Apa saja jenis sertifikat properti yang harus diketahui?
Elshinta
Jumat, 04 September 2020 - 09:06 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Apa saja jenis sertifikat properti yang harus diketahui?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/31Y7vPf

Elshinta.com - Urusan legalitas pada saat membeli rumah atau properti memang tidak bisa diremehkan. Kelengkapan dokumen merupakan salah satu hal terpenting apabila memiliki atau hendak membeli properti. Saat melakukan pembelian, wajib memeriksa surat-surat rumah atau properti. 

Hal ini perlu dilakukan agar nantinya tidak mengalami kerugian. Namun rupanya tak semua orang tahu apa saja jenis sertifikat yang ada. Dihimpun dari berbagai sumber, jenis sertifikat properti berdasarkan Undang-Undang No. 5 Tahun 1960 sebagai berikut:

Sertifikat Hak Milik 
Sertifikat Hak Milik (SHM) adalah jenis sertifikat dengan kepemilikan hak penuh atas lahan atau tanah oleh pemegang sertifikat tersebut. 

SHM juga menjadi bukti kepemilikan paling kuat atas lahan atau tanah yang bersangkutan karena tidak ada lagi campur tangan atau pun kemungkinan kepemilikan oleh pihak lain.

Hak Milik itu sendiri adalah hak yang bersifat turun-temurun, terkuat, dan terpenuh yang dapat dimiliki orang atas tanah di mana tanah tersebut masih memiliki fungsi sosial. Status Hak Milik juga tidak terbatas waktunya. SHM hanya diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

Sertifikat Hak Guna Bangunan
Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) adalah jenis sertifikat di mana pemegang sertifikat tersebut hanya dapat memanfaatkan lahan tersebut untuk mendirikan bangunan atau keperluan lain dalam kurun waktu tertentu, sementara kepemilikan lahannya dipegang oleh negara.

Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) memiliki batas waktu tertentu, biasanya 20 sampai 30 tahun, dan dapat diperpanjang. Setelah melewati batas waktunya, pemegang sertifikat harus mengurus perpanjangan SHGB tersebut.

Sertifikat ini tidak hanya dimiliki oleh WNI, WNA juga bisa memilikinya. HGB sudah tak berlaku jika jangka waktu sudah habis, tanah yang ditempati musnah akibat bencana alam atau ditelantarkan. SHGB tidak punya kuasa atas tanah tersebut dan tidak dapat diwariskan. Namun, SHGB tetap dapat dijadikan agunan untuk mengajukan pinjaman ke bank.

Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun 
Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS) dapat dikaitkan dengan kepemilikan seseorang atas rumah vertikal atau rumah susun yang dibangun di atas tanah dengan kepemilikan bersama. 

Pengaturan kepemilikan bersama dalam satuan rumah susun digunakan untuk memberi dasar kedudukan atas benda tak bergerak yang menjadi objek kepemilikan di luar unit seperti taman dan lahan parkir.

Meski sebutannya hak satuan rumah susun, sertifikat ini juga menjadi sertifikat resmi untuk beberapa properti lainnya. Mulai dari perkantoran, kios komersial (bukan milik pemerintah), kondominium, dan flat.

SHSRS dapat dipindah tangankan, bisa dijadikan jaminan untuk mendapatkan pinjaman dari bank. Jika seseorang telah memegang sertifikat ini maka si pemilik punya hak atas tanah menurut persentasenya.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3boyeYc

Girik atau Petok
Girik sebenarnya bukan merupakan sertifikat kepemilikan atas tanah. Girik adalah bukti pembayaran pajak atas lahan atau tanah, bahwa seseorang telah memiliki lahan tersebut dan didaftarkan ke BPN. Girik dikeluarkan oleh kelurahan dan kecamatan setempat.

Di dalam girik tertera nomor, luas tanah, dan pemilik hak karena jual-beli maupun waris. Girik harus ditunjang dengan bukti lain misalnya Akta Jual Beli atau Surat Waris. Jika seseorang memiliki girik, maka sangat disarankan untuk segera mengurus sertifikat untuk lahan.

Akta Jual Beli
Akta Jual Beli (AJB) sebenarnya juga bukan sertifikat melainkan perjanjian jual-beli dan merupakan salah satu bukti pengalihan hak atas tanah sebagai akibat dari jual-beli. 

AJB dapat terjadi dalam berbagai bentuk kepemilikan tanah, baik Hak Milik, Hak Guna Bangunan, maupun Girik. Bukti kepemilikan berupa AJB biasanya sangat rentan terjadinya penipuan AJB ganda, jadi sebaiknya segera dikonversi menjadi Sertifikat Hak Milik.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Contoh Kitchen set yang membuat dapur anda terlihat semakin Cantik
Minggu, 27 September 2020 - 13:26 WIB
Contoh kitchen set - Kitchen set ini sangat cocok untuk dapur minimalis Anda. Kitchen set ini berfun...
Kesalahan yang dilakukan saat membersihkan rumah
Jumat, 25 September 2020 - 09:33 WIB
Kegiatan membersihkan rumah biasanya jadi agenda wajib setiap keluarga. Tentu semua ingin rumah menj...
Ketahui apa saja jenis material penyekat ruangan yang biasa digunakan
Jumat, 18 September 2020 - 10:05 WIB
Salah satu elemen penting dalam hunian saat ini adalah partisi ruangan. Partisi berfungsi membatasi ...
Furnitur yang cocok untuk rumah minimalis
Jumat, 11 September 2020 - 10:36 WIB
 Tidak masalah bila memiliki rumah dengan ukuran yang minimalis. Untuk menyiasati ruangan yang terb...
Apa saja jenis sertifikat properti yang harus diketahui?
Jumat, 04 September 2020 - 09:06 WIB
Urusan legalitas pada saat membeli rumah atau properti memang tidak bisa diremehkan. Kelengkapan dok...
Hunian sehat dengan cahaya alami di Alam Sutera ini raih Rekor MURI
Minggu, 30 Agustus 2020 - 17:28 WIB
Hunian di Alam Sutera ini dilaunching dengan disiarkan secara serentak melalui live streaming di 50 ...
Cara merawat rumah agar tahan lama
Jumat, 28 Agustus 2020 - 10:34 WIB
Perawatan rumah bukan hanya membersihkan atau memperbaiki perabot yang rusak, melainkan juga perawat...
Hunian idaman keluarga Joe Taslim
Senin, 24 Agustus 2020 - 14:40 WIB
Fungsi tempat tinggal bagi keluarga itu tidak semata merupakan tempat berteduh saja tetapi juga menj...
 Bagaimana membuat kamar mandi minimalis agar tetap nyaman?
Jumat, 14 Agustus 2020 - 13:20 WIB
Menata kamar mandi minimalis agar memuat segala sesuatu di dalam ruang yang tersedia adalah tidak mu...
Apa saja faktor yang memengaruhi nilai jual rumah?
Jumat, 07 Agustus 2020 - 10:09 WIB
Salah satu jenis properti yang paling diburu oleh masyarakat adalah rumah, jika dibandingkan dengan ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV