Bahan skincare berikut ini yang membuat kulit wajah bersinar
Elshinta
Senin, 20 Juli 2020 - 08:33 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Bahan skincare berikut ini yang membuat kulit wajah bersinar
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3fJlHAd

Elshinta.com -  Skincare terdiri dari berbagai bahan yang diformulasikan untuk menghasilkan kulit wajah sesuai yang diinginkan. Tidak harus selalu putih tapi memiliki kulit yang sehat, ternutrisi dan glowing tanpa masalah pun sudah lebih dari cukup. Memerhatikan komposisi bahan yang ada dalam skincare merupakan kunci dari keberhasilan perawatan kulit wajah yang diimpikan.

Kandungan yang tepat dalam skincare untuk melawan tanda penuaan akibat faktor internal dan eksternal, sekaligus membuat kulit tampak lebih sehat bercahaya. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini bahan-bahan yang terkandung dalam skincare: 

Vitamin C
Vitamin C bekerja seperti perisai dalam melindungi kulit wajah dari polusi dan paparan sinar matahari. Ini akan membuat kulit tetap lembap dan meningkatkan produksi kolagen yang sangat berperan dalam struktur kulit wajah yang kenyal dan awet muda. Selain membentengi kulit, vitamin C juga dapat menghilangkan garis-garis halus serta tanda penuaan lain seperti noda hitam. 

Retinol
Retinol merupakan turunan vitamin A yang mampu memperbaiki sel kulit rusak khususnya akibat jerawat. Retinol juga dapat mempercepat pergantian sel kulit sehingga wajar bila kulit halus dan bersinar bisa perlahan muncul dengan pemakaian skincare berbahan retinol secara rutin. Mulai dari perataan pigmentasi kulit, memudarkan garis halus hingga memberi efek bersinar pada kulit wajah, semua bisa dilakukan oleh retinol. 

Antioksidan
Antioksidan disebut-sebut sebagai obat awet muda dan kulit glowing. Karena sifatnya yang bekerja melawan sinar uv penyebab kerutan dan radikal bebas masuk ke dalam kulit sehingga menyebabkan proses penuaan dini. Antikosidan juga dapat memperlambat proses penuaan karena menjaga sel-sel kulit tetap ternutrisi. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2DWBD3T

Niacinamide
Niacinamide merupakan salah satu bahan skincare yang populer di kalangan para wanita. Terdapat sifat anti-inflamasi dalam niacinamide yang bukan hanya dapat mengecilkan pori-pori namun juga membersihkan pori-pori hingga ke bagian terdalam.

Niacinamide membantu meningkatkan kecerahan kulit, memproduksi lebih banyak kolagen sehingga membuat tekstur wajah kenyal serta berisi dan memberikan hidrasi pada kulit. Niacinamide juga bagus untuk segala tipe kulit karena tidak membuat kulit kering atau berminyak. 

Minyak bunga matahari
Minyak bunga matahari memiliki antioksidan super yang bernama sesamol, yang memiliki kandungan ini dapat meminimalisir kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Shea Butter
Lemak dari pohon shea asal Afrika ini merupakan sumber vitamin A dan vitamin E yang melindungi kulit secara maksimal dari sinar matahari. Pelembap yang diproduksi secara alami tanpa tambahan bahan kimia ini memberi kelembapan ekstra pada kulit sehingga memenuhi nutrisi dan membuat kulit cerah bersinar. 

Sulfur
Dalam sulfur atau belerang terkandung bakteri baik yang dapat memerangi masalah kulit seperti jerawat dan pori-pori besar. Sulfur akan menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengangkat minyak berlebih dari kulit sehingga sangat cocok digunakan dalam perawatan kulit berminyak. 

Probiotik
Bakteri baik dalam kandungan probiotik yang sering dimasukan ke dalam produk makanan ini ternyata sangat baik untuk menangkal bakteri dan kotoran di kulit wajah.

Probiotik dapat mengembalikan pH kulit sehingga menenangkan sel kulit yang sensitif, iritasi dan mengalami gangguan lain seperti kekeringan atau beruntusan. Juga terdapat antioksidan tinggi dalam probiotik yang bisa menjaga kekenyalan kulit. 

Glycolic acid
Bahan skincare yang satu ini selain berfungsi mencerahkan wajah ternyata juga dapat membantu memudarkan bekas jerawat, meratakan warna kulit, menghaluskan kulit, dan melawan tanda-tanda penuaan. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2CRsNUq

Hyaluronic Acid
Hyaluronic acid merupakan kandungan alami yang sebenarnya sudah ada di permukaan kulit. Kandungan ini berperan menghidrasi kulit agar lebih lembut dan kenyal.

Namun, seiring bertambahnya usia, kulit justru semakin lambat memproduksi hyaluronic acid sehingga menimbulkan tanda-tanda penuaan. Agar kulit wajah tetap terjaga kelembapannya kamu perlu menggunakan produk skincare yang mengandung hyaluronic acid.

Lactic Acid
Bagi yang memiliki kulit wajah sensitif, lactic acid merupakan salah satu bahan pada skincare yang aman untuk digunakan. Lactic acid bekerja untuk membantu menghasilkan kulit yang lembut dan mencerahkan kulit wajah. 

Kolagen
Kolagen adalah sejumlah protein yang berfungsi menyusun dan memberikan struktur pada tubuh. Sebanyak 75 persen lapisan dermis kulit terdiri dari kolagen. Kolagen memiliki fungsi penting, yaitu mempertahankan elastisitas kulit.

Kolagen secara normal diproduksi oleh tubuh, namun dapat berkurang intensitasnya seiring pertambahan usia. Penurunan produksi kolagen dapat membuat lapisan kulit semakin tipis, sehingga semakin mudah iritasi dan terpapar oleh faktor eksternal yang mengakibatkan munculnya tanda penuaan seperti kerutan.

SPF dan PA
SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor yang berfungsi sebagai pelindung dari sinar matahari. SPF menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan kulit untuk menjadi merah akibat sinar UVB.

PA adalah protection grade of UVA atau tingkat perlindungan terhadap sinar UVA. Tanda (+) setelah PA menandakan tingkat proteksi terhadap UVA. Semakin banyak tanda tersebut, maka semakin tinggi pula tingkat perlindungannya. PA+++ memiliki tingkat proteksi terhadap UVA yang sangat baik.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/39g7cl0

Gold peptide crystals
Kandungan ini merupakan sebuah teknologi terkini yang mengombinasikan peptida dengan kristal emas murni (pure gold crystals). Kombinasi tersebut menjadikannya 90 kali lebih stabil dan efektif dibandingkan peptida biasa dalam proses peremajaan kulit.

Kandungan ini mampu menyamarkan kerutan dan garis halus di wajah secara efektif. Peptida sendiri adalah molekul protein yang dibutuhkan sel dalam proses pembentukan kolagen. Untuk membantu mempercepat produksi kolagen pada kulit menua, dibutuhkan peptida ekstra yang bisa didapat dari kandungan skincare.

Kristal emas murni berfungsi melindungi peptida agar tidak mudah terurai. Bahan ini sudah sejak lama dijadikan sebagai kandungan perawatan kulit untuk mendapatkan tekstur yang lebih kenyal dan cerah.

Youthglow active
Bahan aktif ini merupakan adaptasi dari senyawa yang diproduksi oleh mikroorganisme yang dapat hidup di kondisi ekstrem seperti paparan sinar matahari berlebihan, polusi, suhu tinggi dan radikal bebas.

Kandungan aktif ini juga dapat bekerja dengan cara membentuk lapisan kelembapan yang melindungi kulit dari faktor eksternal yang membahayakan kesehatannya. Bahan ini mampu menjadikan kulit senantiasa tampak muda dan bercahaya.

Selain hal di atas, ada juga vitamin A, vitamin K dan asam lemak baik yang mampu membuat kulit bersinar dan mendapatkan kekenyalan yang maksimal seperti kulit bayi. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Analis kesehatan jelaskan ciri produk kecantikan bermerkuri
Minggu, 15 November 2020 - 14:47 WIB
Analis Kesehatan dari Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kendari Satya Darmayani menjelaskan...
Apa penyebab makeup tidak bisa tahan seharian?
Senin, 28 September 2020 - 11:14 WIB
Umumnya, makeup yang terlihat sempurna itu hanya terjadi di pagi hari atau saat baru menyelesaikan r...
Selain wajah, mengapa bagian tubuh ini juga wajib dioleskan sunscreen?
Senin, 21 September 2020 - 09:36 WIB
Memakai sunscreen atau tabir surya merupakan hal yang wajib dilakukan agar tetap terlindungi dari si...
Hal-hal yang harus dilakukan sebelum mencoba skincare baru
Senin, 14 September 2020 - 10:16 WIB
Bagi pemula, tentu juga merasa bingung saat akan mencoba skincare. Banyaknya produk dan tahapan-taha...
 Kesalahan pada rambut yang membuat wajah terlihat lebih tua
Senin, 07 September 2020 - 09:29 WIB
Banyak wanita yang terkadang menyepelekan rambut mereka. Padahal ternyata rambut memberi pengaruh ba...
 Bagaimana cara makeup untuk kulit berjerawat agar terlihat mulus?
Senin, 31 Agustus 2020 - 10:45 WIB
Meskipun saat ini sudah banyak sekali produk-produk kecantikan yang bisa digunakan, jika tidak menge...
 Hindari kesalahan ini saat menggunakan bedak
Senin, 24 Agustus 2020 - 10:57 WIB
Sepintas, mengaplikasikan bedak memang tampak mudah. Kendati demikian, ternyata ada beberapa kesalah...
 Penyebab eyeliner luntur yang perlu dihindari
Senin, 10 Agustus 2020 - 10:31 WIB
Permasalahan eyeliner luntur memang sering dialami para pengguna makeup. Umumnya, eyeliner yang lunt...
Tahapan skin care untuk mendapatkan kulit wajah bersinar
Senin, 03 Agustus 2020 - 09:43 WIB
Seiring bertambahnya usia, tak dapat dipungkiri kandungan kolagen, elastin dan asam hialuronat dalam...
Kebiasaan tak terduga yang membuat kulit cepat tua
Senin, 27 Juli 2020 - 10:34 WIB
 Ada banyak racun dan partikel yang mudah menguap di lingkungan yang membuat cepat tua. Meskipun ba...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV