PSBB transisi fase 1 Jakarta diperpanjang lagi untuk keempat kalinya
Elshinta
Jumat, 14 Agustus 2020 - 08:44 WIB |
PSBB transisi fase 1 Jakarta diperpanjang lagi untuk keempat kalinya
Petugas menghukum warga yang tidak memakai masker untuk `push up` ketika melintas di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (2/8/2020). Sumber foto: https://bit.ly/2Y0hfpF

Elshinta.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengumumkan bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi fase I diperpanjang untuk keempat kalinya dan akan berlaku selama dua pekan, yakni mulai 14 Agustus hingga 27 Agustus 2020.

"Dengan mempertimbangkan segala kondisi, setelah kami berkonsultasi dengan pakar kesehatan khususnya epidemiolog dan berkoordinasi dengan jajaran Forkopimda pada sore tadi, kami memutuskan untuk kembali memperpanjang PSBB masa transisi di fase pertama ini untuk keempat kalinya hingga 27 Agustus 2020," kata Anies Baswedan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (13/8) malam.

Anies memaparkan indikator yang dijadikan landasan untuk kebijakan ini, pertama dari jumlah terkonfirmasi positif bertambah sebanyak 621 kasus baru sehingga total akumulasi kasus positif di DKI Jakarta menjadi 27.863. 

Adapun kasus aktif di DKI Jakarta atau pasien yang sedang menjalani perawatan di RS maupun isolasi mandiri, saat ini bertambah 119, sehingga total kasus aktif menjadi 9.044 orang.

"Alhamdulillah masyarakat yang telah dinyatakan sembuh di DKI Jakarta bertambah 489 orang, sehingga total secara kumulatif mencapai 17.838. Dengan kata lain, 64 persen dari kasus konfirmasi positif di DKI Jakarta telah kembali beraktivitas. Adapun kasus terkonfirmasi positif yang meninggal dunia bertambah 13 orang, sehingga total menjadi 981 orang. Berdasarkan data itu, tingkat kematian Jakarta sebesar 3,5 persen dan masih di bawah nasional yaitu 4,5 persen," tutur Anies, dikutip Antara

Kedua, Anies juga menyatakan tingkat temuan kasus positif baru atau "positivity rate" di DKI Jakarta yang cenderung meningkat selama sepekan terakhir, yaitu di angka 8,7 persen. 

Akan tetapi, Anies menyebut, jika diakumulasikan sejak awal, "positivity rate" DKI Jakarta berada di angka 5,7 persen yang masih di atas standar "positivity rate" dari WHO untuk dinyatakan aman dan terkendali adalah lima persen.

"Pemprov DKI Jakarta akan berusaha menekan 'positivity rate' dengan tetap meningkatkan kapasitas testing agar memutus mata rantai penularan, sehingga masyarakat yang terkonfirmasi positif apalagi yang tanpa gejala dapat segera mengisolasi diri dan bisa mencegah penularan lebih lanjut," ucapnya.

Karenanya, selama periode ini, Anies menegaskan pihaknya akan memperketat kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan di ruang publik, termasuk saat akhir pekan dan HUT ke-75 RI.

Anies berharap masyarakat semakin waspada atas potensi penularan COVID-19 di DKI Jakarta. Apalagi, data pelanggaran dalam pemakaian masker mengalami peningkatan secara signifikan dalam sepekan terakhir.

Anies menegaskan bahwa jumlah pelanggar dan denda tersebut bukan semata-mata soal pemerintah memberikan sanksi untuk mendapatkan denda. Namun, itu semua tentang kedisiplinan, keselamatan, dan perlindungan bersama.

Anies kembali menekankan sanksi denda progresif yang lebih berat bagi pelanggaran berulang kepada individu maupun kantor/tempat usaha, termasuk penutupan bagi tempat yang masih melanggar pada masa PSBB transisi kali ini.

"Melalui perpanjangan ini, kami bersama aparat Kepolisian dan TNI akan fokus pada penegakan aturan, khususnya penggunaan masker kepada masyarakat," tegasnya. (Der) 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Ini kanal pengaduan terkait penerapan PSBB di perkantoran di DKI
Jumat, 18 September 2020 - 20:45 WIB
Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta membuka kanal pelaporan atau pengaduan yang...
Perkembangan COVID-19 di Jakarta per 18 September 2020
Jumat, 18 September 2020 - 20:26 WIB
Pemprov DKI Jakarta terus memassifkan tes PCR untuk menemukan kasus baru secara cepat agar dapat seg...
1.066 Pasien isolasi mandiri huni Tower 5 Wisma Atlet
Jumat, 18 September 2020 - 15:12 WIB
Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Kolonel Marinir Aris Mudian mengatakan ada 1...
Operasi Yustisi di Mampang Prapatan jaring 100 pelanggar PSBB Jakarta
Jumat, 18 September 2020 - 09:39 WIB
Operasi Yustisi pendisiplinan protokol kesehatan oleh tiga pilar Kecamatan Mampang Prapatan, menjari...
Wagub ungkap ada kemungkinan Sekda DKI terpapar COVID-19 pada 7 September
Jumat, 18 September 2020 - 08:56 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengungkapkan, ada kemungkinan almarhum Sekretaris Dae...
Cuaca Jakarta diperkirakan cerah berawan sepanjang hari ini
Jumat, 18 September 2020 - 08:17 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di wilayah Ibu Kota DKI Jak...
Berikut penyesuaian waktu operasional Transjakarta selama PSBB
Kamis, 17 September 2020 - 19:11 WIB
PT Transjakarta menyesuaikan waktu operasional selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai ...
Kabareskrim: Kebakaran Gedung Kejagung karena nyala api terbuka
Kamis, 17 September 2020 - 16:25 WIB
Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa kebakaran Gedun...
Pasien positif COVID-19 di RSD Wisma Atlet bertambah 1.066 orang
Kamis, 17 September 2020 - 14:39 WIB
Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga Kamis (17/9) pukul 08.00 WIB meraw...
Satpol PP Jaksel tindak 31.787 pelanggar PSBB
Kamis, 17 September 2020 - 13:44 WIB
Dalam kurun waktu 13 hari, Satpol PP Kota Jakarta Selatan telah menindak sebanyak 31.787 pelanggar a...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV