Ternyata bukan hanya karena seks semata penyebab pria berselingkuh
Elshinta
Rabu, 22 Juli 2020 - 23:15 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Ternyata bukan hanya karena seks semata penyebab pria berselingkuh
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3jqelUh

Elshinta.com - Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa dalam hubungan yang kuat dan bahagia sekalipun, pria tidak akan pernah berhenti jatuh cinta pada wanita lain. Jatuh cinta ini bisa dinikmati sendiri secara diam-diam atau terang-terangan.

Setidaknya, pria akan jatuh cinta tiga kali pada wanita lain selama memiliki pasangan. Alasannya pun bisa berkembang, seiring dengan perubahan yang terjadi dalam kehidupan pria. Sebenarnya para pria bisa memilih untuk tidak berselingkuh.

Sebab, mereka memiliki opsi untuk berupaya menyelesaikan masalah dengan pasangan, melakukan terapi bersama, hingga berpisah bila memang sudah tidak cocok lagi. Lalu mengapa tetap ada yang berselingkuh dari pasangannya? Dihimpun dari berbagai sumber,berikut ada beberapa alasannya:

Kurang memahami arti komitmen
Salah satu hal yang bisa membuat pria berselingkuh adalah karena mereka tidak cukup dewasa dan tak memiliki pemahaman yang baik soal komitmen. Bisa jadi, ini dikarenakan pria itu tidak banyak memiliki hubungan yang mementingkan komitmen dalam hidup.

Ia juga tidak benar-benar mengerti bahwa tindakannya bisa melukai pasangannya. Akibatnya, sang pria menganggap enteng komitmen dengan pasangan dan bertindak sesukanya.

Tidak percaya diri
Ada kalanya laki-laki merasa tidak percaya diri (insecure), karena merasa dirinya terlalu tua, terlalu muda, tak cukup tampan, tidak kaya, atau merasa tak cukup pintar.

Pria yang insecure di luar batas normal, cenderung mencari perhatian dari tempat lain.Untuk bisa meningkatkan kepercayaan dirinya, mereka mencari dari orang lain yang bukan pasangannya.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2CYPO7X

Egois
Seorang pria juga bisa berselingkuh karena keegoisannya sendiri. Ia hanya memikirkan kebahagiaannya semata, sehingga tak ragu untuk menyimpan rahasia dan berbohong untuk menutupi perbuatannya. Mereka tahu bahwa tindakannya akan membuat pasangan kesal atau trauma, tapi rasa egois itu mengalahkan pikiran mereka mengenai hal lain.

Merasa hubungannya sudah berakhir
Ada pula pria yang berselingkuh karena merasa hubungannya dengan pasangan sudah tidak bisa diselamatkan lagi. Daripada berterus terang dan meminta putus, ia justru berselingkuh dan menunggu pasangannya mengajak berpisah.

Selain itu, ada juga tipe orang yang tidak ingin mengakhiri hubungan sebelum punya pasangan yang baru. Tipe ini akan berusaha memupuk cinta dengan orang yang baru, meski masih menjalin asmara dengan pasangan yang lama.

Trauma 
Hal lain yang bisa membuat pria berselingkuh adalah trauma yang dialaminya saat kecil. Misal, karena orang itu mengalami penelantaran, pelecehan emosional, fisik, maupun pelecehan seksual sewaktu kecil. Hal ini bisa membuat seorang pria kesulitan membangun hubungan dan keintiman dengan orang lain.

Sehingga, mereka tak ingin berkomitmen dengan satu orang saja. Pada kasus tertentu, orang itu juga akan memanfaatkan rasa seru dan distraksi dalam perselingkuhan untuk mengobati luka dari masa lalunya.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2Bo8qOw

Tidak realistis 
Seorang pria juga bisa berselingkuh karena punya ekspektasi yang tak realistis terhadap pasangannya. Mereka menuntut pasangannya selalu sempurna dan sesuai dengan keinginan, tanpa mementingkan perasaan pasangannya. Sementara, saat keinginannya tak terpenuhi, mereka akan mencari kepuasan dari tempat lain dengan berselingkuh.

Merasa tidak puas 
Sekitar 48% pria mengatakan bahwa rasa tidak puas merupakan alasan mereka berselingkuh. Sebagian besar rasa tidak puas ini bukan disebabkan oleh seks, hanya sekitar 8% pria berselingkuh karena merasa tidak puas secara seksual.

Rasa tidak puas ini lebih berhubungan dengan penghargaan dan pengertian pasangannya. Salah satu kelemahan pria adalah tidak dapat menunjukkan keinginannya untuk diperhatikan oleh istrinya. 

Karena sahabat  
Sekitar 77% pria yang berselingkuh memiliki teman baik yang juga berselingkuh. Bergaul dengan seorang teman yang berselingkuh dapat membuat pria merasa bahwa berselingkuh merupakan hal yang normal dan pada akhirnya membenarkan tindakan tersebut.

Cara yang mungkin dapat memberikan pengaruh baik bagi suami adalah mencari teman dan lingkungan yang memiliki kehidupan pernikahan yang berbahagia.

Bertemu wanita di tempat kerja
Seringkali suami berselingkuh dengan teman sekerjanya di kantor. Salah satu tanda adalah  suami mulai merasa tertarik bila ada yang sering menyebut nama wanita tersebut. 

Wanita lain lebih menarik
Hanya sekitar 12% pria yang berselingkuh karena merasa pasangan selingkuhnya memiliki penampilan fisik yang lebih menarik daripada istrinya.

Hal ini bukan dikarenakan pria merasa akan mendapatkan kepuasaan yang lebih saat berhubungan seksual dengan wanita berpenampilan menarik, hal ini lebih disebabkan oleh kekosongan yang ia rasakan.

Masalah kecanduan
Seorang pria mungkin memiliki masalah yang terus-menerus dengan alkohol atau obat-obatan yang dapat memengaruhi sikapnya hingga menghasilkan keputusan seksual yang dapat disesalkan.

Mungkin juga, pria memiliki masalah seperti kecanduan seksual, yang berarti ia secara kompulsif terlibat dalam fantasi dan perilaku seksual sebagai cara untuk menghindari masalah kehidupan.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2CYQ5aZ

Merasa istimewa
Pria yang berselingkuh mungkin juga merasa bahwa dirinya berbeda dan pantas mendapatkan sesuatu yang istimewa, yang tidak dimiliki pria lain. Pria yang merasa seperti ini bisa berpikir bebas untuk menghargai dirinya sendiri, termasuk menjalin hubungan dengan orang lain kapan pun ia mau.

Adanya kesempatan
Pria yang berselingkuh mulanya mungkin tidak pernah berpikir untuk berselingkuh sampai kesempatan tiba-tiba muncul dengan sendirinya. Kemudian, tanpa berpikir tentang apa yang mungkin akan terjadi terhadap hubungannya sebagai akibat dari perselingkuhan, orang itu memilih untuk “pergi”.

Balas dendam
Pria dapat juga berselingkuh karena ingin balas dendam. Ia marah dengan pasangannya dan ingin menyakitinya. Pria seperti ini tidak perlu berbohong atau menyimpan rahasia tentang perselingkuhannya, karena memang ingin pasangannya mengetahuinya.

Sekitar 68% pria yang berselingkuh merupakan pria yang tidak menyangka bahwa mereka akan berselingkuh dan merasa bersalah karenanya. Namun tetap tidak dapat menghentikan niat untuk melanjutkan perselingkuhannya.


Sekitar 73% pria membutuhkan waktu untuk mengenal pasangan selingkuhnya, biasanya sekitar 1 bulan sebelum perselingkuhan dimulai. Hal ini berarti seorang istri mungkin memiliki waktu untuk melihat tanda-tanda akan dimulainya perselingkuhan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Mengapa pria bisa meninggalkan wanita meskipun masih cinta? Ini alasannya
Jumat, 18 September 2020 - 23:15 WIB
Tidak hanya wanita, pria juga termasuk makhluk yang susah ditebak. Meskipun banyak yang bilang bahwa...
Pemerintah tambah ruang isolasi tampung 14 ribu pasien COVID-19
Jumat, 18 September 2020 - 21:11 WIB
Pemerintah menambah fasilitas kesehatan termasuk ruang isolasi untuk pasien COVID-19 dengan memanfaa...
15.000 anak Indonesia terpapar Covid-19
Jumat, 18 September 2020 - 19:48 WIB
Sebanyak 15.000 anak usia hingga 14 tahun di Indonesia terpapar Covid-19. Dari jumlah itu 165 mening...
Ahli gizi: Waspadai potensi obesitas saat pandemi COVID-19
Jumat, 18 September 2020 - 16:11 WIB
Dosen Politeknik Kesehatan Denpasar, Jurusan Gizi Ni Made Yuni Gumala mengajak masyarakat dari semua...
Alasan dokter tak rekomendasikan pakai masker scuba
Jumat, 18 September 2020 - 12:50 WIB
Pakar kesehatan belakangan ini tidak merekomendasikan masyarakat mengenakan masker scuba karena tida...
Bagaimana cara meredakan stres dalam pernikahan?
Kamis, 17 September 2020 - 23:15 WIB
 Stres akibat pernikahan pengaruhnya sama buruknya untuk kesehatan seperti merokok. Stres dalam men...
WHO: Satu dari tujuh infeksi COVID-19 terjadi pada petugas kesehatan
Kamis, 17 September 2020 - 21:25 WIB
Satu dari tujuh kasus COVID-19 yang dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terjadi pada petu...
 Bagaimana sebaiknya posisi penis di celana dalam?
Rabu, 16 September 2020 - 23:15 WIB
Walau terkesan sederhana, kebanyakan pria dilema menentukan posisi penis saat memakai celana dalam. ...
Masyarakat terpapar COVID-19 di Langkat melonjak
Rabu, 16 September 2020 - 20:36 WIB
Sejak dua bulan terakhir terjadi lonjakan jumlah warga Kabupaten Langkat, Sumut, yang terpapar COVID...
Ketum Partai Emas dukung pemberlakuan kembali PSBB di Jakarta
Rabu, 16 September 2020 - 13:11 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). A...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV