Hindari kesalahan ini saat menggunakan bedak
Elshinta
Senin, 24 Agustus 2020 - 10:57 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
 Hindari kesalahan ini saat menggunakan bedak
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3grkooS

Elshinta.com - Bedak sudah menjadi bagian dan tidak akan pernah dilewatkan saat merias wajah yang hampir tidak pernah ditinggalkan. Bedak dipercaya bisa menyempurnakan riasan hingga menutupi kekurangan pada kulit wajah.

Meski beberapa masih terbagi menjadi dua kelompok antara yang memilih bedak padat dan bedak tabur, tapi tetap saja bedak seolah menjadi kosmetik wajib dalam rutinitas berdandan sehari-hari.

Sepintas, mengaplikasikan bedak memang tampak mudah. Kendati demikian, ternyata ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat memulaskan bedak. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini apa saja kesalahan yang sebaiknya dihindari saat menggunakan bedak:

Tidak membersihkan wajah lebih dulu
Seringkali touch up dilakukan tanpa membersihkan wajah lebih dulu dari kotoran atau keringat yang menempel. Kebiasaan semacam ini dapat menjadi kesalahan yang fatal karena akan menimbulkan berbagai masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

Menggunakan bedak bayi
Walaupun ditujukan untuk bayi, akan tetapi kondisi kulit badan dan kulit wajah tetaplah berbeda. Bedak bayi memang terbilang ampuh mengontrol produksi minyak di wajah. Di lain sisi, hal ini juga dapat memicu kulit wajah menjadi terlalu kering.

Salah memilih warna bedak
Kesalahan yang masih sering terjadi adalah salah memilih warna bedak. Padahal warna bedak akan memberi pengaruh pada hasil riasan secara keseluruhan.

Warna yang terlalu putih akan membuat riasan nampak tidak natural, sedangkan warna bedak yang terlalu gelap justru membuat wajah terlihat kusam. Pilihlah warna bedak dengan shade yang natural, yaitu warna yang setingkat lebih cerah dengan warna asli kulit.

Bedak terlalu tebal
Memakai bedak dengan lapisan yang tebal tidak bisa membuat tampilan jadi lebih soft dan flawless. Lapisan bedak yang terlalu tebal bisa membuat tampilan wajah menjadi cakey dan terlihat seperti topeng. Disarankan untuk menggunakan satu lapisan bedak saja.

Ilustrasi. Sumber berita: https://bit.ly/2Yv11oR

Tak memulaskan bedak hingga ke bagian leher
Bedak juga harus diaplikasikan pada bagian leher. Jika bingung untuk memilih shade yang tepat, maka pilih shade yang mendekati warna kulit leher atau shade dengan warna yang satu tingkat lebih terang dari warna kulit wajah.

Shade yang terlalu terang akan membuat tampilan wajah menjadi kontras dengan bagian leher atau bagian tubuh lain. Sedangkan shade yang terlalu gelap malah membuat wajah terkesan kusam. 

Formula bedak keliru
Sesuaikan formula yang terkandung di dalam bedak dengan kondisi kulit wajah. Misalnya, pemilik kulit kering membutuhkan bedak dengan khasiat hidrasi yang bagus. Sedangkan, kulit berminyak sebaiknya menggunakan bedak yang dapat menyerap minyak berlebih.

Tidak menggunakan foundation
Beberapa wanita tidak jarang meninggalkan langkah pemakaian foundation saat akan mengaplikasikan bedak. Hal ini biasanya dilakukan dengan alasan tidak terbiasa, malas, atau terburu-buru.

Padahal pemakaian foundation sangatlah penting, salah satunya agar riasan jadi lebih tahan lama. Terlebih jika termasuk kategori kulit kering. Foundation akan menjaga agar riasan tidak mudah luntur atau malah jadi pecah-pecah.

Lupa membersihkan sisa baking
Baking merupakan teknik pengaplikasian bedak tabur yang dilakukan di bawah mata, dahi, hidung, rahang dan dagu. Fungsinya untuk mengunci alas bedak atau foundation agar tidak cepat luntur dan lebih tahan lama, sekaligus mengontrol minyak pada wajah.

Jika melakukan teknik ini, pastikan untuk langsung membersihkan sisa bedaknya dengan powder brush atau kuas makeup lain. Hal ini bertujuan agar bedak putih tidak tersisa di kulit wajah.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/32gE1uZ

Brush atau puff kotor
Puff atau brush yang kotor merupakan sarang bakteri. Jika menyimpan makeup tools di tempat terbuka maka debu dapat menempel. Akibatnya, masalah pada kulit wajah malah akan bermunculan seperti jerawat. Sebaiknya bersihkanlah brush dan puff tersebut minimal dua minggu sekali. Cuci sampai bersih dan diganti tanpa menunggu rusak.

Mengaplikasikan bedak di ruangan yang minim cahaya
Saat menggunakan bedak, penerangan yang tak memadai akan membuat tampilan riasan di wajah menjadi tak optimal. AKibatnya bisa membuat riasan terlalu menor saat berada diluar ruangan. Tak hanya bedak, hal ini juga berlaku untuk foundation, concealer, hingga lipstik. 

Salah mencoba saat akan membeli bedak
Jangan memulaskan bedak di punggung tangan saat akan membelinya. Karena tone kulit tangan itu berbeda dengan tone kulit wajah. Shade yang dibeli tersebut mungkin saja tak sesuai saat diaplikasikan ke wajah kelak.

Cara memakai bedak dengan digeser
Cara memakai bedak padat yang tepat adalah dengan ditepuk dan bukan digeser. Kesalahan ini akan menimbulkan dampak negatif pada kulit wajah. Proses menggeser saat pengaplikasian bedak tadi akan meningkatkan risiko iritasi kulit, bahkan juga dapat menyumbat pori-pori.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3lay5MH

Salah memilih aplikator
Aplikator makeup memang banyak sekali ragam dan kegunaannya. Jika kulit wajah kering, maka pilihlah powder brush dengan diameter yang cukup lebar, sehingga bisa meratakan bedak dengan baik.

Jika kulit wajah berminyak atau butuh tampilan yang lebih coverage, maka gunakanlah makeup sponge. Sebab, makeup sponge yang sudah dibasahi air bisa menambah daya coverage dan juga bisa memberi efek halus atau matte saat diaplikasikan. 

Menyimpan bedak terlalu lama
Bedak yang jarang dipakai atau memang irit dalam pemakaian kadang malah tersimpan terlalu lama. Walaupun bertekstur kering, bukan berarti bedak tidak bisa mengalami kedaluwarsa. Bedak tetap memiliki masa kedaluwarsa. Pemakaian bedak yang sudah kedaluwarsa bisa menyebabkan peradangan sampai iritasi pada kulit. 

Mengaplikasikan di seluruh area wajah
Jika kamu memiliki kulit wajah yang kering, peluang mengenakan bedak di seluruh wajah sangat tinggi. Tapi kulit nantinya akan terlihat super matte sehingga hasil riasan tidak terlihat natural. 

Aplikasikan bedak pada T-zone, termasuk hidung, area di antara alis, kening, dan dagu. Mengaplikasikan bedak hanya pada area tersebut akan membuat terhindar dari kulit yang berminyak tanpa membuat keseluruhan riasan jadi membosankan.

Bedak sebagai langkah akhir
Banyak yang berpikir bahwa bedak adalah langkah terakhir dalam menggunakan makeup. Namun langkah ini kurang optimal karena bedak memiliki tendensi untuk memudar. Mengaplikasikan bedak sebagai Langkah akhir berarti bergantung hanya pada satu layer untuk menjaga riasan tetap bertahan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Apa penyebab makeup tidak bisa tahan seharian?
Senin, 28 September 2020 - 11:14 WIB
Umumnya, makeup yang terlihat sempurna itu hanya terjadi di pagi hari atau saat baru menyelesaikan r...
Selain wajah, mengapa bagian tubuh ini juga wajib dioleskan sunscreen?
Senin, 21 September 2020 - 09:36 WIB
Memakai sunscreen atau tabir surya merupakan hal yang wajib dilakukan agar tetap terlindungi dari si...
Hal-hal yang harus dilakukan sebelum mencoba skincare baru
Senin, 14 September 2020 - 10:16 WIB
Bagi pemula, tentu juga merasa bingung saat akan mencoba skincare. Banyaknya produk dan tahapan-taha...
 Kesalahan pada rambut yang membuat wajah terlihat lebih tua
Senin, 07 September 2020 - 09:29 WIB
Banyak wanita yang terkadang menyepelekan rambut mereka. Padahal ternyata rambut memberi pengaruh ba...
 Bagaimana cara makeup untuk kulit berjerawat agar terlihat mulus?
Senin, 31 Agustus 2020 - 10:45 WIB
Meskipun saat ini sudah banyak sekali produk-produk kecantikan yang bisa digunakan, jika tidak menge...
 Hindari kesalahan ini saat menggunakan bedak
Senin, 24 Agustus 2020 - 10:57 WIB
Sepintas, mengaplikasikan bedak memang tampak mudah. Kendati demikian, ternyata ada beberapa kesalah...
 Penyebab eyeliner luntur yang perlu dihindari
Senin, 10 Agustus 2020 - 10:31 WIB
Permasalahan eyeliner luntur memang sering dialami para pengguna makeup. Umumnya, eyeliner yang lunt...
Tahapan skin care untuk mendapatkan kulit wajah bersinar
Senin, 03 Agustus 2020 - 09:43 WIB
Seiring bertambahnya usia, tak dapat dipungkiri kandungan kolagen, elastin dan asam hialuronat dalam...
Kebiasaan tak terduga yang membuat kulit cepat tua
Senin, 27 Juli 2020 - 10:34 WIB
 Ada banyak racun dan partikel yang mudah menguap di lingkungan yang membuat cepat tua. Meskipun ba...
Bahan skincare berikut ini yang membuat kulit wajah bersinar
Senin, 20 Juli 2020 - 08:33 WIB
Memerhatikan komposisi bahan yang ada dalam skincare merupakan kunci dari keberhasilan perawatan kul...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV