Hamilton juarai GP Styria setelah drama tabrakan dua Ferrari
Elshinta
Senin, 13 Juli 2020 - 08:59 WIB |
Hamilton juarai GP Styria setelah drama tabrakan dua Ferrari
Steiermark Grand Prix - Red Bull Ring, Spielberg, Styria, Austria - July 12, 2020 Mercedes` Lewis Hamilton wins the race, following the resumption of F1 after the outbreak of the coronavirus disease (COVID-19). Foto: Antara.

Elshinta.com - Pebalap Mercedes Lewis Hamilton menjuarai Grand Prix Styria di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Minggu (12/7), di saat dua Ferrari gagal finis setelah saling bertabrakan di lap pembuka.

Hamilton mengawali balapan seri kedua di kalender itu dengan modal kepercayaan diri yang tinggi setelah merebut pole position sensasional di kualifikasi yang diguyur hujan lebat.

Di bawah cuaca yang lebih bersahabat ketika lomba, Hamilton tanpa kesulitan berarti menunjukkan kekuatan Mercedes W11, yang sempat dihantui masalah sensor girboks di sepanjang seri pembuka akhir pekan lalu di mana ia finis P4 karena mendapat penalti.

Pebalap Red Bull Max Verstappen, juara di Austria 2018 dan 2019, menjadi sasaran empuk Valtteri Bottas setelah mengeluhkan mobil Red Bull RB16 susah dikendalikan dan kondisi ban yang cukup aus enam lap jelang finis.

Bottas, juara balapan pekan lalu, tanpa kesulitan menyalip Verstappen di lap ke-67 untuk mengamankan finis runner-up, 13,719 detik setelah Hamilton.

Verstappen terpaksa masuk pit untuk berganti ban tiga lap jelang finis dan masih mampu mengamankan finis podium di tempat ketiga diikuti oleh rekan satu timnya, Alexander Albon di P4, demikian laman resmi F1.

"Luar biasa bisa kembali di sini, tim melakuan tugas yang luar biasa dalam hal strategi. Aku sangat bersyukur bisa kembali di tempat pertama, terasa sangat lama setelah balapan terakhir tahun lalu," kata Hamilton.

"Aku harus kembali setelah akhir pekan yang sulit akhir pekan lalu," kata Hamilton yang juga mengaku senang dengan dua balapan beruntun itu.

Belum sempat membuktikan performa upgrade yang mereka bawa, Ferrari harus gigit jari karena Sebastian Vettel dan Charles Leclerc terlibat tabrakan di Tikungan 3 setelah start. Vettel segera menyudahi balapan karena kerusakan sayap belakang dan Leclerc kembali ke garasi empat putaran kemudian karena kerusakan lantai mobilnya cukup parah.

Rekaman ulang menunjukkan kedua Ferrari diapit sejumlah mobil rival. Leclerc yang berada di sisi dalam trek tak memiliki ruang untuk melaju dan terpaksa menubruk mobil Vettel.

"Aku sangat terkejut. Aku masuk dari dalam dan tidak menyangka Charles mencoba sesuatu. Aku membawanya santai tapi ramai di sekitar kami," kata Vettel.

"Mobil terasa lebih baik jadi sayang kami tidak memiliki kesempatan untuk mengujinya lajunya di balapan dan upgrade kami.

Leclerc, runner-up seri pembuka di sirkuit yang sama, mengaku kecewa dan meminta maaf kepada Vettel dan tim setelah insiden tersebut.

Sementara itu, papan tengah diramaikan oleh Racing Point, McLaren dan Renault yang bertarung ketat di lap terakhir.

Daniel Ricciardo yang berusaha mempertahankan diri di P6 terbuka celahnya hingga pebalap Racing Point Lance Stroll dan pebalap McLaren Lando Norris mampu menyalipnya di lap terakhir.

Norris, yang finis P3 pekan lalu, memanfaatkan trek yang tersisa jelang finis untuk menyalip dua Racing Point sekaligus, diawali dengan Stroll dan kemudian Sergio Perez, yang kehilangan kecepatan setelah mengalami kerusakan sayap depan menyusul senggolan dengan pebalap Red Bull Alexander Albon.

Hasil impresif untuk Norris di P5 setelah ia sempat mengeluhkan rasa sakit di bagian dada ketika sesi latihan bebas, Jumat, dan mendapat penalti mundur tiga posisi start.

Perez dan Stroll mengamankan poin bagi Racing Point di P6 dan P7 diikuti Ricciardo yang menjadi satu-satunya pebalap Renault yang finis karena Esteban Ocon mengalami masalah pendingin.

Carlos Sainz, yang start dari P3 harus puas finis P9 di depan pebalap AlphaTauri Daniil Kvyat yang mengamankan poin terakhir yang tersedia di P10.

Setelah dua lomba, Bottas masih memimpin klasemen dengan 43 poin, diikuti oleh Hamilton yang terpaut enam poin. Norris di peringkat ketiga dengan 26 poin, unggul delapan poin dari Leclerc.

Balapan seri ketiga akan berlangsung di Hungaria pekan depan, demikian Antara. (Anj)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Red Bull beberkan kerugian akibat kecelakaan Verstappen di Silverstone
Sabtu, 24 Juli 2021 - 07:36 WIB
Tabrakan antara mobil Max Verstappen dan Lewis Hamilton di Grand Prix Inggris telah mengakibatkan Re...
Monza akan gelar sprint race kedua di F1 musim ini
Jumat, 23 Juli 2021 - 08:00 WIB
Grand Prix Italia di Monza pada September nanti akan menyajikan sprint race kedua di Formula 1 musim...
Bos Mercedes bela Hamilton dalam tabrakan kontroversial di Silverstone
Senin, 19 Juli 2021 - 08:15 WIB
Bos tim Mercedes Toto Wolff membela juara Grand Prix Inggris Lewis Hamilton menyusul tabrakan lap pe...
Bos Red Bull sebut Hamilton membahayakan nyawa Verstappen
Senin, 19 Juli 2021 - 08:00 WIB
Bos tim Red Bull Christian Horner menyebut Lewis Hamilton, yang memenangi Grand Prix Inggris, Minggu...
Grand Prix Australia akan dibatalkan lagi
Selasa, 06 Juli 2021 - 13:59 WIB
Grand Prix Formula 1 Australia akan dibatalkan untuk tahun kedua berturut-turut, berbagai media sete...
Norris salahkan Perez atas penalti dan hilangnya peluang P2 di Austria
Senin, 05 Juli 2021 - 10:58 WIB
Pebalap tim McLaren Lando Norris senang menjadi pebalap pilihan para fan setelah finis P3 di Grand P...
Verstappen dominan juarai GP Stryria untuk perlebar jarak di klasemen
Minggu, 27 Juni 2021 - 23:00 WIB
Max Verstappen tampil dominan menjuarai Grand Prix Styria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austr...
Alcoba raih pole untuk Indonesian Racing di Assen
Sabtu, 26 Juni 2021 - 23:35 WIB
Pebalap Spanyol Jeremy Alcoba meraih pole position perdana dalam karier untuk tim Indonesian Racing ...
Hamilton kalahkan Verstappen di sesi latihan final GP Styria
Sabtu, 26 Juni 2021 - 23:05 WIB
Juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton tampil tercepat pada sesi latihan bebas terakhir Grand Prix St...
St Petersburg tuan rumah Grand Prix Rusia mulai 2023
Sabtu, 26 Juni 2021 - 22:20 WIB
Grand Prix Rusia akan dipindah dari Sochi Olympic Park ke sirkuit baru di pinggiran kota St Petersbu...
Live Streaming Radio Network