Agar wajah pria selalu sehat, tak bisa hanya dengan cuci muka saja
Elshinta
Rabu, 01 Juli 2020 - 23:15 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
 Agar wajah pria selalu sehat, tak bisa hanya dengan cuci muka saja
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2NJlCQr

Elshinta.com - Cara merawat wajah pria dengan wanita tentu berbeda. Kulit pria cenderung lebih berminyak dan tebal dengan wanita. Kulit pria rata-rata memiliki pori-pori wajah yang lebih besar.

Banyak pria merasa bahwa perawatan wajah itu hanya untuk wanita, sehingga malas melakukan perawatan wajah. Padahal, untuk tampil maksimal dengan cara merawat wajah pria sebenarnya bukanlah hal yang sulit dan tak perlu serumit wanita.

Namun, hanya mencuci muka saja tak cukup untuk menjaga kulit pria tetap sehat dan bersih. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara merawat wajah pria:

Ketahui jenis kulit
Sebelum melakukan perawatan wajah lebih baik ketahui dulu jenis kulit agar tidak terjadi masalah pada kulit wajah. Kulit sensitif, muncul rasa menyengat dan merasa terbakar setelah menggunakan produk tertentu.

Kulit normal, tidak sensitif dan tidak menimbulkan masalah. Kulit kering, timbul kulit bersisik, kasar, dan gatal. Kulit berminyak, ditandai dengan pori-pori terbuka dan wajah tampak berkilau.

Pilih produk yang sesuai 
Jika kulit berminyak dan berjerawat, produk berbasis asam, seperti asam glikolat atau asam salisilat sangat cocok untuk dipilih. Sementara jika memiliki kulit kering, usahakan untuk menghindari produk yang mengandung alkohol karena bisa memperparah tingkat kekeringan pada kulit.

Bila kulit sensitif, sebaiknya hindari produk yang mengandung alkohol, pewangi, pewarna, dan pilih yang berlabel hypoallergenic (berisiko kecil menyebabkan reaksi alergi).

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2BVWjrE

Membersihkan dan melembabkan wajah
Setiap hari, kulit wajah sering terkena polusi, termasuk dari asap rokok. Selain itu, pria cenderung memiliki kulit lebih berminyak dan lebih tebal dari wanita.

Oleh karena itu, perlu menggunakan pembersih wajah yang baik dan efektif untuk semua jenis kulit. Hindari kebiasaan mencuci muka dengan sabun mandi karena dapat menyebabkan kulit wajah menjadi tambah kering. Aplikasikan pelembab setelah mencuci muka.

Pakai pelembap dan tabir surya
Tak hanya wanita, merawat wajah dengan rajin memakai tabir surya dan pelembap juga jadi cara yang dibutuhkan pria agar kulit tetap sehat. Apalagi bagi pemilik kulit kering.

Pelembap bisa menjaga kelembapan kulit dan dapat digunakan lebih dari 2 kali sesuai kebutuhan. Selain pelembap, juga perlu memakai tabir surya bila bekerja di luar ruangan. Tabir surya bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV yang bisa memicu penuaan lebih cepat.

Jaga area mata dan bibir
Kulit di sekitar mata, tidak memiliki keringat dan kelenjar minyak. Inillah yang membuatnya sangat rentan terhadap dehidrasi. Dehidrasi pada kulit dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus dan keriput. Untuk mencegah hal ini, oleskan krim mata sedikit saja untuk menghidrasi kulit di bawah mata setiap pagi dan sebelum tidur.

Kebiasaan ini juga bisa mengurangi efek sembab pada mata. Pria juga perlu memperhatikan area bibir. Area bibir mudah sekali menghitam dan pecah-pecah sehingga terlihat buruk. 

Eksfoliasi rutin
Sesekali luangkanlah waktu untuk melakukan eksfoliasi atau scrub pada wajah. Fungsinya untuk mengangkat sel kulit mati serta membuang kotoran yang menyumbat kulit. Selain itu, dengan cara merawat seperti ini dengan rutin u bisa menghaluskan folikel kulit yang akan memudahkan saat bercukur.

Jaga kebersihan jenggot
Pastikan kebersihan jenggot terjaga sehingga tidak menimbulkan gatal. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan jenggot adalah membersihkannya dengan sabun pembersih wajah atau sampo. Tapi jangan berlebihan agar minyak alami pada jenggot tidak hilang.

Gunakan  masker wajah
Melakukan perawatan wajah pria ternyata tidak cukup hanya dengan menggunakan sabun muka saja. Pria juga membutuhkan masker untuk perawatan seperti wanita.

Penggunaannya pun tidak perlu dipakai setiap hari, cukup satu atau dua kali dalam seminggu. Tujuannya agar perawatan yang dilakukan menghasilkan wajah yang bersih masksimal dari kotoran dan sel-sel kulit mati.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2YKVOK5

Tambahkan bahan alami 
Cara merawat wajah pria selanjutnya adalah dengan menambahkan bahan alami dalam perawatan rutin. Mulai dari jeruk yang kaya akan vitamin C hingga tomat yang mengandung vitamin E dan C yang baik untuk kulit, keduanya bisa diolah untuk dijadikan masker wajah agar kulit wajah jadi lebih sehat dan cerah.

Konsumsi makanan-makanan sehat
Penting juga untuk menjaga kesehatan kulit wajah dari dalam dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat. Kurangi konsumsi makanan yang digoreng dan mulai banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Jangan lupa juga untuk perbanyak konsumsi air karena air dapat membantu memperlancar metabolisme yang berpengaruh pada kesehatan kulit juga.

Konsultasi ke dokter
Jika kesulitan menentukan jenis kulit, memilih produk, sekaligus ingin mendapatkan saran perawatan kulit, jangan ragu untuk pergi ke dokter kulit. Dokter akan membantu untuk merawat kulit agar tetap sehat.
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Bagaimana mengenali tanda saat pria sedang cemburu?
Jumat, 07 Agustus 2020 - 23:15 WIB
Berbeda dengan wanita yang sering secara gamblang menunjukkan perasaannya, pria justru jarang menunj...
Jelang H-4, jumlah relawan vaksin Covid-19 masih kurang
Jumat, 07 Agustus 2020 - 21:36 WIB
Jelang empat hari pengujian vaksin virus corona, angka jumlah relawan baru mencapai 800 orang lebih.
Dokter tegaskan jaga daya tahan tubuh dengan makanan bergizi, ini penjelasannya
Jumat, 07 Agustus 2020 - 12:48 WIB
Dokter spesialis penyakit dalam dari Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Purwokerto, d...
Pengaruh usia pada kesuburan pria dan dampaknya
Kamis, 06 Agustus 2020 - 23:15 WIB
Bagi perempuan, usia memang sangat memengaruhi kesuburan. Ternyata, hal ini tidak dialami perempuan ...
Angka kematian pasien Covid-19 Kota Malang lebih tinggi dari Nasional
Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:58 WIB
Angka kematian pasien Covid-19 di Kota Malang lebih tinggi dari angka kematian nasional.
Dua karyawan positif Covid-19, AEON Mall Tangerang tutup sementara
Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:25 WIB
Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten menutup operasional sementara AEON Mall, Pagedangan, Tangeran...
Miliki alat PCR, RS Bhayangkara TK.III Banjarmasin siap tangani Covid-19 di Kalsel
Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:11 WIB
Agar pelayanan kepada masyarakat semakin optimal, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol. Mohamad Agung Budijo...
Guru Besar UGM: Penemuan obat COVID-19 tidak mudah
Kamis, 06 Agustus 2020 - 10:37 WIB
Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Zullies Ikawati menyampaikan bahwa ...
Apa sumber utama stres dalam sebuah pernikahan?
Rabu, 05 Agustus 2020 - 23:15 WIB
Berbagi hidup dengan orang lain memang tak selalu mudah sehingga dibutuhkan kesabaran dan sikap sali...
Kasus positif COVID-19 Jakarta bertambah 357
Rabu, 05 Agustus 2020 - 21:37 WIB
Kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta pada Rabu mencapai 23.266 kasus atau mengalami peningkatan 357...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV