Bagaimana mengenali tanda saat pria sedang cemburu?
Elshinta
Jumat, 07 Agustus 2020 - 23:15 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Bagaimana mengenali tanda saat pria sedang cemburu?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/33xIawM

Elshinta.com - Kecemburuan muncul karena adanya keinginan untuk menutupi perasaan dan sikap orang lain yang dianggap menyakitkan. Biasanya, hal ini terjadi akibat adanya rasa malu, tidak aman, dan kepemilikan dalam sebuah hubungan.

Perasaan ini dapat muncul pada pria maupun wanita. Berbeda dengan wanita yang sering secara gamblang menunjukkan perasaannya, pria justru jarang menunjukkan rasa cemburunya.

Hal ini bisa jadi karena mereka terlalu gengsi untuk mengatakannya. Sehingga wanita sering tak sadar bahwa pasangannya sedang cemburu. Namun sebenarnya tetap ada tanda yang terlihat. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut tanda bahwa seorang pria sedang cemburu berat:

Jadi pendiam
Ada juga pria yang memilih untuk diam ketika cemburu. Daripada marah-marah, ia lebih memilih diam sembari mendinginkan kepala dan perasaan.

Pria seperti ini biasanya adalah sosok yang memiliki banyak perhitungan, karena tak ingin menyakiti hati pasangannya, ia memilih untuk menyembunyikan rasa cemburunya seorang diri. Pria tipe ini tidak ingin merusak hubungan akibat rasa cemburu yang bisa berakibat meluapnya amarah dalam dirinya.

Membalas pesan dengan nada dingin
Jika pria membalas pesan dengan nada 'dingin' atau lama baru dibalas, bisa jadi ia sedang cemburu. Namun, untuk memastikan hal tersebut ada baiknya wanita bertanya apa alasan mengapa tak kunjung membalas pesan. Agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/30Aym3h

Banyak bertanya
Jika pria tiba-tiba jadi banyak bertanya dan seakan ingin tahu seluruh kegiatan, termasuk dengan siapa pergi, berarti ia sedang cemburu. Jika sudah begini, wanita harus bersikap tenang dan jawab pertanyaannya dengan sabar. 

Menuduh tidak jelas
Salah satu pemicu munculnya rasa cemburu adalah rasa cemas dan takut. Pria merasa tidak berdaya dan menyebabkan mereka membuat tuduhan yang tidak berdasar.

Oleh karena itu, pria yang suka menuduh macam-macam tanpa bukti yang jelas biasanya akan minta untuk terus diyakinkan bahwa pasangannya hanya mencintai dirinya.

Sensitif
Pria yang cemburu terlihat lebih sensitif sekaligus gengsi, jika berhubungan dengan hal yang membuat harga dirinya sebagai lelaki tersakiti. Hal-hal kecil yang tadinya tidak begitu penting bisa membuatnya emosi.

Pria lebih memilih menunjukkan rasa cemburunya lewat gestur dan bahasa tubuh. Rasa gengsi kalau ketahuan cemburu membuat cowok lebih memilih menyembunyikan perasaannya, walau sebenarnya rasa kesal sudah sampai ke kepala.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3gEbcyr

Cemberut
Selain menunjukkan gestur tubuh yang berbeda, ada juga pria yang menunjukkan rasa cemburunya dengan memasang wajah cemberut. Muka yang cemberut sebenarnya adalah representasi dari rasa kecewanya. Selain cemberut, ia pun akan malas-malasan saat berbicara dengan pasangannya.

Posesif
Posesif merupakan sifat seseorang yang senang membatasi gerak-gerik pasangannya. Sifat posesif ini sering menjadi sumber masalah pertengkaran.

Walaupun terlihat tidak berbahaya, sifat ini bisa menjadi awal mula hubungan yang tidak sehat. Batasan memang berguna untuk menciptakan kenyamanan di antara pasangan, tetapi jika berlebihan tentu hal ini membuat pasangan merasa terkekang.

Mengumbar kemesraan 
Bila pria tiba-tiba jadi sering mengumbar kemesraan hubungan, baik itu di dunia nyata maupun di media sosial, artinya tanda bahwa ia sedang cemburu.

Ini merupakan salah satu cara untuk mengatakan kepada dunia bahwa kamu adalah miliknya. Meski terkesan manis dan romantis, ternyata kecemburuan semacam ini biasanya tidak sehat dalam sebuah hubungan.

Tidak pandai menyimpan emosi
Pria yang tidak pintar menyimpan emosi, biasanya ketika cemburu akan terlihat marah dan mulai teriak. Hal yang bisa dilakukan wanita adalah menunggunya sampai tenang baru mengajaknya berbicara. Namun, bila sudah sulit untuk diajak bicara, maka sudah saatnya wanita mengevaluasi kembali hubungan tersebut.

 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3a43sTS

Terus terang
Ada juga sebagian dari pria yang memilih untuk langsung bilang kepada pasangannya bahwa ia cemburu. Sosok yang seperti ini jarang ditemui.

Sebab tindakannya untuk menyatakan rasa cemburu secara langsung menjadi indikasi bahwa sosoknya nyaman berada di samping pasangannya. Artinya juga tingkat komunikasi sebagai pasangan telah berada di tahap yang lebih tinggi dari pasangan lain.

Suka stalking
Saat cemburu, pria jadi lebih sering meminjam ponsel pasangannya untuk melihat dengan siapa saja chattingan, dengan siapa telepon, sampai membuka galeri ponselnya.

Bahkan ada pula yang menanyakan password media sosial pasangannya karena merasa harus memeriksa dengan siapa saja pasangannya berkomunikasi. 

Membatasi interaksi 
Salah satu tanda bahwa pria sedang cemburu berat adalah mulai menjauhkan pasangannya dari lawan jenis. Pria tidak ingin pasangannya menghabiskan waktu dengan siapa pun, termasuk keluarga dan teman.

Hal yang paling pria takutkan adalah adanya orang lain yang menyarankan untuk meninggalkan dirinya. Oleh karena itu, ‘pengasingan’ ini dilakukan agar pria memiliki kontrol penuh pada pasangannya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Mengapa pria bisa meninggalkan wanita meskipun masih cinta? Ini alasannya
Jumat, 18 September 2020 - 23:15 WIB
Tidak hanya wanita, pria juga termasuk makhluk yang susah ditebak. Meskipun banyak yang bilang bahwa...
Pemerintah tambah ruang isolasi tampung 14 ribu pasien COVID-19
Jumat, 18 September 2020 - 21:11 WIB
Pemerintah menambah fasilitas kesehatan termasuk ruang isolasi untuk pasien COVID-19 dengan memanfaa...
15.000 anak Indonesia terpapar Covid-19
Jumat, 18 September 2020 - 19:48 WIB
Sebanyak 15.000 anak usia hingga 14 tahun di Indonesia terpapar Covid-19. Dari jumlah itu 165 mening...
Ahli gizi: Waspadai potensi obesitas saat pandemi COVID-19
Jumat, 18 September 2020 - 16:11 WIB
Dosen Politeknik Kesehatan Denpasar, Jurusan Gizi Ni Made Yuni Gumala mengajak masyarakat dari semua...
Alasan dokter tak rekomendasikan pakai masker scuba
Jumat, 18 September 2020 - 12:50 WIB
Pakar kesehatan belakangan ini tidak merekomendasikan masyarakat mengenakan masker scuba karena tida...
Bagaimana cara meredakan stres dalam pernikahan?
Kamis, 17 September 2020 - 23:15 WIB
 Stres akibat pernikahan pengaruhnya sama buruknya untuk kesehatan seperti merokok. Stres dalam men...
WHO: Satu dari tujuh infeksi COVID-19 terjadi pada petugas kesehatan
Kamis, 17 September 2020 - 21:25 WIB
Satu dari tujuh kasus COVID-19 yang dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terjadi pada petu...
 Bagaimana sebaiknya posisi penis di celana dalam?
Rabu, 16 September 2020 - 23:15 WIB
Walau terkesan sederhana, kebanyakan pria dilema menentukan posisi penis saat memakai celana dalam. ...
Masyarakat terpapar COVID-19 di Langkat melonjak
Rabu, 16 September 2020 - 20:36 WIB
Sejak dua bulan terakhir terjadi lonjakan jumlah warga Kabupaten Langkat, Sumut, yang terpapar COVID...
Ketum Partai Emas dukung pemberlakuan kembali PSBB di Jakarta
Rabu, 16 September 2020 - 13:11 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). A...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV