Bagaimana cara menghemat belanja make up?
Elshinta
Kamis, 03 September 2020 - 10:13 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
 Bagaimana cara menghemat belanja make up?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3lM02uj

Elshinta.com - Tidak semua produk make up yang ada saat ini harus dimiliki semuanya, cukup membeli make up yang dibutuhkan saja. Sebaiknya wanita harus lebih selektif dalam memilih jenis make up yang bagus dengan harga yang terjangkau. 

Dengan begitu, dana untuk make up tidak harus mengeluarkan banyak uang, sehingga bisa lebih hemat. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini cara hemat saat beli make up yang bisa dilakukan:

Pahami tipe kulit wajah
Banyak kesalahan terjadi, yaitu membeli make up yang tidak sesuai dengan warna kulit. Akibatnya make up pun tidak digunakan sehingga menjadi sia-sia. Tidak ada salahnya untuk mencobanya terlebih dulu seperti eyeshadow, lipstik, alas bedak, dan produk make up lainnya. 

Selain mendapatkan produk make up yang sesuai dengan kulit wajah juga untuk mengetahui apakah tekstur produk yang tersebut nyaman di kulit atau tidak.

Multifungsi
Saat ini banyak wanita lebih memilih make up multifungsi, karena dianggap lebih praktis serta mudah dibawa kemana saja. Make up multifungsi ini biasanya terdiri dari eyeshadow, lipstik, foundation, blush on serta beberapa brush sesuai fungsinya. Jadi, tidak perlu membeli banyak make up.

Selain itu, harga make up multifungsi juga murah, bila dibandingkan dengan jumlah harga semua produk make up. Pilih make up multifungsi seperti liquid lipstick yang bisa digunakan sebagai blush. Selain itu, BB Cushion yang juga bisa menjadi foundation dan bedak dalam satu produk.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3gQTFlN

Bahan alami
Produk make up berbahan kimia tidak memberikan efek secara langsung pada wajah. Bisa dilihat efeknya setelah pemakaian yang terlalu sering biasanya akan muncul dipermukaan kulit, misalnya iritasi, merah dan sebagainya. 

Tapi, pada umumnya seseorang yang memiliki kulit sensitif, bisa saja efek yang ditimbulkan cepat muncul walau baru pertama kali pemakaian produk.

Agar lebih hemat, lebih baik menggunakan bahan alami untuk perawatan wajah. Misalnya dengan menggunakan berbagai macam buah untuk dibuat masker wajah seperti alpukat, stroberi dan sebagainya

Beli saat diskon
Biasanya pada momen-momen tertentu, produsen produk kecantikan mengadakan diskon. Manfaatkan promo untuk membeli make up yang sedang dibutuhkan. Cari informasi soal diskon kosmetik melalui Instagram, Facebook, Twitter atau website resminya.

Harga terjangkau
Beberapa produk make up terbaik, umumnya memang tidak dijual murah, apalagi bila produk tersebut berasal dari luar negeri. Tak perlu khawatir, masih banyak produk-produk kosmetik yang dijual dengan harga sangat terjangkau. 

Sesuai kebutuhan
Pilih produk make up yang sedang dibutuhkan atau perlu diganti. Misalnya saja maskara yang perlu diganti setiap 3 bulan sekali dan lipstik yang sebaiknya diganti setiap 18 bulan sekali. 

Pilihlah produk make up yang memiliki kandungan bahan alami dengan harga yang terjangkau. Sehingga banyak keuntungan yang diperoleh, yaitu selain produk make up bisa didapat, kulit sehat bisa dirasakan dan keuangan juga menjadi hemat.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3i7cFhH

Tidak terburu-buru
Buatlah daftar barang yang ingin dibeli setiap bulannya, dan sertakan juga nominal harga supaya mudah diatur. Pertimbangkan semua barang yang hendak dibeli secara tidak tergesa-gesa agar dana akan aman terkendali.

Cek tas makeup
Tanpa disadari, wanita sering menimbun produk makeup dengan jenis dan rona yang sama. Lebih baik sebelum membeli yang baru, seleksi lebih dahulu mana yang sudah tidak terpakai dan mana yang harus dibeli. 

Gunakan produk sampai habis
Tak jarang wanita memiliki berbagai jenis make up yang tujuannya sama, namun mereknya berbeda-beda. Sebagian besar beralasan membeli produk make up yang sama tapi beda merek untuk mengetahui kualitasnya. Tapi cara ini kurang baik karena membuang uang untuk mandapatkan manfaat yang sama.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3hSkesc

Ganti merek 
Beralihlah kepada kosmetik yang levelnya satu tingkat di bawah merek kosmetik yang biasa dibeli. Agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah, namun tidak murahan. Sebab, terkadang harga suatu kosmetik mahal bukan karena khasiatnya, melainkan karena mereknya. 

Jangan boros
Pakailah kosmetik secukupnya saja karena kalau terlalu tebal juga kurang bagus di wajah dan boros. Pemakaian make up yang berlebihan akan membuat kosmetik cepat habis, otomatis segera membeli yang baru.


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kemenko Perekonomian: Transaksi e-commerce 2020 meningkat
Senin, 19 Oktober 2020 - 15:26 WIB
Staf Ahli Menteri Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan SDM Kemenko Perekonomian Mira Tayyib...
 Hal-hal yang harus diperhatikan saat akan membeli barang mahal
Kamis, 24 September 2020 - 09:49 WIB
 Belanja selalu menjadi aktivitas menyenangkan untuk sebagian besar orang. Membeli barang mahal bag...
Ini alasan mengapa window shopping memiliki banyak manfaat
Kamis, 17 September 2020 - 10:03 WIB
Bukan terkesan pelit atau hanya sekadar ingin coba-coba. Tujuan window shopping bukan ingin menghabi...
Ini alasan mengapa tidak perlu malu membeli barang bekas
Kamis, 10 September 2020 - 09:31 WIB
Salah satu cara untuk menekan pengeluaran adalah dengan membeli barang-barang bekas atau preloved. ...
 Bagaimana cara menghemat belanja make up?
Kamis, 03 September 2020 - 10:13 WIB
Tidak semua produk make up yang ada saat ini harus dimiliki semuanya, cukup membeli make up yang dib...
 Ternyata ada manfaatnya mengajak anak belanja bersama
Kamis, 27 Agustus 2020 - 09:27 WIB
Terkadang orang tua enggan mengajak anak belanja ke supermarket karena anak suka minta macam-macam d...
 Cara beli sepatu online agar tidak salah ukuran
Kamis, 13 Agustus 2020 - 10:34 WIB
Belanja sepatu lewat online shop memberi banyak pilihan yang menawarkan model dan motif yang beragam...
 Rahasia cara membeli barang bekas agar tak menyesal
Kamis, 06 Agustus 2020 - 09:17 WIB
Banyak orang yang merasa malu membeli barang bekas. Padahal membeli barang bekas adalah salah satu c...
Cara aman COD ketika belanja online
Kamis, 30 Juli 2020 - 10:02 WIB
Sistem COD dianggap aman karena meminimalisir risiko penipuan tapi tetap memiliki celah untuk tinda...
Apa saja barang yang paling banyak dibeli ibu-ibu saat belanja online?
Kamis, 23 Juli 2020 - 10:34 WIB
Berbelanja online memang sangat memudahkan dalam memenuhi kebutuhan sekaligus menghemat waktu. Ada 4...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV