Bagaimana membuat kamar mandi minimalis agar tetap nyaman?
Elshinta
Jumat, 14 Agustus 2020 - 13:20 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
 Bagaimana membuat kamar mandi minimalis agar tetap nyaman?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3gVuIqn

Elshinta.com - Menata kamar mandi minimalis agar memuat segala sesuatu di dalam ruang yang tersedia adalah tidak mudah. Ukuran kamar mandi yang terbatas selain tak nyaman, juga menjadi hambatan untuk terlihat cantik.

Ada beberapa tantangan yang harus dihadapi seperti memadukan kloset dan wastafel, menyediakan ruang yang cukup untuk mandi dan, menentukan tempat handuk. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara menata kamar mandi minimalis: 

Wastafel sudut
Posisi wastafel di kamar mandi terkadang dapat mengganggu jalur pergerakan yang tersedia di kamar mandi. Menempatkan wastafel sudut di seberang kloset akan lebih baik dibanding wastafel di seberang shower.

Bukaan pintu kamar mandi biasanya menciptakan kondisi yang tidak nyaman di ruang sempit. Selain secara visual membuat kamar mandi tampak lebih lapang, pemasangan meja menempel pada dinding di atas lantai membebaskan sedikit ruang untuk barang-barang kecil lainnya.

Gunakan tirai 
Pembatas kaca shower dapat diganti tirai dengan pola dan warna yang menarik. Selain dapat menghemat ruang, tirai juga menambah privasi sekaligus mempercantik tampilan kamar mandi mungil. Pilih bahan yang ringan dan cerah, yang membuat ruangan terlihat lebih lapang.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2DK0rwu

Variasi bentuk meja wastafel
Sudut-sudut meja yang tajam dapat membahayakan di ruang kamar mandi yang sempit. Pilih alternatif meja bergaris lengkung atau bersegi banyak.

Desain meja dengan satu rak dapat berfungsi ganda. Selain dapat digunakan untuk menggantung handuk, bisa juga untuk menyimpan keranjang kertas toilet.

Wastafel model trough
Model wastafel ini selain mungil dan elegan adalah salah satu solusi dengan tampilan ruang yang menarik. Wastafel trough memiliki profil rendah. Apabila dipasang menempel di dinding, wastafel ini akan membebaskan ruang lantai untuk penyimpanan.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3iDpoZ5

Pasanglah cermin berukuran besar
Memasang cermin besar yang memenuhi dinding dapat digunakan sebagi trik untuk menimbulkan kesan lapang di ruang yang sempit. Selain itu, pemakaian cermin besar dapat menghemat ruang sehingga dapat digunakan oleh dua orang sekaligus.

Gunakan keran tempel di dinding
Usahakan memasang keran yang menempel di dinding sehingga memberi ruang yang cukup untuk area wastafel atau meja yang sempit, yang akhirnya membebaskan ruang gerak di seluruh kamar mandi.

Pasanglah gantungan handuk di pintu
Untuk ukuran ruang yang minimal, pemasangan gantungan handuk di pintu kamar mandi akan memiliki fungsi ganda. Selain dapat menghemat ruang, gantungan handuk di pintu akan sangat efisien sehingga mempermudah ruang gerak.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2PQYa4W

Lemari dinding
Cara untuk menjadikan kamar mandi terasa lebih luas adalah dengan menggunakan lemari yang ditempel ke dinding sebagai tempat penyimpanan berbagai peralatan seperti alat cukur, alat mandi, gunting, dan lainnya lemari yang ditempel ke dinding.

Ukuran peralatan kamar mandi
Ukuran toilet, bak mandi, atau bathtub harus sangat diperhatikan untuk kamar mandi sempit. Gunakanlah toilet atau bathtub yang memiliki desain oval dan jangan menggunakan yang berdesain bulat atau kotak.

Toilet dengan desain oval akan menjadikan ruangan kamar mandi terlihat lebih lapang. Pilih juga bentuk dan ukuran wastafel dengan desain yang simpel agar tidak memakan banyak tempat.

Gunakan shower
Shower lebih hemat tempat daripada bathtub. Tapi jika ingin tetap menggunakan bak mandi, sebaiknya pilih bak mandi dengan dinding yang rendah, dasar yang datar, dan bentuk oval. Bak mandi jenis ini bisa juga digunakan untuk shower dan juga bisa digunakan saat ingin berendam.

Gunakan warna cerah
Dalam menata kamar mandi di rumah minimalis menggunakan satu warna utama dalam berbagai corak yang menenangkan. Warna-warna cerah dan netral sangat bagus untuk memantulkan cahaya dan membuat ruang terasa lebih besar.

Menempel bahan alami seperti batu dan porselen, dengan sedikit diberi aksen logam juga akan membantu meningkatkan tampilan kamar mandi rumah.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3fVMMiH

Pintu geser
Pemilihan jenis pintu yang tepat merupakan salah satu trik untuk membuat kamar mandi kecil terlihat lebih luas. Pintu geser akan menghemat tempat karena tidak membutuhkan banyak ruang saat harus dibuka.

Bermainlah dalam pola skala besar
Menggunakan trik pola garis atau bentuk geometris berukuran besar dapat menimbulkan tipuan mata sehingga kamar mandi kecil tampak lebih luas.


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Contoh Kitchen set yang membuat dapur anda terlihat semakin Cantik
Minggu, 27 September 2020 - 13:26 WIB
Contoh kitchen set - Kitchen set ini sangat cocok untuk dapur minimalis Anda. Kitchen set ini berfun...
Kesalahan yang dilakukan saat membersihkan rumah
Jumat, 25 September 2020 - 09:33 WIB
Kegiatan membersihkan rumah biasanya jadi agenda wajib setiap keluarga. Tentu semua ingin rumah menj...
Ketahui apa saja jenis material penyekat ruangan yang biasa digunakan
Jumat, 18 September 2020 - 10:05 WIB
Salah satu elemen penting dalam hunian saat ini adalah partisi ruangan. Partisi berfungsi membatasi ...
Furnitur yang cocok untuk rumah minimalis
Jumat, 11 September 2020 - 10:36 WIB
 Tidak masalah bila memiliki rumah dengan ukuran yang minimalis. Untuk menyiasati ruangan yang terb...
Apa saja jenis sertifikat properti yang harus diketahui?
Jumat, 04 September 2020 - 09:06 WIB
Urusan legalitas pada saat membeli rumah atau properti memang tidak bisa diremehkan. Kelengkapan dok...
Hunian sehat dengan cahaya alami di Alam Sutera ini raih Rekor MURI
Minggu, 30 Agustus 2020 - 17:28 WIB
Hunian di Alam Sutera ini dilaunching dengan disiarkan secara serentak melalui live streaming di 50 ...
Cara merawat rumah agar tahan lama
Jumat, 28 Agustus 2020 - 10:34 WIB
Perawatan rumah bukan hanya membersihkan atau memperbaiki perabot yang rusak, melainkan juga perawat...
Hunian idaman keluarga Joe Taslim
Senin, 24 Agustus 2020 - 14:40 WIB
Fungsi tempat tinggal bagi keluarga itu tidak semata merupakan tempat berteduh saja tetapi juga menj...
 Bagaimana membuat kamar mandi minimalis agar tetap nyaman?
Jumat, 14 Agustus 2020 - 13:20 WIB
Menata kamar mandi minimalis agar memuat segala sesuatu di dalam ruang yang tersedia adalah tidak mu...
Apa saja faktor yang memengaruhi nilai jual rumah?
Jumat, 07 Agustus 2020 - 10:09 WIB
Salah satu jenis properti yang paling diburu oleh masyarakat adalah rumah, jika dibandingkan dengan ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV