Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lumajang pacu rumah baca desa
Elshinta
Minggu, 12 Juli 2020 - 11:52 WIB | Penulis : Andi Juandi | Editor : Administrator
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lumajang pacu rumah baca desa
Foto: Efendi Murdiono/Radio Elshinta

Elshinta.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang terus membina dan mengembangkan perpustakaan desa, kali ini upayanya membuahkan hasil dengan diraihnya Juara 2 Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Jawa Timur. Di harapkan prestasi yang di capai dapat memacu desa lain di kabupaten ini untuk memanfaatkan keberadaan perpustakaan desannya.

Pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten Lumajang Tutik Endriyani mengatakan Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang Edy Irianto menyampaikan bahwa prestasi yang diperoleh tidak diraih serta merta, perlu proses dan kerjasama berbagai pihak, baik dengan pemerintah desa maupun dengan pengelola perpustakaan desa. 

Nominasi yang dicapai menutnya pada awal pendiriannya di tahun 2010, Rumah Baca Desa “Sumber Ilmu” Desa Labruk Kidul kecamatan Sumbersuko mendapatkan stimulan 1 rak buku, 50 eksemplar buku dan papan nama dari Kantor Perpustakaan dan Arsip Lumajang. 

"RBD `Sumber Ilmu`awalnya dikelola oleh Pokja 2 PKK Desa dan menjadi satu lokasi dengan PAUD. Melihat antusias dan semangat Ibu-ibu pengelola untuk memberikan layanan namun koleksi buku tidak memadai, kami berusaha mengajukan bantuan buku kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Alhamdulilah pada tahun 2015 RBD `Sumber Ilmu` diberi 500 judul buku/ 1000 eksemplar dan 2 rak," kata Tutik, Minggu (12/7).

Tutik menjelaskan dengan koleksi buku yang sudah lumayan banyak namun tidak di ikuti penambahan jumlah warga datang untuk membaca ataupun meminjam, di sebabkan letak RBD yang kurang representatif berdampak RBD sepi pengunjung, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Effendi Murdiono.

Seiring dengan adanya Program "PerpuSeru" yang memberikan bantuan 3 unit komputer juga pelatihan Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pemerintah daerah kata Tutik berhadapan keberadaan perpustakaan di setiap desa mempercepat membantu peningkatan kualitas SDM dalam mencari peningkatan kesejahteraannya dengan berbagai inovasi.

Perpustakaan Kabupaten Lumajang bermitra sejak 2011 berhasil mereplikasi pada 28 Perpustakaan Desa hingga tahun 2017 dan 22 Perpustakaan Desa pada tahun 2018 (termasuk RBD “Sumber Ilmu” Desa Labruk Kidul) yang statusnya sudah meningkat menjadi Perpustakaan Desa “Sumber ilmu”. 

Salah satu ketentuan untuk mendapatkan bantuan 3 unit komputer dari Program PerpuSeru adalah adanya pengelola, ruang yang nyaman dan luas serta adanya berbagai kegiatan pelibatan masyarakat, untuk menjawab semua itu RBD Sumber Ilmu pindah ke Balai pertemuan warga hingga kini berada dilokasi yang nyaman dan ditengah-tengah warga.  

Saat ini kata Tutik di kabupaten Lumajang sudah ada 66 Perpustakaan Desa yang memberikan layanan berbasis inklusi sosial, dimana strategi peningkatan layanan informasi melalui koleksi bahan pustaka, komputer dan internet termasuk di perpusdes ini sudah dilakukan. Ke 66 Perpusdes ini memberikan layanan sirkulasi buku, serta komputer dan internet. 

Ada empat Perpustakaan Desa yang pada tahun 2019 mendapatkan hibah masing-masing empat unit komputer dan 1.000 eksemplar buku serta dua unit rak dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, tahun 2020 ini 2 Perpustakaan desa juga memperoleh bantuan. 

"Semoga dengan melakukan transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, perpustakaan di Lumajang akan makin menarik minat masyarakat untuk memanfaatkan akses informasi yang ada serta berkegiatan di perpustakaan dapat mendorong 139 Rumah Baca Desa lainnya untuk tetap semangat mengembangkan RBD nya," tutur Tutik.

Perpustakaan Umum Kabupaten Lumajang untuk memacu minat baca tidak harus datang ke tempatnya ucap Tutik karena telah ada melayankan e-book, kemudahan literasi kiranya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Presiden sampaikan rencana pemerintah terkait reformasi pendidikan
Jumat, 14 Agustus 2020 - 16:37 WIB
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan rencana pemerintah melakukan reformasi pendidikan, dalam pidato...
Pakar: Pembukaan sekolah riskan jika hanya berdasar zonasi COVID-19
Jumat, 14 Agustus 2020 - 09:23 WIB
Wacana dibukanya kembali sekolah untuk pembelajaran tatap muka dinilai riskan jika hanya berdasarkan...
 Kwarcab Pramuka Langkat peringati Hari Pramuka ke-59 secara daring
Kamis, 13 Agustus 2020 - 21:45 WIB
Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Langkat, Sumut, memperingati Hari Pramuka ke 59 tahun 2020, melalui...
Dari 36 Ponpes di Salatiga, baru 20 yang mengikuti rapid test
Kamis, 13 Agustus 2020 - 13:48 WIB
Dari sebanyak 36 Pondok Pesantren (Ponpes) di Salatiga, Jawa Tengah, baru 20 Ponpes yang mengikuti r...
Yuliyanto: Kuota internet untuk pembelajaran jarak jauh diambilkan dari biaya tak terduga
Kamis, 13 Agustus 2020 - 12:44 WIB
Kuota internet bagi siswa siswi untuk pembelajaran jarak jauh atau daring di tengah pandemi COVID-19...
Daerah diminta tutup kembali sekolah jika penularan corona meningkat
Kamis, 13 Agustus 2020 - 11:43 WIB
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meminta pemerintah daerah menutup kembali sekolah jika risiko ...
 Kota Magelang tunda KBM tatap muka lagi karena kasus Covid-19 naik
Rabu, 12 Agustus 2020 - 21:57 WIB
Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah menunda percobaan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka d...
Pariaman mulai besok kembali laksanakan belajar tatap muka
Rabu, 12 Agustus 2020 - 20:37 WIB
Kota Pariaman, Sumatera Barat mulai Kamis (13/8) kembali melaksanakan belajar dengan tatap muka sete...
 Wamenag minta madrasah dan pesantren adaptasi Covid-19
Rabu, 12 Agustus 2020 - 20:11 WIB
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi menyatakan semua lembaga pendidikan harus beradaptasi dan...
Pelaksanaan sekolah tatap muka di Wilayah IV Jabar tetap 18 Agustus 
Rabu, 12 Agustus 2020 - 18:25 WIB
Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Jabar mencakup Bandung Barat dan Cianjur, tidak mengubah r...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)