Kapan harus membersihkan alat vital dan bagaimana cara yang benar?
Elshinta
Kamis, 30 Juli 2020 - 23:15 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
 Kapan harus membersihkan alat vital dan bagaimana cara yang benar?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2D0apcA

Elshinta.com - Jangan anggap remeh manfaat dari kebiasaan membersihkan area kelamin bagi pria. Kerak cairan dan kotoran ini akan menjadi rumah yang ideal bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak.

Bagian kelamin yang perlu dibersihkan adalah penis, kantong zakar (skrotum), rambut di sekitar organ kelamin, dan area anus. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kapan dan bagaimana membersihkan penis yang benar:

Sebelum berhubungan intim
Sebaiknya cuci dulu penis sebelum naik ke ranjang. Hal ini tidak hanya akan memberikan pengalaman seks yang lebih baik untuk pasangan tapi juga lebih sehat dan bersih.

Setelah berhubungan intim
Membersihkan penis setelah bercinta juga tak kalah pentingnya. Ini dilakukan untuk membilas bersih segala cairan tubuh yang mungkin menempel pada penis. Jadi, jangan cuma mengelap penis dengan tisu.

Selalu bilas dengan air hangat dan sabun untuk menjaga kebersihan dan kesehatan penis. Bersihkan selama 10 sampai 15 menit. Bila caranya benar, dapat mengurangi risiko HIV dan infeksi menular seksual lainnya.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2PaasVL

Setelah masturbasi
Meski cairan yang ada tak sebanyak saat berhubungan seksual. Tetapi, tetap saja perlu membersihkannya usai masturbasi. Pastikan membersihkannya memakai sabun dan air. Jika menggunakan alat bantu seks, pastikan membersihkan alat tersebut menggunakan sabun dan air, lalu mengeringkannya.

Setelah berkemih
Membersihkan organ kelamin dengan air setelah berkemih sangat bermanfaat dalam menjaga kebersihan diri. Kebiasaan ini sangat penting untuk menjaga fungsi kelamin pria seperti ereksi, ejakulasi, dan reproduksi tetap optimal.

Saat pria berkemih, sebaiknya pastikan semua urine telah keluar sepenuhnya. Hal ini sangat mungkin dikarenakan saluran kencing laki-laki tidak berbentuk lurus sehingga berpotensi menyisakan sedikit urine.

Cara membersihkan yang benar:

 

Ilustrasi. Sumber foto: https://philips.to/3hPFqid


Setelah berkemih
Untuk memastikan air urine telah keluar dengan tuntas, bisa dengan menggoyangkan penis sebentar. Jika perlu, tekan dengan lembut saluran kencing sekitar kantong zakar atau skrotum sebagaimana di bagian ini biasa tertinggal sisa-sisa air kencing. Disarankan untuk membersihkan penis dengan air setiap hari. Jika perlu, gunakan sabun tanpa parfum. 

Penis yang sudah disunat 
Penis yang sudah disunat lebih mudah untuk dibersihkan. Bilas penis dengan air hangat dan gosok dengan lembut. Kemudian bilas hingga bersih dengan air yang mengalir.

Penis yang belum disunat 
Cara membersihkan penis yang tidak disunat mungkin sedikit lebih rumit, harus ekstra hati-hati dalam merawat kulit kulup yang kendur menutupi kepala penis. Perlahan tarik kulit kulup ke atas sampai batas maksimalnya.

Jangan tarik paksa kulit kulup karena dapat mencederai penis dan menyebabkan luka jaringan parut. Sabuni kulit di bawah kulup dan gosok lembut. Kemudian bilas sisa sabun hinga benar-benar bersih seluruhnya. Dorong kembali kulit kulup ke posisi semula dengan perlahan.

Bagian kulup penis yang tidak disunat dapat menjadi sarang bakteri yang dapat memicu infeksi saluran kemih. Selain itu, infeksi pada kelamin pria juga dapat disebabkan jamur di sekitar ujung dan kulup penis. 

Testis 
Testis menyimpan keringat dan minyak paling banyak yang bisa menjadi biang keladi bau tak menyengat di area selangkangan. Maka daerah ini perlu sering-sering dicuci. T

erlebih selangkangan sering tertutupi oleh pakaian dalam hampir sepanjang hari. Angat penis untuk membersihkan lokasi yang sulit untuk dicapai. Lakukan dengan hati-hati pada area sensitif ini.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2Di8Lmm

Rambut kemaluan
Memangkas atau memotong rambut kemaluan juga sangat disarankan. Sebab, rambut kemaluan merupakan tempat menyimpan keringat dan minyak paling banyak.

Sehingga menjadi penyebab timbulnya bau tidak sedap pada area selangkangan. Namun, sebaiknya jangan memangkasnya terlalu pendek karena dapat mengakibatkan munculnya infeksi.

Setelah selesai membersihkan penis, pastikan untuk mengeringkannya dengan baik dan menyeluruh. Hindari menaburkan bedak dan menyemprotkan deodoran. Membersihkan penis dengan sabun pada dasarnya sangat dianjurkan.

Gunakan sabun yang tidak terlalu keras, sebab mampu merusak pH alat kelamin. Jangan pula menggunakan sabun secara berlebihan, karena dapat menyebabkan iritasi dan munculnya rasa perih pada penis.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Mengapa pria bisa meninggalkan wanita meskipun masih cinta? Ini alasannya
Jumat, 18 September 2020 - 23:15 WIB
Tidak hanya wanita, pria juga termasuk makhluk yang susah ditebak. Meskipun banyak yang bilang bahwa...
Pemerintah tambah ruang isolasi tampung 14 ribu pasien COVID-19
Jumat, 18 September 2020 - 21:11 WIB
Pemerintah menambah fasilitas kesehatan termasuk ruang isolasi untuk pasien COVID-19 dengan memanfaa...
15.000 anak Indonesia terpapar Covid-19
Jumat, 18 September 2020 - 19:48 WIB
Sebanyak 15.000 anak usia hingga 14 tahun di Indonesia terpapar Covid-19. Dari jumlah itu 165 mening...
Ahli gizi: Waspadai potensi obesitas saat pandemi COVID-19
Jumat, 18 September 2020 - 16:11 WIB
Dosen Politeknik Kesehatan Denpasar, Jurusan Gizi Ni Made Yuni Gumala mengajak masyarakat dari semua...
Alasan dokter tak rekomendasikan pakai masker scuba
Jumat, 18 September 2020 - 12:50 WIB
Pakar kesehatan belakangan ini tidak merekomendasikan masyarakat mengenakan masker scuba karena tida...
Bagaimana cara meredakan stres dalam pernikahan?
Kamis, 17 September 2020 - 23:15 WIB
 Stres akibat pernikahan pengaruhnya sama buruknya untuk kesehatan seperti merokok. Stres dalam men...
WHO: Satu dari tujuh infeksi COVID-19 terjadi pada petugas kesehatan
Kamis, 17 September 2020 - 21:25 WIB
Satu dari tujuh kasus COVID-19 yang dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terjadi pada petu...
 Bagaimana sebaiknya posisi penis di celana dalam?
Rabu, 16 September 2020 - 23:15 WIB
Walau terkesan sederhana, kebanyakan pria dilema menentukan posisi penis saat memakai celana dalam. ...
Masyarakat terpapar COVID-19 di Langkat melonjak
Rabu, 16 September 2020 - 20:36 WIB
Sejak dua bulan terakhir terjadi lonjakan jumlah warga Kabupaten Langkat, Sumut, yang terpapar COVID...
Ketum Partai Emas dukung pemberlakuan kembali PSBB di Jakarta
Rabu, 16 September 2020 - 13:11 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). A...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV