Apa saja vitamin yang ampuh tingkatkan jumlah sperma?
Elshinta
Jumat, 24 Juli 2020 - 23:15 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
 Apa saja vitamin yang ampuh tingkatkan jumlah sperma?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3jCcifR

Elshinta.com - Kekurangan jumlah vitamin tidak hanya mengancam kesehatan tubuh namun juga dapat memengaruhi jumlah dan kualitas sperma. Sperma sehat dan berkualitas adalah faktor penting yang memengaruhi kesuburan pria.

Walaupun hanya membutuhkan satu sel sperma untuk bisa membuahi pasangan, kalau sperma tidak memiliki kualitas yang baik, maka kehamilan tidak akan terjadi. Berikut adalah vitamin yang dapat meningkatkan kualitas dan jumlah sperma yang dihimpun dari berbagai sumber:

Vitamin A
Vitamin A dapat membantu meningkatkan produksi sperma. Vitamin A ini terdapat di dalam paprika merah dan wortel.

Vitamin B
Vitamin B diperlukan untuk membantu memproduksi dan membuat sel-sel sperma menjadi kuat. Makanan yang mengandung vitamin B seperti produk hewani, telur, dan gandum.

Vitamin C
Vitamin C adalah zat anti oksidan yang dapat memproduksi kolagen, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan melindungi sel tubuh dari oksidasi.

Zat anti oksidan juga dapat melindungi sel sperma dari kerusakan. Vitamin C bisa diperoleh dari jeruk dan jusnya, paprika manis, kiwi, stroberi dan blewah, tomat, brokoli, kol, kentang sampai kubis.

Vitamin D
Vitamin D ampuh meningkatkan testosteron dan membantu dalam meningkatkan jumlah sperma dan kualitas air mani. Sinar matahari adalah sumber terbaik dari vitamin D. Vitamin D terdapat pada salmon,tuna, hati sapi, keju, kuning telur, yogurt, dan jamur

Vitamin E
Vitamin E memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan seorang pria. Vitamin E banyak ditemukan di dalam ubi jalar, bayam, mangga, dan minyak zaitun. Vitamin E terdapat pada minyak jagung, minyak safflower, minyak kedelai, kacang-kacangan, sayuran hijau, brokoli dan bayam.

Vitamin B-12
Vitamin B-12 adalah nutrisi penting yang baik untuk kesehatan sperma secara keseluruhan. Studi menunjukkan vitamin B-12 bisa meningkatkan pergerakan sperma dan jumlah sperma.

Vitamin B-12 juga mengurangi kemungkinan rusaknya sel sperma. Makanan-makanan yang mengandung banyak vitamin B-12 adalah ikan,kerang, daging, unggas, terutama hati, telur, susu, dan ragi nutrisi

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/39oZZyV

Selain vitamin tersebut, ada beberapa mineral yang juga berperan penting dalam peningkatan kesuburan seorang pria yakni:
Zinc 
Zinc terbukti memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sperma. Pria yang mengalami gangguan kesuburan cenderung memiliki kadar zinc yang rendah dalam tubuhnya.

Zinc berfungsi sebagai peningkat imunitas. Asupan pangan mengandung zinc terdapat pada kepiting, daging, tiram,  biji labu, kacang-kacangan, susu, dan produk gandum utuh.

Asam D-aspartat
Asam amino ini memiliki peran penting dalam pengaturan hormon seks pria, seperti kadar testosteron. Beberapa penelitian menunjukkan, asam D-aspartat dapat meningkatkan konsentrasi dan pergerakan sperma.

Asam D-aspartat dapat diperoleh dengan mengonsumsi makanan seperti daging, unggas, telur, keju, susu rendah lemak, yogurt, buah segar maupun yang dikeringkan

Asam lemak omega-3
Omega-3 memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya sebagai cara meningkatkan sperma. Beberapa manfaat omega-3 adalah meningkatkan jumlah, pergerakan, dan morfologi sperma. Makanan yang mengandung omega-3 antara lain ikan salmon, tuna, haring, sarden, kacang-kacangan, minyak tumbuhan dan yogurt.

L-arginin
Selain asam D-aspartat, asam amino lain yang berperan penting dalam kesuburan pria ialah L-arginin. Dalam tubuh, L-arginin akan berubah menjadi oksida nitrat, dan meningkatkan fungsi sperma.

Namun Perlu diingat, mengkonsumsi L-arginin yang terlalu banyak, malah akan mengurangi pergerakan sperma. Beberapa makanan ini bisa untuk meningkatkan L-arginin dalam tubuh yakni daging dan unggas, kacang,biji labu, kacang tanah, dan produk susu.

Selenium 
Walau dibutuhkan dalam jumlah yang tak banyak, rupanya asupan selenium memiliki peran vital dalam kesuburan pria. Ini termasuk antioksidan yang bisa membantu meningkatkan motilitas sperma. Ada banyak pangan yang kaya akan kandungan zat gizi ini, mulai dari tuna hingga kacang-kacangan.

Koenzim Q10
Antioksidan yang juga dikenal dengan sebutan CoQ10 ini dibutuhkan, agar segala sel hidup bisa berfungsi. Penelitian membuktikan, koenzim Q10 dapat meningkatkan kualitas sperma pria yang tidak subur.

Bahan makanan di bawah ini, bisa menjadi cara meningkatkan sperma, antara lain daging sapi, ayam, ikan, minyak tumbuhan, kacang-kacangan dan biji bunga matahari.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Mengapa pria bisa meninggalkan wanita meskipun masih cinta? Ini alasannya
Jumat, 18 September 2020 - 23:15 WIB
Tidak hanya wanita, pria juga termasuk makhluk yang susah ditebak. Meskipun banyak yang bilang bahwa...
Pemerintah tambah ruang isolasi tampung 14 ribu pasien COVID-19
Jumat, 18 September 2020 - 21:11 WIB
Pemerintah menambah fasilitas kesehatan termasuk ruang isolasi untuk pasien COVID-19 dengan memanfaa...
15.000 anak Indonesia terpapar Covid-19
Jumat, 18 September 2020 - 19:48 WIB
Sebanyak 15.000 anak usia hingga 14 tahun di Indonesia terpapar Covid-19. Dari jumlah itu 165 mening...
Ahli gizi: Waspadai potensi obesitas saat pandemi COVID-19
Jumat, 18 September 2020 - 16:11 WIB
Dosen Politeknik Kesehatan Denpasar, Jurusan Gizi Ni Made Yuni Gumala mengajak masyarakat dari semua...
Alasan dokter tak rekomendasikan pakai masker scuba
Jumat, 18 September 2020 - 12:50 WIB
Pakar kesehatan belakangan ini tidak merekomendasikan masyarakat mengenakan masker scuba karena tida...
Bagaimana cara meredakan stres dalam pernikahan?
Kamis, 17 September 2020 - 23:15 WIB
 Stres akibat pernikahan pengaruhnya sama buruknya untuk kesehatan seperti merokok. Stres dalam men...
WHO: Satu dari tujuh infeksi COVID-19 terjadi pada petugas kesehatan
Kamis, 17 September 2020 - 21:25 WIB
Satu dari tujuh kasus COVID-19 yang dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terjadi pada petu...
 Bagaimana sebaiknya posisi penis di celana dalam?
Rabu, 16 September 2020 - 23:15 WIB
Walau terkesan sederhana, kebanyakan pria dilema menentukan posisi penis saat memakai celana dalam. ...
Masyarakat terpapar COVID-19 di Langkat melonjak
Rabu, 16 September 2020 - 20:36 WIB
Sejak dua bulan terakhir terjadi lonjakan jumlah warga Kabupaten Langkat, Sumut, yang terpapar COVID...
Ketum Partai Emas dukung pemberlakuan kembali PSBB di Jakarta
Rabu, 16 September 2020 - 13:11 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). A...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV