bergerak dapat berakibat pada gangguan fungsi seksual bahkan gangguan ereksi.

Tak menjaga kebersihan gigi
Apa hubungan antara kebersihan gigi dengan kesehatan organ intim? Jika seseorang mengalami ED atau erectile dysfunction maka punya risiko lebih besar untuk mengalami penyakit gusi.

Penyakit gusi tujuh kali lebih umum pada pria dengan ED. Hal ini karena bakteri di mulut dapat masuk ke tubuh dan mempengaruhi peredaran darah pada penis.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Apa saja terapi impotensi yang tepat?
Senin, 10 Agustus 2020 - 23:15 WIB
Impotensi alias disfungsi ereksi merupakan masalah seksual pada pria, yang ditandai dengan ketidakma...
BNPB minta kepala daerah tingkatkan disiplin protokol kesehatan 
Senin, 10 Agustus 2020 - 20:11 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meminta kepada gubernur serta bupat...
BNPB minta kepala daerah tingkatkan disiplin protokol kesehatan 
Senin, 10 Agustus 2020 - 16:25 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meminta kepada gubernur serta bupat...
Teliti Covid-19, RSPAD dapat Rekor Muri 
Senin, 10 Agustus 2020 - 13:35 WIB
Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto yang berusia 70 tahun diganjar dua pengharga...
Bagaimana mengenali tanda saat pria sedang cemburu?
Jumat, 07 Agustus 2020 - 23:15 WIB
Berbeda dengan wanita yang sering secara gamblang menunjukkan perasaannya, pria justru jarang menunj...
Jelang H-4, jumlah relawan vaksin Covid-19 masih kurang
Jumat, 07 Agustus 2020 - 21:36 WIB
Jelang empat hari pengujian vaksin virus corona, angka jumlah relawan baru mencapai 800 orang lebih.
Dokter tegaskan jaga daya tahan tubuh dengan makanan bergizi, ini penjelasannya
Jumat, 07 Agustus 2020 - 12:48 WIB
Dokter spesialis penyakit dalam dari Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Purwokerto, d...
Pengaruh usia pada kesuburan pria dan dampaknya
Kamis, 06 Agustus 2020 - 23:15 WIB
Bagi perempuan, usia memang sangat memengaruhi kesuburan. Ternyata, hal ini tidak dialami perempuan ...
Angka kematian pasien Covid-19 Kota Malang lebih tinggi dari Nasional
Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:58 WIB
Angka kematian pasien Covid-19 di Kota Malang lebih tinggi dari angka kematian nasional.
Dua karyawan positif Covid-19, AEON Mall Tangerang tutup sementara
Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:25 WIB
Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten menutup operasional sementara AEON Mall, Pagedangan, Tangeran...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV