Bagaimana agar tidak tertipu belanja online shop di Instagram?
Elshinta
Jumat, 17 Juli 2020 - 10:53 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Bagaimana agar tidak tertipu belanja online shop di Instagram?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3fF2MX5

Elshinta.com - Belanja online banyak dilakukan karena dianggap sangat praktis dan mudah. Salah satu media sosial yang sering dijadikan tempat transaksi adalah Instagram.

Namun belanja online di Instagram banyak dimanfaatkan untuk modus penipuan dan sudah banyak memakan korban dengan berbagai jumlah kerugian. Tidak sedikit saat ini kasus penipuan online shop terjadi karena kurangnya kewaspadaaan konsumen.

Agar lebih nyaman dalam berbelanja online, sebaiknya lebih waspada terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut cara agar tidak tertipu belanja online shop di Instagram:

Kredibilitas nomor rekening
Melakukan cek terhadap nomor rekening penjual. Silahkan periksa apakah nomor rekening tersebut memiliki track record yang buruk atau tidak sebelum transfer pembayarannya. Cek itu adalah rekening penipu atau bukan dengan bantuan beberapa website penyedia laporan penipuan online. 

Bank yang digunakan
Seorang penjual online yang benar-benar berbisnis pasti menyediakan satu atau beberapa rekening yang banyak digunakan. Ini adalah salah satu fasilitas mendasar demi kemudahan dan kenyamanan pembeli.

Wajib waspada jika penjual tersebut menggunakan akun rekening bank yang sangat jarang dipakai oleh masyarakat Indonesia pada umumnya agar tidak tertipu belanja online shop di Instagram.

Testimoni
Testimoni adalah salah satu alat promosi yang paling sering dipakai oleh pedagang online untuk menarik kepercayaan dari para pembeli. Namun terkadang penipu juga memakai cara yang sama untuk mengelabuhi pembeli.

Mereka memanfaatkan testimoni palsu yang dibuat sendiri agar calon korban percaya. Jadi, teliti terlebih dahulu testimoni yang tertera supaya tidak tertipu oleh penjual. Biasanya testimoni yang asli akan mencantumkan akun sosial media pembeli.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2B7AXb1

Perhatikan komentar 
Salah satu cara mudah agar tidak tertipu belanja online shop di Instagram adalah dengan memperhatikan setiap komentar yang masuk pada feed penjual online.

Penjual yang kredibel biasanya lebih sering mendapat respon positif dari para pelanggannya. Komentar-komentar ini ada pada setiap produk yang diunggah. 

Namun jika menemukan beberapa keluhan penipuan atau komentar dimatikan, sebaiknya waspada. Alasan menonaktifkan komentar bukan karena malas membalas pertanyaan pembeli yang masuk.

Tapi lebih menghindari para pembeli atau agar tak ada komentar komentar jelek dari para konsumen yang sudah menjadi korban atas penipuan yang dilakukan akun ini.

Jangan tergiur harga murah
Membeli barang dengan harga lebih miring daripada tempat lain memang sangat menarik. Apalagi dengan iming-iming promo atau diskon yang menggiurkan. Tapi harus waspada karena bisa jadi itu hanya akal bulus dari penipu untuk menarik calon korbannya.

Cara ini lebih banyak dipakai oleh penipu karena dianggap lebih cepat mengelabuhi korban. Karena pada dasarnya seorang pembeli akan kalap terhadap harga barang yang sangat murah.

Jumlah pengikut bukan jaminan
Hal lain yang tak kalah penting agar tidak tertipu belanja online shop di Instagram adalah dengan memeriksa pengikut (followers). Pengikut terkadang memang tidak dapat dijadikan sebagai tolak ukur apakah itu penipu atau bukan. 

Jika pengikut puluhan ribu, sementara like yang dihasilkan hanya belasan orang, tandanya akun ini palsu. Kemungkinan besar, ia membeli pengikut saja demi menarik perhatian orang. 

Akun penipu atau palsu ini juga biasanya memiliki randomfollowers yang tidak sesuai target pasar mereka. Atau pengikutnya justru akun-akun spam dengan nama yang tidak jelas. 

Periksa alamat toko 
Memang tidak semua online shop harus memiliki toko fisik. Namun jangan ragu untuk memastikan alamat asli toko tersebut dan darimana pengirimannya. Terlebih jika akan melakukan transaksi dengan jumlah yang besar. 

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/3j7yw9D

Koleksi foto
Perhatikan photo gallery dengan cermat. Kebanyakan online shop akan memajang produk terbaik mereka sehingga produk terlihat bagus dan berkualitas. Namun pada kenyataannya barang yang dijual ternyata merupakan barang yang jelek.

Toko online yang tepercaya biasanya memajang foto-foto yang kualitasnya tidak jauh dengan benda aslinya, pembeli bisa bandingkan foto yang ada di Instagram dengan foto di website lain.

Cek endorse
Pada umumnya penjual-penjual online akan memunculkan endorse pada kolom komentar yang sengaja dibuat untuk menaikan kepercayaan pembeli.

Hal ini harus diperhatikan bagi yang baru melakukan online shopping di Instagram. Jika hanya sekedar iklan di kolom komentar dan belum menarik perhatian para endorser, belum bisa memercayai toko tersebut.

Analisis harga 
Semakin banyaknya penjual online, semakin besar juga persaingan yang terjadi antara penjual dengan produk yang sama. Pembeli harus cermat dengan cara membandingkan harga barang satu dengan yang lainnya.

Kalau harga barang berbeda tipis, maka harga yang diberikan penjual tersebut dapat dipercaya, namun jika perbandingan harga yang cukup jauh, maka patut curiga salah satunya.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/32s2Y8w

Minta resi
Pembeli yang telah mentransfer uangnya sebagai tanda jadi pembelian, berhak meminta nomor resi pengiriman. Tujuannya adalah untuk memastikan barang yang dipesan untuk dibeli benar-benar dikirimkan.

Jika ada permasalahan pada pengiriman barang maka kegunaan nomor resi pengiriman ini bisa dilacak keberadaannya melalui website jasa pengiriman.

Kata-kata bio berlebihan
Biasanya modusnya ini terlihat mencolok, dalam bionya para pelaku akan memberikan deskripsi atau kata-kata yang mencoba untuk menyakinkan para konsumen. Biasanya ini memakai kata-kata “100% ORIGINAL” atau melayani secara amanah. Akun yang serius biasanya akan lebih sederhana dan tidak berlebihan. 

Mencantumkan link marketplace
Biasanya jika akun ini benar-benar asli atau sudah terbukti, akan mencantumkan link-link toko lain yang dimilikinya. Sebab hampir semua penjual yang serius memiliki toko di marketplace.

Selain itu mereka akan akan mencantumkan nomor secara langsung atau merekomendasikan secara langsung untuk melihat akun-akun tokonya di marketplace.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Ini alasan mengapa window shopping memiliki banyak manfaat
Kamis, 17 September 2020 - 10:03 WIB
Bukan terkesan pelit atau hanya sekadar ingin coba-coba. Tujuan window shopping bukan ingin menghabi...
Ini alasan mengapa tidak perlu malu membeli barang bekas
Kamis, 10 September 2020 - 09:31 WIB
Salah satu cara untuk menekan pengeluaran adalah dengan membeli barang-barang bekas atau preloved. ...
 Bagaimana cara menghemat belanja make up?
Kamis, 03 September 2020 - 10:13 WIB
Tidak semua produk make up yang ada saat ini harus dimiliki semuanya, cukup membeli make up yang dib...
 Ternyata ada manfaatnya mengajak anak belanja bersama
Kamis, 27 Agustus 2020 - 09:27 WIB
Terkadang orang tua enggan mengajak anak belanja ke supermarket karena anak suka minta macam-macam d...
 Cara beli sepatu online agar tidak salah ukuran
Kamis, 13 Agustus 2020 - 10:34 WIB
Belanja sepatu lewat online shop memberi banyak pilihan yang menawarkan model dan motif yang beragam...
 Rahasia cara membeli barang bekas agar tak menyesal
Kamis, 06 Agustus 2020 - 09:17 WIB
Banyak orang yang merasa malu membeli barang bekas. Padahal membeli barang bekas adalah salah satu c...
Cara aman COD ketika belanja online
Kamis, 30 Juli 2020 - 10:02 WIB
Sistem COD dianggap aman karena meminimalisir risiko penipuan tapi tetap memiliki celah untuk tinda...
Apa saja barang yang paling banyak dibeli ibu-ibu saat belanja online?
Kamis, 23 Juli 2020 - 10:34 WIB
Berbelanja online memang sangat memudahkan dalam memenuhi kebutuhan sekaligus menghemat waktu. Ada 4...
Bagaimana agar tidak tertipu belanja online shop di Instagram?
Jumat, 17 Juli 2020 - 10:53 WIB
Belanja online di Instagram banyak dimanfaatkan untuk modus penipuan dan sudah banyak memakan korban...
Tipe pembeli di online shop, mulai dari yang praktis hingga yang membuat pusing penjual
Kamis, 09 Juli 2020 - 09:44 WIB
Belanja dengan sistem online sudah menjadi hal yang biasa dilakukan. Tidak hanya melalui website res...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV