Penyebab eyeliner luntur yang perlu dihindari
Elshinta
Senin, 10 Agustus 2020 - 10:31 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
 Penyebab eyeliner luntur yang perlu dihindari
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3ioPBKN

Elshinta.com - Permasalahan eyeliner luntur memang sering dialami para pengguna makeup. Umumnya, eyeliner yang luntur akan mengotori area bawah mata dan bagian kelopak. Dihilangkan dengan air ataupun digosok dengan tangan atau tisu tidak bisa bersih dan maksimal.

Kalau dihapus dengan makeup remover, maka makeup mata akan hilang. Sehingga yang awalnya ingin terlihat cantik malah akan terlihat berantakan. Lantas, sebenarnya apa yang mwater[enjadi penyebab eyeliner luntur? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut penyebab eyeliner bisa luntur: 

Tidak waterproof
Penyebab utama mengapa eyeliner mudah luntur padahal belum lama diaplikasikan adalah produk yang digunakan tidak waterproof. Agar eyeliner yang digunakan tidak mudah luntur karena keringat maupun air, gunakanlah produk eyeliner berkualitas tinggi dan waterproof.

Tidak menggunakan primer eyeshadow
Primer khusus mata umumnya akan membuat kelopak mata menjadi lebih lembut sekaligus mampu menahan produksi minyak berlebih pada kelopak mata. Kehadiran primer tidak hanya dibutuhkan untuk menutupi permasalahan pada wajah.

Bagian lainnya, seperti kelopak mata juga membutuhkan primer khusus eyeshadow agar hasil dari eye makeup lebih sempurna, khususnya eyeliner. Primer eyeshadow yang diaplikasikan ke seluruh kelopak mata hingga area eyeliner berfungsi untuk membuat eyeliner tahan lama dan tidak luntur.

Menggunakan penjepit bulu mata setelah memakai eyeliner
Mengaplikasikan eyeliner sebelum menjepit bulu mata merupakan kesalahan fatal yang perlu dihindari. Jika eyeliner lebih dulu diaplikasikan, maka akan rusak dan luntur akibat menjepit bulu mata.

Eyeliner dapat menempel pada penjepit bulu mata. Selain jadi bergeser, eyeliner pun jadi tertinggal pada penjepit bulu mata yang akhirnya malah berujung akan mengotori kelopak mata pada penggunaan berikutnya.

Tidak melakukan layering
Kegunaan dari layering adalah untuk membuat eyeliner melekat lebih sempurna pada garis mata sehingga tidak mudah luntur. Penyebab lain yang membuat eyeliner luntur adalah tidak mengaplikasikan eyeliner secara layering. Tips melakukan layering yang benar adalah memberikan jeda pada layer pertama sebelum menimpanya dengan layer kedua.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3kDVNAK

Tidak menggunakan setting spray
Bukan rahasia umum lagi mengenai fungsi dan kegunaan dari setting spray pada makeup. Meskipun kegunaannya mampu mengunci makeup agar awet seharian, nyatanya masih banyak wanita yang mengabaikan produk satu ini.

Efeknya tidak hanya berimbas pada complexion, tapi eyeliner juga akan mudah cepat luntur. Untuk menghindari tampilan eye makeup rusak karena eyeliner luntur, sebaiknya gunakan setting spray.

Tidak sesuai jenis kulit
Memilih produk eyeliner juga harus yang sesuai dengan jenis kulit. Tanpa disadari, kulit kelopak mata yang berminyak ternyata bisa menjadi penyebab eyeliner luntur serta mengotori area bawah maupun kelopak mata.

Bagi yang memiliki kulit kelopak mata mudah berminyak, sebaiknya pilihlah produk dengan formula waterproof dan smudgeproof. Selain itu, hindari pula penggunaan produk dengan tekstur yang lunak, seperti pencil liner atau gel liner.

Tidak set eyeliner
Sama seperti kulit, makeup bagian mata juga perlu kita set biar tahan lama. Caranya bukan dengan bedak, tapi menggunakan eyeshadow dengan warna yang mirip dengan warna eyeliner. Jika gemar menggunakan eyeliner berjenis pensil atau gel, set eyeliner dapat dilakukan menggunakan setting powder berwarna translucent.

Namun, jika khawatir setting powder akan mengurangi intensitas dari eyeliner yang digunakan, eyeshadow berwarna hitam juga bisa menjadi alternatif pengganti.

Eye cream terlalu banyak
Produk skin care yang digunakan dapat menjadi salah satu penyebab eyeliner luntur. Krim mata atau pelembap yang bertekstur kental dan memiliki kandungan oil di dalamnya dapat menyebabkan eyeliner mudah bergeser dan mengotori area bawah mata.

Pastikan untuk menggunakan krim mata atau pelembap yang memiliki tekstur ringan di kulit dan mampu menyerap dengan cepat. Jika menginginkan hidrasi yang lebih, gunakan pelembap yang kental pada malam hari saja.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Apa penyebab makeup tidak bisa tahan seharian?
Senin, 28 September 2020 - 11:14 WIB
Umumnya, makeup yang terlihat sempurna itu hanya terjadi di pagi hari atau saat baru menyelesaikan r...
Selain wajah, mengapa bagian tubuh ini juga wajib dioleskan sunscreen?
Senin, 21 September 2020 - 09:36 WIB
Memakai sunscreen atau tabir surya merupakan hal yang wajib dilakukan agar tetap terlindungi dari si...
Hal-hal yang harus dilakukan sebelum mencoba skincare baru
Senin, 14 September 2020 - 10:16 WIB
Bagi pemula, tentu juga merasa bingung saat akan mencoba skincare. Banyaknya produk dan tahapan-taha...
 Kesalahan pada rambut yang membuat wajah terlihat lebih tua
Senin, 07 September 2020 - 09:29 WIB
Banyak wanita yang terkadang menyepelekan rambut mereka. Padahal ternyata rambut memberi pengaruh ba...
 Bagaimana cara makeup untuk kulit berjerawat agar terlihat mulus?
Senin, 31 Agustus 2020 - 10:45 WIB
Meskipun saat ini sudah banyak sekali produk-produk kecantikan yang bisa digunakan, jika tidak menge...
 Hindari kesalahan ini saat menggunakan bedak
Senin, 24 Agustus 2020 - 10:57 WIB
Sepintas, mengaplikasikan bedak memang tampak mudah. Kendati demikian, ternyata ada beberapa kesalah...
 Penyebab eyeliner luntur yang perlu dihindari
Senin, 10 Agustus 2020 - 10:31 WIB
Permasalahan eyeliner luntur memang sering dialami para pengguna makeup. Umumnya, eyeliner yang lunt...
Tahapan skin care untuk mendapatkan kulit wajah bersinar
Senin, 03 Agustus 2020 - 09:43 WIB
Seiring bertambahnya usia, tak dapat dipungkiri kandungan kolagen, elastin dan asam hialuronat dalam...
Kebiasaan tak terduga yang membuat kulit cepat tua
Senin, 27 Juli 2020 - 10:34 WIB
 Ada banyak racun dan partikel yang mudah menguap di lingkungan yang membuat cepat tua. Meskipun ba...
Bahan skincare berikut ini yang membuat kulit wajah bersinar
Senin, 20 Juli 2020 - 08:33 WIB
Memerhatikan komposisi bahan yang ada dalam skincare merupakan kunci dari keberhasilan perawatan kul...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV