Apa saja kondisi rahim bermasalah yang perlu diwaspadai?
Elshinta
Rabu, 08 Juli 2020 - 11:43 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Apa saja kondisi rahim bermasalah yang perlu diwaspadai?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3e9kBfo

Elshinta.com - Seperti organ tubuh lainnya, rahim juga dapat mengalami gangguan dan terkena penyakit. Apabila seorang wanita merasakan ciri-ciri rahim bermasalah, sebaiknya jangan menunda memeriksakan diri ke dokter.

Tujuannya agar bisa diketahui apa diagnosis pasti sekaligus penanganannya. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah kondisi rahim bermasalah yang perlu diwaspadai:

Fibroid rahim
Fibroid rahim atau disebut juga dengan mioma. Fibroid rahim adalah tumbuhnya tumor jinak di rahim. Pada penderitanya, jumlah dan ukuran tumor bisa berbeda-beda. Gejala yang dialami adalah sakit punggung bawah, nyeri haid tak tertahankan, sakit saat bercinta, dan rasa tidak nyaman ketika buang air.

Fibroid rahim dapat diatasi dengan obat-obatan penekan hormon estrogen dan progesteron. Jika tidak efektif, mungkin saja dilakukan prosedur operasi bergantung pada kondisi penderita.

Adenomiosis
Masalah rahim lainnya adalah adenomiosis, yang gejalanya mirip dengan fibroid rahim. Kondisi ini terjadi ketika lapisan dinding rahim tumbuh di dalam otot dinding rahim.

Itulah mengapa penderita adenomiosis bisa merasakan nyeri berlebih saat haid. Saat diperiksa dengan USG, adenomiosis sering disalahartikan sebagai fibroid rahim karena kondisinya. Sehingga diperlukan pemeriksaan lebih jauh.

PCOS
Prevalensi perempuan yang mengalami polycystic ovary syndrome atau PCOS mencapai 15-20%, pemicunya adalah munculnya folikel-folikel telur berisi cairan namun tidak menghasilkan telur yang optimal. Biasanya, PCOS bisa diatasi dengan menjalani gaya hidup lebih sehat dan bisa menghilang dengan sendirinya.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3fcHz6O

Kista
Ciri-ciri rahim bermasalah juga bisa mengindikasikan kista. Ini adalah kantung berisi cairan yang tumbuh di permukaan atau bagian dalam rahim. Pada banyak kasus, kista tidaklah berbahaya namun tetap memiliki risiko komplikasi.

Prolaps uterus
Istilah umum dari prolaps uteri/uterine prolapse adalah turun rahim. Ini terjadi ketika otot dan ligamen yang menopang rahim menjadi lemah, sehingga rahim menjadi turun dan lebih dekat ke kandung kemih. Biasanya ditandai dengan tidak bisa menahan pipis, sakit yang parah terutama ketika sedang berhubungan seksual.

Rahim retro
Rahim retrofleksi adalah kelainan posisi rahim yang terbalik dari posisi seharusnya. Kondisi ini juga disebut dengan rahim terbalik, dimana rahim yang seharusnya condong ke depan perut, namun di ketika terbalik rahim malah condong ke belakang seperti rebah menghadap ke punggung.

Hal ini bisa terjadi pada 1 dari tiap 5 perempuan. Bukan masalah medis, ini merupakan variasi anatomi yang normal terjadi. Rahim retro tidak memiliki gejala, dan jarang mengakibatkan komplikasi saat kehamilan.

Kanker rahim
Kondisi lain yang menyebabkan rahim bermasalah adalah kanker rahim. Biasanya, penderitanya kerap mengalami perdarahan dan perlu penanganan agar tidak menyebar semakin luas.

Dysmenorrhea
Bila mengalami sakit yang sangat parah saat haid hingga tidak bisa melakukan apapun, bisa jadi itu adalah dysmenorrhea. Kondisi ini bisa dirawat dengan obat anti nyeri atau terapi hormon. Dysmenorrhea tidak selalu bermakna ada masalah di rahim, tapi bila mengalami gejal tersebut lebih baik memeriksakan diri ke dokter.

Menorrhagia
Kondisi ini ditandai dengan perdarahan saat menstruasi yang sangat banyak. Bisa terjadi tanpa sebab yang diketahui, tapi juga bisa diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormon, fibroid rahim, polyp rahim, metode KB yang digunakan, kanker, atau sebab lainnya.

Menorrhagia harus diwaspadai karena bisa menyebabkan seorang wanita terkena anemia. Sehingga bila seseorang wanita kondisi ini, ia harus mendapat perawatan untuk mengurangi gejala anemia dan perdarahan berat ini.

Malformasi uterus
Pada beberapa perempuan, rahimnya memiliki bentuk yang tidak normal dan bisa memengaruhi kehamilan bahkan berisiko keguguran. Kondisi ini bisa diketahui melalui pemeriksaan CT Scan.

Pelvic Inflammatory Disease (Radang pelvis)
Kondisi ini diakibatkan oleh bakteri atau organisme yang masuk ke leher rahim, infeksinya bisa menyebar ke bagian lain seperti pelvis, rahim, serviks dan tuba falopi. Gejalanya meliputi rasa tidak nyaman, cairan vagina berbau tidak sedap, buang air kecil sakit atau tidak bisa menahan keluarnya pipis.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3gCIy08

Polyp uterus
Polyp adalah jaringan yang tumbuh di dalam rahim, polyp ini bisa menyebabkan rasa sakit, darah menstruasi keluar sangat banyak, keluar darah setelah berhubungan intim, hingga perdarahan di antara dua siklus menstruasi.

Endometriosis
Merupakan kondisi tumbuhnya jaringan rahim di luar rongga rahim, seperti di indung telur atau perut. Hal ini akan memicu terjadinya jaringan parut yang memengaruhi organ di sekitar rahim.

Gejalanya meliputi darah haid yang keluar sangat banyak, haid tidak teratur, sakit saat berhubungan intim, anyang-anyangan, dan masalah pencernaan.

Perdarahan rahim abnormal
Adalah kondisi yang menyebabkan vagina mengeluarkan darah meskipun sedang tidak memasuki masa menstruasi. Kondisi ini sering terjadi saat seorang wanita memasuki masa-masa pubertas dan saat menjelang menopause.

Sebenarnya perdarahan rahim abnormal juga bisa terjadi ketika tubuh mengalami ketidakseimbangan hormon. Ciri yang paling umum adalah munculnya perdarahan saat tidak memasuki masa menstruasi, tetapi bisa saja perdarahan ini terjadi saat sedang menstruasi. 


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Macam-macam bentuk rahim dan kaitannya dengan kehamilan
Rabu, 12 Agustus 2020 - 09:26 WIB
Beberapa wanita memiliki bentuk rahim yang berbeda atau abnormal. Pada beberapa kasus wanita yang me...
Apa akibat tidak menjaga kebersihan Miss V saat menstruasi?
Rabu, 05 Agustus 2020 - 10:10 WIB
Masa menstruasi bisa menjadi waktu yang rentan bagi wanita terkena infeksi. Pasalnya, saat menstruas...
 Faktor apa saja yang dapat memengaruhi berubahnya bentuk Miss V?
Rabu, 29 Juli 2020 - 10:02 WIB
Waktu turut membawa berbagai perubahan pada tubuh wanita, tak terkecuali organ intim. Bentuk Miss V...
Apakah ciri-ciri wanita tidak subur bisa dilihat secara fisik?
Rabu, 22 Juli 2020 - 09:49 WIB
Untuk mengetahui subur atau tidaknya seorang wanita, maka harus dilakukan serangkaian tes oleh dokte...
Bagaimana aturan yang benar membersihkan bagian luar Miss V?
Rabu, 15 Juli 2020 - 08:48 WIB
Cara bersihkan miss V sangat diperlukan bagi para perempuan terutama yang telah memasuki usia produk...
Apa saja kondisi rahim bermasalah yang perlu diwaspadai?
Rabu, 08 Juli 2020 - 11:43 WIB
Seperti organ tubuh lainnya, rahim juga dapat mengalami gangguan dan terkena penyakit. Apabila seora...
Bagaimana ciri-ciri rahim tidak sehat? Apakah akan mengganggu kesuburan?
Rabu, 01 Juli 2020 - 10:39 WIB
Rahim menjadi salah satu bagian dari sistem reproduksi wanita yang dapat mengalami gangguan, untuk i...
Tahukah wanita, bagian Miss V mana saja yang boleh dan tidak boleh dibersihkan?
Rabu, 24 Juni 2020 - 10:20 WIB
Daerah kewanitaan harus rutin dibersihkan untuk menjaganya agar tetap sehat. Namun tidak banyak wani...
Mengapa haid tidak teratur? Bagaimana cara mengatasinya?
Rabu, 17 Juni 2020 - 10:19 WIB
 Haid atau menstruasi adalah siklus perdarahan periodik yang dialami para kaum hawa setiap bulannya...
Mengapa Miss V bisa basah? Apa penyebabnya?
Rabu, 10 Juni 2020 - 10:57 WIB
Kendati dialami oleh setiap wanita, kondisi Miss V yang basah tentu membuat tidak nyaman. Sistem rep...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)