Cara beli sepatu online agar tidak salah ukuran
Elshinta
Kamis, 13 Agustus 2020 - 10:34 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
 Cara beli sepatu online agar tidak salah ukuran
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3iy136Y

Elshinta.com - Belanja sepatu lewat online shop memberi banyak pilihan yang menawarkan model dan motif yang beragam, harga yang kompetitif tentu menjadi pertimbangan. Tapi belanja sepatu daring rupanya memiliki sisi negatif, yakni sulitnya menemukan sepatu yang sesuai dengan gambar dan deskripsi.

Calon pembeli juga tidak bisa mencoba langsung sepatu itu apakah nyaman dipakai dan ukurannya sudah pas atau belum. Jika salah membeli maka akan muncul penyesalan. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini cara agar tidak salah ukuran saat membeli sepatu online:

Mengukur telapak kaki lebih dulu
Meski sudah tahu ukuran yang dipakai, mengukur telapak kaki tetap harus dilakukan. Soalnya kadang ada sepatu yang beda merek beda panjangnya juga. Biar ukurannya pas, letakkan telapak kaki pada kertas dan tariklah garis dengan pensil.

Ukur panjang kaki dari ujung jempol hingga ke tumit. Karena kebanyakan orang memiliki kaki dengan ukuran berbeda jadi lakukan pengukuran kaki untuk kedua sisi. Dengan cara ini, ukuran sepatu dapat diketahui untuk merek yang berbeda dengan memeriksa grafik konversi.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2PNEEpY

Perbesar gambar
Salah satu tantangan terbesar dalam membeli sepatu online adalah sulit untuk mendapatkan kualitas sepatu yang sesuai keinginan. Jadi, cobalah berbelanja dengan penjual yang memiliki gambar produk yang jelas dari berbagai sudut dan memungkinkan untuk diperbesar, itu akan menjadi pilihan yang lebih baik. Sehingga dapat melihat warna dan tekstur dari bahan yang digunakan.

Sepatu model
Dengan melihat sepatu yang dikenakan oleh model itu akan membantu dalam memilih sepatu yang sesuai dan cocok saat digunakan. Dengan melihat gambar sepatu yang dikenakan model, akan terlihat berapa banyak pembelahan jari kaki yang diperlihatkan, atau penempatan tali pergelangan kaki panjang atau pendek.

Jika gambar yang dinginkan tidak tersedia, cobalah mencari foto di tempat lain. Penjual online lain memiliki cara yang berbeda dalam menyajikan produk mereka dan berbagai gambar yang difoto dengan pencahayaan atau gaya yang berbeda.

Minta detail sepatu
Tidak ada salahnya minta penjual untuk memotret detail sepatu. Minta penjual untuk menunjukkan label ukuran yang ada di lidah sepatu. Tak hanya itu, minta juga foto jahitan serta insole dan outsole agar bisa memastikan keaslian produknya. Memang terkesan rewel, tapi lebih baik daripada tertipu. 

Beli merek yang pernah dibeli 
Kalau ingin aman, ambil sepatu dengan merek yang sudah pernah dibeli sebelumnya. Karena sudah pernah beli merek yang sama,maka memiliki pemahaman yang lebih baik tentang ukuran apa yang didapat dan bagaimana sepatu itu akan pas di kaki.

Harga terjangkau
Keuntungan membeli sepatu lewat online adalah sepatu tersebut belum pernah dicoba oleh pembeli lain dan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan membeli langsung di tokonya.

Sepatunya pun lebih lengkap dibandingkan dengan toko sebenarnya, misal dalam pemilihan warna. Sehingga bisa memilih sepatu dengan harga yang terjangkau sesuai dengan dana yang dimiliki.

llustrasi, Sumber foto: https://bit.ly/2XU95PR

Cek testimoni pelanggan 
Cek komentar pada unggahan sepatunya. Kalau ada pelanggan yang menyertakan gambar, juga bisa melihat detail dari gambar tersebut. Jika belinya lewat Instagram, cek testimoni yang biasa dimasukkan dalam highlight. Jika tidak ada, lihat dari tagged saja.

Baca dengan teliti aturan return policy
Sebelum membeli, baca baik-baik seperti apa. Umumnya, online shop sepatu terpercaya akan memberikan garansi penukaran jika barang yang didapat tidak sesuai foto atau salah ukuran. 

Pastikan mereka mempunyai aturan full refund atau pengembalian barang yang tidak repot nantinya. Cari toko online yang memiliki aturan bisa mengganti barang secara gratis.

Cara pengiriman yang ditawarkan
Teliti membaca ketentuan dari proses pengiriman. Pastikan kurir apa yang dipakai dan pilihan yang tersedia, berapa ongkos kirim yang harus dibayarkan.

Harus benar-benar detail mengeceknya agar tidak terjadi kesalahan setelahnya. Jangan lupa harus menyimpan struk pembayaran untuk berjaga-jaga jika barang yang datang tidak sesuai.


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kemenko Perekonomian: Transaksi e-commerce 2020 meningkat
Senin, 19 Oktober 2020 - 15:26 WIB
Staf Ahli Menteri Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan SDM Kemenko Perekonomian Mira Tayyib...
 Hal-hal yang harus diperhatikan saat akan membeli barang mahal
Kamis, 24 September 2020 - 09:49 WIB
 Belanja selalu menjadi aktivitas menyenangkan untuk sebagian besar orang. Membeli barang mahal bag...
Ini alasan mengapa window shopping memiliki banyak manfaat
Kamis, 17 September 2020 - 10:03 WIB
Bukan terkesan pelit atau hanya sekadar ingin coba-coba. Tujuan window shopping bukan ingin menghabi...
Ini alasan mengapa tidak perlu malu membeli barang bekas
Kamis, 10 September 2020 - 09:31 WIB
Salah satu cara untuk menekan pengeluaran adalah dengan membeli barang-barang bekas atau preloved. ...
 Bagaimana cara menghemat belanja make up?
Kamis, 03 September 2020 - 10:13 WIB
Tidak semua produk make up yang ada saat ini harus dimiliki semuanya, cukup membeli make up yang dib...
 Ternyata ada manfaatnya mengajak anak belanja bersama
Kamis, 27 Agustus 2020 - 09:27 WIB
Terkadang orang tua enggan mengajak anak belanja ke supermarket karena anak suka minta macam-macam d...
 Cara beli sepatu online agar tidak salah ukuran
Kamis, 13 Agustus 2020 - 10:34 WIB
Belanja sepatu lewat online shop memberi banyak pilihan yang menawarkan model dan motif yang beragam...
 Rahasia cara membeli barang bekas agar tak menyesal
Kamis, 06 Agustus 2020 - 09:17 WIB
Banyak orang yang merasa malu membeli barang bekas. Padahal membeli barang bekas adalah salah satu c...
Cara aman COD ketika belanja online
Kamis, 30 Juli 2020 - 10:02 WIB
Sistem COD dianggap aman karena meminimalisir risiko penipuan tapi tetap memiliki celah untuk tinda...
Apa saja barang yang paling banyak dibeli ibu-ibu saat belanja online?
Kamis, 23 Juli 2020 - 10:34 WIB
Berbelanja online memang sangat memudahkan dalam memenuhi kebutuhan sekaligus menghemat waktu. Ada 4...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV