Apa yang harus dipersiapkan sebelum membeli kavling tanah?
Elshinta
Jumat, 24 Juli 2020 - 10:24 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
 Apa yang harus dipersiapkan sebelum membeli kavling tanah?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2CKwITn

Elshinta.com - Tanah kavling merupakan beberapa bidang tanah dalam satu kawasan yang sengaja dilakukan pemecahan sertifikatnya, baik oleh perorangan maupun badan usaha yang sah.

Lokasi tanah kavling yang cenderung strategis dan peluang pengembangan nilai yang cukup besar menjadi beberapa alasan orang melirik untuk membeli tanah kavling. Jika sudah menemukan lokasi dan harga yang sesuai, jangan terburu-buru untuk melakukan transaksi pembelian.

Berbeda dengan tanah biasa, ketika membeli tanah kavling harus memiliki trik tersendiri. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut langkah penting sebelum membeli kavling tanah:

Sesuaikan anggaran 
Sebelum memilih tanah terbaik, alangkah baiknya untuk mematok anggaran yang dipersiapkan terlebih dahulu. Perkirakan berapa lama kredit tanah kavling akan berlangsung.

Jangan sampai kredit berhenti di tengah jalan karena alasan finansial yang seharusnya bisa dihindari. Jika dana terbatas, tidak ada salahnya untuk memilih tanah kavling murah untuk investasi kali ini.

Bank pemberi kredit
Alangkah baiknya mempertanyakan kepada bank pemberi kredit yang bekerjasama dengan penjual atau developer. Apakah tanah kavling tersebut bisa dibeli secara kredit. Untuk itu akan mengetahui atau menguji bahwa surat-surat tersebut lengkap dan resmi ataukah belum.

Karena jika belum dapat mengajukan kredit kepada bank, maka bisa dipastikan jika surat-surat tersebut belum resmi atau Ilegal. Dikarenakan proses kredit bank akan disetujui apabila surat-surat tersebut telah lengkap atau terpenuhi

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2ZUGUBB

Kondisi tanah
Sebelum memastikan untuk membeli kavling tanah di suatu kawasan, penting untuk memperhatikan kontur dan jenis tanah karena beberapa kontur tanah memiliki risiko tersendiri ketika hendak dibangun sebuah rumah dan akan ditinggali.

Hitung potensi perkembangan tanah kavling
Cek prospek ke depannya, harus memperhitungkan potensi perkembangan terkait harga tanah di kawasan tersebut. Apakah lokasi tersebut strategis dalam beberapa tahun ke depan, baik infrastruktur ataupun proyek properti lainnya. Semakin tinggi potensi perkembangannya, maka semakin layak tanah kavling tersebut untuk dibeli.

Periksa luas dan batas tanah kavling
Salah satu hal yang kerap menjebak ketika membeli tanah kavling adalah luas tanah yang tidak sesuai. Oleh karena itu, pastikan luas tanah kavling sudah pas dengan yang tercantum di sertifikat.

Karena luas tanah kavling tersebut sangat berpengaruh terhadap harga yang harus dibayar. Selain luas tanah, periksa juga batas tanah kavling yang akan dibeli untuk pedoman mengenai luas tanah yang bisa digunakan.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2EhOE8B

Cari tahu asal usul tanah
Jangan beli tanah kavling bekas kuburan, bekas tempat sampah, rumah ibadah karena secara fengsui tak baik, namun yang baik adalah bekas kebun, sawah. Kalau area tersebut sudah diratakan. Cari informasi di kelurahan atau kecamatan.

Akses jalan
Akses jalan adalah hal krusial yang wajib diketahui sebelum memutuskan membeli. Akses jalan yang baik merupakan kebutuhan primer yang dibutuhkan penghuni untuk melancarkan segala aktivitasnya. Untuk itu, pilihlah akses jalan yang bisa dilintasi dua mobil dari kiri dan kanan jalan.

Antisipasi bahaya sekitar
Hindari membeli tanah kavling dekat jalur listrik tengangan tingi, jalur pipa gas, jalur rel kereta, area bandara dan tepi sungai. Antisipasi juga memilih daerah yang kelihatannya tidak berpotensi digusur untuk pembangunan fasilitas umum.

Memeriksa surat tanah
Merupakan hal utama untuk memeriksa kelengkapan surat-surat tanahnya, termasuk juga nama pemilik dan keabsahannya. Apabila suratnya sudah bersertifikat, maka periksa apakah sertifikat tersebut sudah berpindah tangan. Jika belum, maka minta Surat Keterangan Pendaftaran Tanah di kantor kelurahan setempat.

Mengecek keabsahan oleh PPAT
Cek keabsahan sertifikat tanah sebelum melakukan akad dengan menggunakan jasa PPAT untuk memeriksanya. PPAT akan memeriksa keaslian sertifikat tanah tersebut ke BPN (Badan Pertanahan Nasional).

Dengan memercayakan proses ini kepada PPAT maka dapat diketahui secara terperinci status tanah tersebut misalnya asli sedang dijaminkan, dalam sengketa atau tidak.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3eTHMdZ

Membuat surat akad jual beli
Setelah memastikan surat tanah tersebut tidak bermasalah, maka langkah selanjutnya ialah membuat surat AJB (Akad Jual Beli) oleh PPAT. Pada umumnya pembuatan surat ini membutuhkan beberapa syarat seperti Surat Pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), Sertifikat tanah, Surat IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan Balik nama sertifikat tanah.

Menyerahkan berkas ke BPN
Tahap ini dilakukan untuk mengurus balik nama sertifikat dan menjadi tanggung jawab PPAT. Penyerahan berkas AJB tersebut harus dilakukan selambat-lambatnya selama tujuh hari setelah penandatanganan. Pada umumnya setelah dua minggu diproses maka pembeli akan mendapatkan sertifikat dengan nama yang baru.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Contoh Kitchen set yang membuat dapur anda terlihat semakin Cantik
Minggu, 27 September 2020 - 13:26 WIB
Contoh kitchen set - Kitchen set ini sangat cocok untuk dapur minimalis Anda. Kitchen set ini berfun...
Kesalahan yang dilakukan saat membersihkan rumah
Jumat, 25 September 2020 - 09:33 WIB
Kegiatan membersihkan rumah biasanya jadi agenda wajib setiap keluarga. Tentu semua ingin rumah menj...
Ketahui apa saja jenis material penyekat ruangan yang biasa digunakan
Jumat, 18 September 2020 - 10:05 WIB
Salah satu elemen penting dalam hunian saat ini adalah partisi ruangan. Partisi berfungsi membatasi ...
Furnitur yang cocok untuk rumah minimalis
Jumat, 11 September 2020 - 10:36 WIB
 Tidak masalah bila memiliki rumah dengan ukuran yang minimalis. Untuk menyiasati ruangan yang terb...
Apa saja jenis sertifikat properti yang harus diketahui?
Jumat, 04 September 2020 - 09:06 WIB
Urusan legalitas pada saat membeli rumah atau properti memang tidak bisa diremehkan. Kelengkapan dok...
Hunian sehat dengan cahaya alami di Alam Sutera ini raih Rekor MURI
Minggu, 30 Agustus 2020 - 17:28 WIB
Hunian di Alam Sutera ini dilaunching dengan disiarkan secara serentak melalui live streaming di 50 ...
Cara merawat rumah agar tahan lama
Jumat, 28 Agustus 2020 - 10:34 WIB
Perawatan rumah bukan hanya membersihkan atau memperbaiki perabot yang rusak, melainkan juga perawat...
Hunian idaman keluarga Joe Taslim
Senin, 24 Agustus 2020 - 14:40 WIB
Fungsi tempat tinggal bagi keluarga itu tidak semata merupakan tempat berteduh saja tetapi juga menj...
 Bagaimana membuat kamar mandi minimalis agar tetap nyaman?
Jumat, 14 Agustus 2020 - 13:20 WIB
Menata kamar mandi minimalis agar memuat segala sesuatu di dalam ruang yang tersedia adalah tidak mu...
Apa saja faktor yang memengaruhi nilai jual rumah?
Jumat, 07 Agustus 2020 - 10:09 WIB
Salah satu jenis properti yang paling diburu oleh masyarakat adalah rumah, jika dibandingkan dengan ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV