Bagaimana cara makeup untuk kulit berjerawat agar terlihat mulus?
Elshinta
Senin, 31 Agustus 2020 - 10:45 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
 Bagaimana cara makeup untuk kulit berjerawat agar terlihat mulus?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2QA8puK

Elshinta.com - Jerawat membuat wajah menjadi terlihat tidak bersih sehingga membuat orang menjadi kurang percaya diri karena penampilannya menjadi kurang maksimal. Memiliki wajah berjerawat menjadi tantangan tersendiri bagi wanita yang senang berdandan. 

Meskipun saat ini sudah banyak sekali produk-produk kecantikan yang bisa digunakan, jika tidak mengetahui trik yang benar menggunakan makeup untuk kulit berjerawat, hasilnya pasti tidak akan mulus.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar hasil makeup maksimal meski memiliki berjerawat:

Gunakan alas bedak untuk kulit sensitif
Wajah berjerawat terbilang tipe kulit sensitif. Jangan sampai jerawat semakin meradang usai menggunakan makeup. Hindari penggunaan alas bedak dengan bahan-bahan yang bisa memicu pori-pori tersumbat. Gunakan produk yang memang ditujukan untuk kulit sensitif agar kondisi kulit tidak semakin iritasi.

Gunakan pelembap dan serum 
Sebelum menggunakan makeup untuk wajah berjerawat, perlu melapisi wajah dengan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. Pelembap sendiri berfungsi untuk melembapkan kulit wajah. Bahan-bahan yang terkandung di dalam skin care tersebut, kebanyakan adalah bahan-bahan aktif yang mampu merawat kulit wajah.

Gunakan alas bedak yang mengandung unsur warna kuning
Alas bedak yang mengandung unsur warna kuning akan sangat membantu menyamarkan wajah kusam dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Kulit akan terlihat lebih cerah dan bintik hitam karena bekas jerawat dapat teratasi dengan baik.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2YMJjNV

Pilih foundation yang ringan
Makeup untuk wajah berjerawat sebaiknya gunakan foundation cair, karena cenderung ringan dan mudah meresap ke dalam kulit. Foundation cair tidak menyumbat pori-pori dan mampu mengurangi kilap yang akibat minyak berlebih. Sebaiknya pilih foundation yang mengandung SPF agar kulit wajah terlindung dari sinar matahari.

Bisa coba menggunakan serum foundation yang diformulasikan dengan bahan dasar air atau water-based. Sehingga formulanya sangat ringan. Dengan begitu hasil makeup akan lebih halus, karena langsung menyatu dengan kulit.

Gunakan bedak tabur
Untuk jenis kulit wajah yang berjerawat dan berminyak, bedak yang paling disarankan adalah bedak tabur. Gunakan bedak tabur yang memiliki kandungan sedikit minyak daripada bedak padat.

Pilihlah bedak yang memiliki kandungan formula oil-free agar hasil makeup tidak berminyak. Gunakan spons atau beauty blender kemudian ambil bedak dan tap ke wajah. Tekan-tekan sedikit agar meresap ke pori-pori. Kemudian diamkan sekitar 5-10 menit.

Hindari glitter
Penggunaan blus on dan highlighter yang mengandung glitter akan membuat wajah menjadi lebih merona, sehingga jerawat akan sangat kelihatan. Jika tetap ingin menggunakannya, pastikan untuk tidak terlalu belebihan. Cukup ditepuk-tepuk ringan dengan kuas.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/32TXRwv

Concealer
Untuk area yang berjerawat, netralkan warna kulit yang kemerahan dengan concealer berwarna dasar hijau. Jika bekas jerawat sudah menggelap, samarkan dengan concealer berwarna dasar orange. 

Oleskan tipis-tipis saja, agar hasilnya merata dan halus di wajah. Ratakan menggunakan jari tangan atau brush concealer yang bersih untuk menghindari infeksi bakteri. 

Pulaskan di bagian-bagian muka yang berjerawat dan terlihat memerah kemudian lapisi dengan concealer yang warnanya satu atau dua tingkat lebih terang dari warna kulit.

Eyeshadow
Gunakan eyeshadow yang lembap dan tidak berbubuk. Sebab bubuk eyeshadow jatuh ke mata atau terselip pada lipatan kelopak mata bisa menimbulkan alergi dan iritasi. Sebaiknya, gunakan eye shadow yang oil-free.

Blush on
Sebaiknya hindari pemakaian blush on ataupun produk dengan pigmentasi warna selain warna natural kulit. Saat berjerawat, permukaan tekstur kulit tidak rata sehingga blush on memiliki efek membuat jerawat semakin terlihat. Sebagai gantinya coba bronzer dengan warna dasar yang mendekati warna kulit.

Tentukan aksen riasan 
Jika area jerawat ada di bagian dahi, gunakan lipstik bold yang akan menarik fokus perhatian dari dahi. Seimbangkan dengan riasan mata dan alis yang natural. Sebaiknya hindari melukis alis tebal dan gunakan warna coklat tua atau abu-abu agar tampak lebih natural.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Apa penyebab makeup tidak bisa tahan seharian?
Senin, 28 September 2020 - 11:14 WIB
Umumnya, makeup yang terlihat sempurna itu hanya terjadi di pagi hari atau saat baru menyelesaikan r...
Selain wajah, mengapa bagian tubuh ini juga wajib dioleskan sunscreen?
Senin, 21 September 2020 - 09:36 WIB
Memakai sunscreen atau tabir surya merupakan hal yang wajib dilakukan agar tetap terlindungi dari si...
Hal-hal yang harus dilakukan sebelum mencoba skincare baru
Senin, 14 September 2020 - 10:16 WIB
Bagi pemula, tentu juga merasa bingung saat akan mencoba skincare. Banyaknya produk dan tahapan-taha...
 Kesalahan pada rambut yang membuat wajah terlihat lebih tua
Senin, 07 September 2020 - 09:29 WIB
Banyak wanita yang terkadang menyepelekan rambut mereka. Padahal ternyata rambut memberi pengaruh ba...
 Bagaimana cara makeup untuk kulit berjerawat agar terlihat mulus?
Senin, 31 Agustus 2020 - 10:45 WIB
Meskipun saat ini sudah banyak sekali produk-produk kecantikan yang bisa digunakan, jika tidak menge...
 Hindari kesalahan ini saat menggunakan bedak
Senin, 24 Agustus 2020 - 10:57 WIB
Sepintas, mengaplikasikan bedak memang tampak mudah. Kendati demikian, ternyata ada beberapa kesalah...
 Penyebab eyeliner luntur yang perlu dihindari
Senin, 10 Agustus 2020 - 10:31 WIB
Permasalahan eyeliner luntur memang sering dialami para pengguna makeup. Umumnya, eyeliner yang lunt...
Tahapan skin care untuk mendapatkan kulit wajah bersinar
Senin, 03 Agustus 2020 - 09:43 WIB
Seiring bertambahnya usia, tak dapat dipungkiri kandungan kolagen, elastin dan asam hialuronat dalam...
Kebiasaan tak terduga yang membuat kulit cepat tua
Senin, 27 Juli 2020 - 10:34 WIB
 Ada banyak racun dan partikel yang mudah menguap di lingkungan yang membuat cepat tua. Meskipun ba...
Bahan skincare berikut ini yang membuat kulit wajah bersinar
Senin, 20 Juli 2020 - 08:33 WIB
Memerhatikan komposisi bahan yang ada dalam skincare merupakan kunci dari keberhasilan perawatan kul...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV