Di tengah pandemi, inilah rangkaian acara peringatan HUT ke-75 RI
Elshinta
Jumat, 07 Agustus 2020 - 14:05 WIB | Penulis : Dewi Rusiana | Editor : Dewi Rusiana
Di tengah pandemi, inilah rangkaian acara peringatan HUT ke-75 RI
Suasana konferensi pers terkait peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia yang digelar di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (6/8). Foto: BPMI

Elshinta.com - Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara telah menggaungkan nuansa Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia ke berbagai pemerintah daerah dan kementerian/lembaga sejak bulan Juli.

Memasuki bulan Agustus ini, kemeriahan, nuansa, dan aura kemerdekaan pun semakin bertambah dengan berbagai kegiatan kenegaraan.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono dalam acara konferensi pers terkait Peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia, yang digelar di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (6/8).

“Memasuki bulan Agustus ada beberapa kegiatan kenegaraan, mulai dari tanggal 13, 14, 15, dan 17, di mana nanti tanggal 13 ada kegiatan acara di Istana mungkin memberi penganugerahan tanda jasa. Lantas sebagaimana kita ketahui tahun-tahun lalu ada Paskibraka, nanti kita tetap kukuhkan tetapi di sini agak sedikit berbeda,” jelas Heru, seperti diinformasikan melalui laman resmi Setkab

Pengukuhan Paskibraka tahun ini hanya akan diikuti oleh 8 orang Paskibraka yang telah terpilih pada tahun 2019 lalu. Seperti diketahui, seleksi Paskibraka tahun ini ditiadakan sebagai bagian dari protokol pencegahan penyebaran pandemi COVID-19.

“Bapak Presiden akan mengukuhkan anak-anak muda kita yang 8 orang, selanjutnya yang mewakili tingkat provinsi itu akan dilakukan pengukuhan via video conference. Sehingga generasi muda tetap bisa memberikan apresiasinya melalui Paskibra yang akan nanti dilanjutkan dengan mereka bertugas pada tanggal 17 Agustus baik itu penaikan maupun penurunan bendera,” jelasnya.

Setelah itu, pada tanggal 14 Agustus 2020, Presiden Joko Widodo dijadwalkan untuk menyampaikan pidato kenegaraan di MPR/DPR. Kasetpres menegaskan bahwa panitia bersama dengan MPR/DPR akan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

“Mungkin minimalis. Ruangannya dari total 100 persen, harus (diisi hanya) 50 persen. Itulah menjadi tantangan bagi kami kita semuanya untuk bisa menghadapi ini, bekerja produktif tetapi semua pesan kegiatan tersampaikan,” imbuhnya.

Untuk acara puncak pada 17 Agustus 2020, Kasetpres menjelaskan bahwa panitia yang terdiri atas berbagai kementerian akan bersinergi untuk memberikan nuansa HUT ke-75 RI tetap berlangsung secara meriah. Berbagai acara baik berupa hiburan maupun edukasi kepada masyarakat, akan disiarkan melalui televisi sebelum upacara peringatan detik-detik proklamasi dimulai.

“Prosesnya adalah penaikan bendera tetap kami lakukan. Kami memutuskan di Istana sangat minimalis, artinya pengibar bendera dari Paskribraka hanya 3 orang, ditambah mungkin cadangan. Pasukan yang ada selama ini, tahun lalu cukup penuh di lapangan Istana, maka (tahun ini) setiap perwakilan matra itu hanya ada 5 orang,” ungkapnya.

Terkait dengan undangan, Kasetpres menjelaskan bahwa meski secara fisik tidak mengundang, tetapi masyarakat bisa mengikuti acara di Istana secara virtual. Demikian juga dengan para pejabat dan undangan VVIP yang boleh hadir melalui konferensi video.

“Tahun lalu kami mengundang masyarakat di Istana bisa hadir secara fisik. Tahun ini kami siapkan undangan bagi masyarakat sebanyak 17.845 undangan untuk seluruh warga yang ingin menyaksikan langsung dari media elektronik,” jelasnya.

Kemeriahan HUT ke-75 RI juga akan ditambah dengan adanya lomba-lomba yang telah disiapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Kementerian BUMN. Kasetpres berharap, kondisi pandemi COVID-19 tidak lantas menjadi hambatan untuk berkreasi.

“Jadi nuansa ini kita berkreasi, bukan menjadi hambatan kondisi new normal ini, tetapi marilah kita kreatif untuk menghadapi ini semua. Ini kan tidak bisa kita tolak, tetapi harus kita hadapi, tentunya dengan semangat kita, dengan IT yang ada. Jadi kami tetap melaksanakan upacara di Istana dan undangan yang hadir secara fisik di Istana sangat sangat terbatas,” pungkasnya. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Forum KS Telaga Jernih gelar dialog semangat persatuan dalam bingkai NKRI dimasa COVID-19
Selasa, 22 September 2020 - 22:11 WIB
Forum Keserasian Sosial (KS) Desa Telaga Jernih, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumatera U...
Satgas: Kasus positif COVID-19 per pekan naik 8,4 persen
Selasa, 22 September 2020 - 20:28 WIB
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menunjukkan data perkembangan kasus positif COVID-19 per p...
Sambut HUT TNI ke-75, Kodam VI/Mulawarman gelar baksos donor darah
Selasa, 22 September 2020 - 19:55 WIB
Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-75 tahun 2020. Kod...
Demo di empat BUMN di Medan, minta Menteri BUMN dicopot
Selasa, 22 September 2020 - 19:29 WIB
 Aliansi Pemuda Sumatera Utara (APSU) berunjukrasa di empat BUMN yang ada di Kota Medan mendesak ag...
Kemensos dukung penuh penyusunan RUU tentang Kesejahteraan Lansia
Selasa, 22 September 2020 - 17:50 WIB
Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI, Harry Hikmat memenuhi Rapat Dengar Pend...
Momentum TBSU hidupkan kembali Tapian Daya
Selasa, 22 September 2020 - 17:27 WIB
Ketua Umum Dewan Kesenian Sumatera Utara Baharuddin Saputra, SH menegaskan saat ini momentum tepat U...
Dandim Boven Digoel berangkatkan 59 personel TMMD 109 ke wilayah perbatasan RI-PNG
Selasa, 22 September 2020 - 17:16 WIB
Komandan Kodim (Dandim) 1711/Boven Digoel Letkol Czi Daniel Panjaitan memberangkatkan personel S...
Kunjungi DPRD, Kapolda Kaltara minta masukan dan saran
Selasa, 22 September 2020 - 16:40 WIB
Belum satu bulan menjabat Kapolda Kalimantan Utara rupanya sudah tak sabar menemui para rekan kerjan...
Kunjungi Gubernur, Kapolda Kaltara bahas beberapa hal ini
Selasa, 22 September 2020 - 16:17 WIB
Sinergritas yang dibangun Polda Kalimantan Utara bukan hanya antara TNI dan Polri namun juga dengan ...
Ikatan Apoteker Indonesia: 800 apoteker telah terpapar COVID-19
Selasa, 22 September 2020 - 15:50 WIB
Ketua Bidang Apoteker Advance dan Spesialis PP Ikatan Apoteker Indonesia Prof Dr Kerry Lestari Danda...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV