Tahukah pria, kebiasaan sehat yang wajib dilakukan setelah berhubungan intim?
Elshinta
Selasa, 30 Juni 2020 - 23:15 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
 Tahukah pria, kebiasaan sehat yang wajib dilakukan setelah berhubungan intim?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3dIU0FJ

Elshinta.com - Setelah berhubungan seks, banyak pasangan yang memilih langsung tidur. Ternyata kebiasaan ini bisa merugikan kesehatan. Beberapa saat setelah hubungan intim sebenarnya termasuk jeda waktu yang rentan menjadi media untuk berkembangnya bakteri.

Karena itu, buang rasa malas dan bangkitlah dari tempat tidur untuk segera membersihkan diri. Dihimpun dari berbagai sumber, agar diri dan pasangan sehat, sebaiknya biasakan hal-hal berikut ini setelah berhubungan intim berikut ini:

Berkumur 
Berkumur dengan mouthwash penting dilakukan, khususnya setelah melakukan aktivitas seks oral. Beberapa riset menemukan bahwa kebiasaan ini bisa membantu mengseks,oral,urangi penyebaran infeksi bakteri, seperti gonore dan klamidia.

Tidak disarankan untuk menggosok gigi sebelum melakukan seks oral. Pasalnya, luka-luka kecil pada mulut akibat menggosok gigi bisa menjadi pintu masuk bagi bakteri untuk menyerang tubuh. 

Minum air putih
Setelah berhubungan intim, tubuh akan kehilangan banyak cairan yang keluar lewat keringat. Selain itu, tenggorokan mungkin terasa kering. Air putih juga bisa membantu melancarkan peredaran darah. Hal ini baik untuk mencegah kram atau kesemutan setelah seks.

Mengonsumsi probiotik
Merasa lapar setelah berhubungan intim bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan probiotik, misalnya yogurt. Probiotik berguna untuk menyeimbangkan kadar bakteri baik di vagina dan penis. Maka, area intim pun akan tetap sehat dan terhindar dari infeksi bakteri jahat.

Mencuci tangan
Bahkan sebelum memulai hubungan intim, kedua tangan semestinya sudah dalam keadaan bersih. Setiap pasangan tentu tidak mau disentuh dan menyentuh bagian-bagian intim menggunakan tangan yang tidak terjaga kebersihannya.

Setelah berhubungan intim pun, cuci kembali tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun. Tangan yang terkontaminasi bakteri menjadi cara penularan penyakit yang termasuk cepat. Jangan sampai tangan menjadi sarana penyebaran bakteri. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3dRGn7r

Membersihkan area genital
Selain mencuci tangan, bersihkan juga area genital setelah berhubungan intim. Basuh penis secara saksama dengan air dan sabun. Khusus pria yang tidak disunat, kulup, bagian dalam kulit kulup, serta kepala penis juga harus dibersihkan dengan cermat.

Buang air kecil
Membiasakan diri buang air kecil setelah berhubungan intim merupakan salah satu cara efektif dalam mencegah terjadinya infeksi saluran kemih (ISK). Bagaimana kalau tidak ingin buang air kecil? Tentu tidak perlu dipaksa.

enunggu beberapa saat setelah berhubungan intim sampai ada dorongan untuk buang air kecil. Asalkan tetap buang air kecil sebelum tidur atau sebelum melakukan aktivitas harian lain. 

Lepas dan buang kondom dengan benar
Sehabis penetrasi atau sesudah berejakulasi, segera lepas dan buang kondom. Jangan ditunda-tunda karena kondom bisa saja bocor atau terlepas dari penis.

Bila tidak hati-hati,  berisiko menyebabkan kehamilan atau penularan penyakit kelamin. Untuk melepas kondom, tahan pangkalnya sebelum ereksi hilang dan perlahan-lahan dorong sampai terlepas.

Dorong ke depan supaya air mani tidak bocor keluar, jangan digulung ke depan. Setelah dilepas, bungkus dengan tisu dan buang ke tempat sampah.

Berpakaian longgar
Area lembap dan mudah berkeringat, seperti area genital, menjadi tempat ideal bagi berkembangnya bakteri serta jamur. Jadi, hindari celana dalam atau celana ketat. Pilihlah pakaian yang longgar dengan bahan katun yang dapat menyerap keringat agar sirkulasi udara di seputar area genital tetap terjaga. 

Bermesraan
Salah satu hal yang wajib dilakukan setelah berhubungan intim adalah bermesraan. Sebaiknya manfaatkan momen romantis setelah seks untuk bercumbu dan berpelukan dengan pasangan.

Menurut sebuah penelitian, bermesraan habis seks akan melepaskan hormon oksitosin yang membuat merasa lebih nyaman dengan pasangan. Hubungan pun jadi lebih mesra dan penuh kepercayaan.

Mengganti seprai
Seprai sebaiknya diganti jika sudah terkena cairan tubuh, yang dikeluarkan saat berhubungan seks. Cairan tubuh bisa menjadi sumber penularan bakteri dan virus, jadi segera ganti dan cuci seprai setelah berhubungan intim.

Jika seprai baru saja diganti atau terasa terlalu merepotkan untuk mengganti dan mencuci seprai, gunakan alas lain yang lebih mudah dicuci di atasnya ketika berhubungan intum. 


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Bagaimana mengenali tanda saat pria sedang cemburu?
Jumat, 07 Agustus 2020 - 23:15 WIB
Berbeda dengan wanita yang sering secara gamblang menunjukkan perasaannya, pria justru jarang menunj...
Jelang H-4, jumlah relawan vaksin Covid-19 masih kurang
Jumat, 07 Agustus 2020 - 21:36 WIB
Jelang empat hari pengujian vaksin virus corona, angka jumlah relawan baru mencapai 800 orang lebih.
Dokter tegaskan jaga daya tahan tubuh dengan makanan bergizi, ini penjelasannya
Jumat, 07 Agustus 2020 - 12:48 WIB
Dokter spesialis penyakit dalam dari Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Purwokerto, d...
Pengaruh usia pada kesuburan pria dan dampaknya
Kamis, 06 Agustus 2020 - 23:15 WIB
Bagi perempuan, usia memang sangat memengaruhi kesuburan. Ternyata, hal ini tidak dialami perempuan ...
Angka kematian pasien Covid-19 Kota Malang lebih tinggi dari Nasional
Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:58 WIB
Angka kematian pasien Covid-19 di Kota Malang lebih tinggi dari angka kematian nasional.
Dua karyawan positif Covid-19, AEON Mall Tangerang tutup sementara
Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:25 WIB
Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten menutup operasional sementara AEON Mall, Pagedangan, Tangeran...
Miliki alat PCR, RS Bhayangkara TK.III Banjarmasin siap tangani Covid-19 di Kalsel
Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:11 WIB
Agar pelayanan kepada masyarakat semakin optimal, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol. Mohamad Agung Budijo...
Guru Besar UGM: Penemuan obat COVID-19 tidak mudah
Kamis, 06 Agustus 2020 - 10:37 WIB
Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Zullies Ikawati menyampaikan bahwa ...
Apa sumber utama stres dalam sebuah pernikahan?
Rabu, 05 Agustus 2020 - 23:15 WIB
Berbagi hidup dengan orang lain memang tak selalu mudah sehingga dibutuhkan kesabaran dan sikap sali...
Kasus positif COVID-19 Jakarta bertambah 357
Rabu, 05 Agustus 2020 - 21:37 WIB
Kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta pada Rabu mencapai 23.266 kasus atau mengalami peningkatan 357...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV