Bagaimana aturan yang benar membersihkan bagian luar Miss V?
Elshinta
Rabu, 15 Juli 2020 - 08:48 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Bagaimana aturan yang benar membersihkan bagian luar Miss V?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3h1riC8

Elshinta.com - Cara bersihkan miss V sangat diperlukan bagi para perempuan terutama yang telah memasuki usia produktif. Membersihkan Miss V bagian luar tidak bisa dilakukan serampangan. Ada cara tepat yang perlu diketahui dengan baik sehingga proses membersihkan tidak justru berbalik membahayakan kesehatan organ ini.

Pentingnya cara bersihkan Miss V dapat memengaruhi kesehatan organ reproduksi perempuan sehingga wajib diperhatikan. Jika tidak mengetahui cara membersihkan dengan benar, alat reproduksi wanita itu bisa saja mengalami keputihan dan tumbuh jamur.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait menjaga kesehatan miss V antara lain jenis pembersih, takaran yang digunakan, hingga cara mencuci yang benar. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara membersihkan Miss V yang benar:

Tidak menggunakan produk douching
Douching adalah membersihkan Miss V dengan cairan yang terdiri dari campuran berbagai bahan kimia. Biasanya cairan douching mengandung air, baking soda, cuka, pewangi, dan antiseptik.

Cairan tersebut dikemas dalam sebuah douche, yaitu kantong dengan selang atau semprotan yang berfungsi untuk menyemprotkan cairan pada area kewanitaan.

Produk douching atau pembersih kimia yang mengandung pewangi dan antiseptik tidak hanya berbahaya untuk bagian dalam Miss V, tetapi juga bagian luarnya.

Kandungan antiseptik dan pewangi yang terdapat di dalam pemebersih kimia dapat mengganggu keseimbangan pH bagian luar. Hal ini bisa mengakibatkan iritasi, gatal, dan bau tak sedap.

Pilih pembersih wanita yang mengandung povidine iodine
Miss V seharusnya memiliki pH antara 3,5-4,5. Ketika wanita membersihkan Miss V dengan cairan pembersih tubuh yang mengandung parfum (pH antara 7-8), itu berarti sudah merusak pH normal.

Pilih pembersih yang mengandung povidine iodine karena menurut sebuah penelitian kandungan povidone iodine mampu mengembalikan kadar flora normal sehingga bisa membantu menjaga kadar pH tetap normal.

Membersihkan dengan rutin 
Membersihkan Miss V dengan cara yang tepat adalah hal wajib yang perlu dilakukan, tapi hindari melakukannya terlalu sering. Bagian luar Miss V dapat mengalami iritasi atau kehilangan kelembapan alaminya ketika mencucinya terlalu sering.

Membersihkan Miss V sehari sekali dengan air mengalir dengan gerakan dari depan ke belakang. Menggunakan cairan pembersih khusus tanpa pewangi juga bisa dilakukan sekali waktu.

Namun, wanita memang perlu membersihkan organ intim kewanitaan ini dengan segera. Yaitu setelah berhubungan seks dan berolahraga guna menghindari cairan Miss V yang menumpuk.

Ilustrasi. Sumber foto: https://ab.co/2Cf0XBN

Jangan berlebihan
Jika frekuensi membersihkan Miss V kurang, mungkin masih ada sisa keringat dan sekresi yang tersisa. Jika Miss V dibersihkan secara berlebihan, bisa mengganggu keseimbangan asam basa Miss V.

Membersihkan Miss V dengan tangan juga lebih baik dibandingkan menggunakan loofah (alat penggosok tubuh). Tekstur loofah bisa membuat luka dan jika pasangan memiliki risiko penyakit menular seksual, penyakit ini mudah ditularkan lewat luka luka tadi. 

Jangan membersihkan terlalu lama
Kesalahan lain yang kerap dilakukan oleh wanita saat membersihkan Miss V adalah dengan membersihkannya cukup lama. Tujuannya pasti ingin membuat Miss V lebih bersih.

Sebaiknya tidak membersihkan Miss V lebih lama dari satu menit karena jika menggosoknya lebih lama dari waktu yang disarankan, Miss V justru bisa mengalami iritasi dan kehilangan kelembaban alaminya.

Gunakan handuk lembut
Keringkan dengan menggunakan handuk yang bersih dan lembut. Jangan digosok-gosok, cukup tempelkan handuk sampai area intim benar-benar kering.

Jaga area intim tetap kering dengan mengganti panty liner atau celana dalam dua hingga tiga kali sehari dalam kondisi normal. Setelah buang air kecil, cuci vagina dengan air bersih, lalu langsung keringkan. Secara fisiologis, Miss V mampu mendorong keluar kotoran lewat cairan khas.

Untuk itu cukup hanya membersihkan sekresi cairan itu di bagian vulva, menjaganya tidak lembab berlebih, dan mempertahankan pH seimbangnya. Selain itu, hindari penggunaan pakaian dalam yang telalu ketat yang bisa meningkatkan kelembapan.


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kunjungi Langkat, Bappenas percepat upaya pencegahan stunting    
Rabu, 28 Oktober 2020 - 14:36 WIB
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) berkunjung ke Kabupaten Langkat, Sumatera Utara da...
Ahli Kandungan: Terapi hormon pada menopause berisiko kanker rahim
Minggu, 18 Oktober 2020 - 20:55 WIB
Ahli kandungan dari Klinik Hayandra dr Anggara Mahardika SpOG mengatakan terapi hormon pada perempua...
Sosialisasi pembinaan KB program non fisik TMMD 109 Kodim 1711/BVD
Selasa, 06 Oktober 2020 - 19:48 WIB
Kepala Puskesmas Mindiptana, Hendrikus Kamben didampingi Kepala Kampung Kakuna Bapak Ishak Tenot d...
Apa penyebab kram perut pada wanita selain menstruasi?
Rabu, 30 September 2020 - 10:19 WIB
Tak semua rasa kram perut disebabkan oleh menstruasi. Penyebab kram perut yang terasa menyakitkan da...
Hati-hati, jangan sepelekan masalah menstruasi ini
Rabu, 23 September 2020 - 11:10 WIB
Perhatikan beberapa masalah yang juga sering terjadi saat menstruasi. Sebab, tanpa disadari, hal ini...
 Cara menjaga kesehatan rahim yang wanita harus tahu
Rabu, 16 September 2020 - 09:23 WIB
Dalam sistem reproduksi, rahim menjadi organ vital karena sebagai tempat berkembangnya janin. Rahim ...
 Fakta tentang kesuburan wanita yang perlu diketahui
Rabu, 09 September 2020 - 10:06 WIB
Mendapatkan anak berhubungan dengan kesuburan atau fertilitas seseorang. Ada banyak faktor yang mela...
 Kesalahan saat memakai pembalut yang tidak disadari wanita
Rabu, 02 September 2020 - 11:19 WIB
Normalnya, wanita mengalami periode menstruasi sebanyak 480 kali sepanjang hidupnya. Rata-rata kaum ...
Jaga `mood` selama hamil dengan rajin olahraga
Rabu, 26 Agustus 2020 - 21:37 WIB
Berolahraga ringan untuk para wanita hamil tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan kebugaran tetapi ...
Wanita harus tahu, cara merawat Miss V sesuai perubahan usia
Rabu, 26 Agustus 2020 - 09:13 WIB
Organ intim akan berubah seiring bertambahnya usia. Lambat laun, bentuk Miss V tidak sama seperti be...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV