Pemerintah serahkan ribuan sertifikat tanah kepada warga SBT dan Buru
Elshinta
Jumat, 03 Juli 2020 - 20:27 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
 Pemerintah serahkan ribuan sertifikat tanah kepada warga SBT dan Buru
Sumber foto: M Jaya Barens/elshinta.com.

Elshinta.com - Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyerahkan ribuan lembar sertifikat tanah kepada masyarakat di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dan Kabubaten Buru, Provinsi Maluku. Jumlah sertifikat tanah yang diserahkan sebanyak 2.020 untuk masyarakat di 11 desa di Kecamatan Wakate,  Kabupaten SBT dan 951 sertifikat kepada masyarakat di 5 desa di empat kecamatan Kabupaten Buru.

Penyerahan ribuan sertifikat ini dilakukan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Maluku yang serimonialnnya berlangsung secara virtual dan diikuti Menteri ATR/BPN RI Sofyan Djalil. Kegiatan ini juga diikuti Kepala BPN Provinsi Maluku, Toto Sutantono, Bupati Buru, Ramli Umasugi, Sekretaris Deerah Kabupaten SBT, Syarif Makmur dan masyarakat penerima sertifikat.

Gubernur Maluku, Murad Ismail yang diwakili Asisten III Setda Maluku, Ismail Usemahu dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas pemberian sertifikat tanah kepada masyarakat di Provinsi Maluku.

"Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Maluku, saya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian ATR/BPN, Bapak Menteri dan Kepala BPN MalukuI," ungkap Gubernur Maluku dalam sambutannya pada Acara Pemberian Sertifikat Tanah  di Provinsi Maluku Tahun 2020, Jumat (3/7).

Gubernur mengatakan, pendaftaran tanah secarah sistematis lengkap (PTSL)  merupakan Program Strategis Nasional, yang tujuannya agar terdaftarnya seluruh bidang tanah di seluruh wilayah Republik Indonesia, termasuk di Provinsi Maluku dan juga untuk menjamin hak masyarakat pemilik tanah.

"Saya menaruh harapan  agar semua bidang tanah di setiap desa, kecamatan, dan Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku dapat terdaftar," kata gubernur.

Selain itu, gubernur berharap setiap penerbitan sertifikat hak atas tanah harus memenuhi syarat dan dokumen yang lengkap, sehingga tidak menimbulkan masalah, atau sengketa bagi perorangan, lembaga keagamaan, dan pemerintah, baik Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota di Maluku.

Dikatakannya, saat ini pembagian sertifikat hanya pada Kabupaten Buru dan SBT, dirinya berharap sebelum tahun 2025 seluruh desa di Kabupaten/Kota di Maluku sudah terdaftar.

Gubernur juga menyampaikan dukungannya terhadap program PTSL yang dilaksanakan oleh Kementerian ATR/BPN guna tercapainya Maluku Lengkap tahun 2025.

"Pemerintah Provinsi Maluku beserta seluruh jajaran sampai ke tingkat bawah siap mendukung program PTSL yang merupakan program Nasional oleh kementerian ATR/BPN," tandas Gubernur.

Sementara itu,  Menteri ATR/Kepala BPN RI, Sofyan Djalil dalam arahannya mengatakan, keberadaan sertifikat tanah ini memiliki banyak manfaat bagi masyarakat. 

"Bapak Presiden Joko Widodo menargetkan seluruh tanah akan kita daftarkan. Target kita seluruh Indonesia  selesai paling lambat tahun 2025," ungkap Menteri Sofyan.

Sofyan juga mengakui, adanya pendemi Covid ini, telah mengakibatkan terjadinya realokasi atau penyesuaian anggaran akibat APBN yang terpaksa dialokasikan untuk yang lebih penting.  Tentunya untuk mengatasi atau memberikan dukungan kepada korban, masyarakat yang terdampak akibat Covid-19.

"Walaupun terjadi pengurangan tetapi pencapaian kantor-kantor BPN, alhamdulillah saya mendapat laporan dari seluruh Indonesia banyak yang telah menyelesaiakan target yang ditetapkan untuk tahun ini," tandas Menteri Sofyan.
Pencapaian tersebut, kata Sofyan Djalil merupakan berita yang baik.

"Artinya teman-teman BPN sudah bekerja lebih cepat, lebih efisien, lebih produktif sehingga target-target dapat dicapai dengan lebih cepat," puji menteri seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, M Jaya Barens.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Curah hujan tinggi, BPBD Ternate siaga personel antisipasi bencana
Selasa, 04 Agustus 2020 - 17:11 WIB
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara menyiagakan tim denga...
Polresta Pontianak kejar penumpang pesawat positif COVID-19 yang kabur
Selasa, 04 Agustus 2020 - 16:47 WIB
Kapolresta Pontianak, Kombes (Pol) Komarudin menyatakan saat ini sedang mengejar seorang penumpang m...
DPR harap Indonesia-Turki segera temukan vaksin COVID-19
Selasa, 04 Agustus 2020 - 16:26 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani berharap kerja sama Indonesia dan Turki dalam pengadaan obat dan vaksin C...
Kemendes PDTT: BLT Dana Desa telah tersalur di 99 persen desa
Selasa, 04 Agustus 2020 - 15:58 WIB
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengatakan bahwa Ba...
IPW nilai mutasi besar Polri untuk penyegaran jabatan strategis
Selasa, 04 Agustus 2020 - 15:45 WIB
Indonesia Police Watch (IPW) menilai mutasi besar-besaran yang dilakukan Polri terhadap 346 perwira ...
BMKG ajak petani siasati perubahan iklim melalui rekayasa komoditas
Selasa, 04 Agustus 2020 - 15:36 WIB
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengajak petani untuk menyiasati perubahan iklim ...
BMKG ingatkan waspada kekeringan di sejumlah wilayah di Jateng selatan
Selasa, 04 Agustus 2020 - 15:13 WIB
Sejumlah wilayah di Jawa Tengah bagian selatan berstatus waspada kekeringan, kata analis cuaca BMKG ...
KA dari Semarang tujuan Bandung kembali dioperasikan
Selasa, 04 Agustus 2020 - 15:03 WIB
PT KAI mulai membuka kembali layanan perjalanan kereta api jarak jauh jurusan Semarang-Bandung yang ...
Bupati Klungkung apresiasi pembangunan dua pelabuhan di Nusa Penida
Selasa, 04 Agustus 2020 - 14:55 WIB
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta ucapkan terima kasih atas terealisasi pembangunan dua pelabuhan p...
Polsek Marabahan Kota lakukan sosialisasi peraturan Bupati Batola
Selasa, 04 Agustus 2020 - 14:37 WIB
Polsek Marabahan Kota, Polres Batola, Polda Kalimantan Selatan, gencar melakukan sosialisasi dan pem...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV