Jenis bedak sesuai dengan fungsinya yang harus dipahami wanita
Elshinta
Senin, 13 Juli 2020 - 09:55 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
 Jenis bedak sesuai dengan fungsinya yang harus dipahami wanita
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2Opabxz

Elshinta.com - Salah satu yang harus diperhatikan untuk mendapat riasan yang mulus adalah pemilihan bedak. Bedak merupakan salah satu produk yang diandalkan saat berdandan. Mulai dari menyempurnakan riasan bahkan sampai menutupi kekurangan pada kulit wajah, bedak tidak akan pernah dilewatkan saat merias wajah.

Dari sekian banyaknya jenis bedak wajah, tidak semua cocok untuk kulit dan kebutuhan. Wanita tidak bisa menggunakan bedak secara asal menggunakannya karena beda jenis bedak beda pula fungsinya. Agar wanita bisa menyesuaikan bedak dengan kebutuhan kulitnya, berikut ini macam-macam bedak dan fungsinya yang dihimpun dari berbagai sumber:

Bedak tabur (loose powder)
Bedak tabur merupakan bentuk bedak paling awal yang memiliki tekstur ringan dan lembut. Bedak ini jadi favorit para makeup artist professional karena hasil akhir yang dihasilkan membuat kulit terlihat sangat halus. Bedak tabur termasuk tahan lama.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pilih warna bedak tabur satu tingkat di atas tone kulit wajah. Jenis bedak ini juga bisa diaplikasikan dengan menggunakan brush atau spons bedak. Tapi karena mengandung minyak, sehingga untuk pemilik kulit berminyak kurang disarankan menggunakan bedak jenis ini.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2Zkt1fO

Bedak padat (Compact powder)
Jenis bedak ini sangat cocok untuk yang memiliki kulit kering karena memiliki kandungan minyak dan pelembap. Bedak ini lebih praktis karena tidak mudah tumpah dan saat perlu melakukan touch up, compact powder adalah pilihan yang tepat.

Kelebihan bedak jenis ini biasanya dilengkapi dengan berbagai kandungan dan nutrisi bermanfaat seperti vitamin E, pelembap, dan lain-lain. Namun karena kandungannya mudah menempel pada kulit hingga menutup pori-pori, pastikan untuk mencuci muka setelah menggunakannya agar tidak mudah berjerawat.

Bedak cair (liquid powder)
Jenis bedak ini akan terlihat seperti foundation. Bedak cair lebih dibutuhkan untuk menutupi kekurangan-kekurangan pada wajah seperti lingkaran hitam di bawah mata, flek hitam, dan jerawat tetapi tetap terlihat natural.

Bedak cair bisa jadi base makeup untuk kamu yang menginginkan riasan yang mulus tapi tetap terkesan natural. Agar tidak terlihat belang, gunakan secara tipis dan baurkan dengan jari.

Two-way cake powder
Praktis dan instan, jenis bedak ini sudah mengandung foundation sehingga bisa menghemat waktu berdandan. Jenis bedak ini menghasilkan tampilan matte yang tahan lama, serta memiliki daya coverage yang tinggi. Selain bisa menutup ruam pada wajah, bintik hitam, dan bekas jerawat juga dapat ditutup.

Sebaiknya two-way cake powder tidak dipakai setiap hari, karena berpotensi menutup pori dan menimbulkan jerawat kalau tidak benar-benar dibersihkan dari wajah. Jenis bedak ini tidak dianjurkan untuk yang memiliki kulit berminyak karena kandungannya yang berat.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/306hwYi

Translucent powder
Jenis bedak ini berfungsi sebagai setting makeup yang akan menjaga foundation dan concealer pada wajah dapat bertahan lama. Translucent powder tidak memberikan kesan makeup yang tebal karena tidak akan menambah warna pada kulit karena warnanya akan menjadi bening setelah diaplikasikan pada kulit dan terkadang agak mengilap.

Shimmering powder
Efek berkilau yang didapat dari bedak bertekstur seperti serbuk ini cocok dipakai untuk acara-acara tertentu yang glamor atau bertema kostum tertentu. Selain untuk wajah, bedak glitter juga dapat dipakai untuk keperluan menampilkan kulit yang tampak lebih eksotis dan bercahaya. 

Bedak meteorite
Jenis bedak ini memang jarang digunakan. Fungsi dari bedak ini hampir sama dengan blush on. Bedak meteorite memiliki bentuk yang berbeda dengan bedak lainnya, yaitu berbentuk bulat kecil dengan aneka macam warna.

Biasanya jenis bedak ini digunakan untuk sentuhan akhir makeup. Wajah akan tampak lebih berseri dengan menggunakan jenis bedak ini. Untuk hasilnya lebih bagus jenis bedak ini supaya Jangan lupa untuk menggunakan kuas besar.

Mineral powder
Bedak ini mengandung mineral. Teksturnya yang sangat kecil terbentuk dari mineral yang dihancurkan. Mineral sendiri memiliki khasiat untuk kulit seperti menghindari iritasi. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2OmxPe4

Setting powder
Sekilas, setting powder mirip dengan bedak tabur. Namun, setting powder ini berfungsi di tahap baking atau countering. Jenis bedak ini cocok untuk berbagai jenis kulit.

Finishing powder
Finishing powder biasanya dipakai terakhir setelah mengaplikasikan setting powder. Selain untuk membuat riasan jadi tahan lama, bedak ini juga bertujuan untuk menyamarkan garis halus serta pori-pori pada wajah sehingga riasan terlihat sempurna.  

Finishing powder tidak disarankan untuk digunakan sebagai kosmetik sehari-hari. Hal ini dikarenakan formula finishing powder cukup berat. Untuk itu, gunakan finishing powder sebagai contouring.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Hal-hal yang harus dilakukan sebelum mencoba skincare baru
Senin, 14 September 2020 - 10:16 WIB
Bagi pemula, tentu juga merasa bingung saat akan mencoba skincare. Banyaknya produk dan tahapan-taha...
 Kesalahan pada rambut yang membuat wajah terlihat lebih tua
Senin, 07 September 2020 - 09:29 WIB
Banyak wanita yang terkadang menyepelekan rambut mereka. Padahal ternyata rambut memberi pengaruh ba...
 Bagaimana cara makeup untuk kulit berjerawat agar terlihat mulus?
Senin, 31 Agustus 2020 - 10:45 WIB
Meskipun saat ini sudah banyak sekali produk-produk kecantikan yang bisa digunakan, jika tidak menge...
 Hindari kesalahan ini saat menggunakan bedak
Senin, 24 Agustus 2020 - 10:57 WIB
Sepintas, mengaplikasikan bedak memang tampak mudah. Kendati demikian, ternyata ada beberapa kesalah...
 Penyebab eyeliner luntur yang perlu dihindari
Senin, 10 Agustus 2020 - 10:31 WIB
Permasalahan eyeliner luntur memang sering dialami para pengguna makeup. Umumnya, eyeliner yang lunt...
Tahapan skin care untuk mendapatkan kulit wajah bersinar
Senin, 03 Agustus 2020 - 09:43 WIB
Seiring bertambahnya usia, tak dapat dipungkiri kandungan kolagen, elastin dan asam hialuronat dalam...
Kebiasaan tak terduga yang membuat kulit cepat tua
Senin, 27 Juli 2020 - 10:34 WIB
 Ada banyak racun dan partikel yang mudah menguap di lingkungan yang membuat cepat tua. Meskipun ba...
Bahan skincare berikut ini yang membuat kulit wajah bersinar
Senin, 20 Juli 2020 - 08:33 WIB
Memerhatikan komposisi bahan yang ada dalam skincare merupakan kunci dari keberhasilan perawatan kul...
 Jenis bedak sesuai dengan fungsinya yang harus dipahami wanita
Senin, 13 Juli 2020 - 09:55 WIB
Dari sekian banyaknya jenis bedak wajah, tidak semua cocok untuk kulit dan kebutuhan. Wanita tidak b...
Tips enyahkan lingkaran hitam di bawah mata
Minggu, 12 Juli 2020 - 15:20 WIB
 Ada lingkaran hitam di bawah mata Anda usai menonton drama semalaman di masa normal baru ini?
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV