Kesalahan pada rambut yang membuat wajah terlihat lebih tua
Elshinta
Senin, 07 September 2020 - 09:29 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
 Kesalahan pada rambut yang membuat wajah terlihat lebih tua
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3bvOKWD

Elshinta.com - Banyak wanita yang terkadang menyepelekan rambut mereka. Padahal ternyata rambut memberi pengaruh banyak terhadap penampilan wajah secara keseluruhan. Akibat yang sering terjadi adalah wajah terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. 

Rambut adalah salah satu fitur yang memengaruhi penampilan seorang wanita. Salah menata rambut, ternyata bisa membuat penampilan terlihat jauh lebih tua. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kesalahan-kesalahan pada rambut yang sering tidak diperhatikan:

Rambut terlalu panjang
Rambut yang dibiarkan tumbuh terlalu panjang, tak hanya menghilangkan bentuk asli potongan rambut. Selain itu juga membuat rambut terlihat lepek, tipis, dan susah diatur. Akibatnya, wajah jadi terlihat lebih tua dan kumal.

Salah mengecat warna rambut
Jangan mengecat rambut hanya demi mengikuti tren. Jangan memilih warna yang paling gelap atau paling terang, yang dapat mengeringkan warna kulit. 

Temukan warna yang berada di tengah-tengah ini akan membuat terlihat lebih muda dan bercahaya. Atau sebelum mengecat rambut, berkonsultasi terlebih dahulu dengan seorang hairstylist mengenai warna cat yang sesuai dengan kulit dan mata. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/324AIIp

Potongan rambut kuno
Meskipun tidak harus mengikuti tren rambut terkini, tapi memilih potongan dan gaya rambut yang sesuai zaman cukup bisa membuat seseorang terlihat muda atau sesuai umur.  Hindari gaya-gaya rambut dengan ciri khas seperti sasakan super tinggi, keriting ekstrem, atau highlights tegas ala 2000an awal.

Gaya poni monoton
Salah satu cara yang bisa dilakukan pada rambut agar bisa terlihat beda dengan cara cepat adalah mengubah tampilan poni. Menggunting atau sekadar mengganti arah jatuhnya poni tentu akan dapat mengubah penampilan dalam sekejap.

Selain itu, tidak semua poni yang menutupi area mata membuat wajah terlihat muda. Ada kalanya malah memberikan kesan mata menjadi kecil dan kusam. 

Mungkin bisa memilih poni yang lebih tinggi, di atas kening dengan gaya menyamping. Gaya ini akan membuat wajah lebih proporsional dan wajah terlihat bersih.

Gaya rambut selalu sama
Ada satu kesalahan yang sering dilakukan wanita berulang-ulang yakni tidak pernah mengubah potongan rambut dalam kurun waktu cukup lama. Lakukan trim rambut sekitar 2 cm demi memangkas rambut bercabang, sekaligus memberi bentuk baru di wajah agar terlihat segar. 

Selain poni, gaya rambut yang terus sama adalah salah satu kesalahan gaya rambut terbesar. Disarankan untuk mengganti gaya rambut yang itu-itu saja dengan pilih gaya lain sesuai bentuk wajah. Namun ingat, jangan terlalu berlebihan dengan volume rambut karena bisa membuat wajah terlihat tua.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/35aWiwP

Mencoba menata rambut 
Tentu banyak wanita yang menginginkan tatanan rambut yang sama seperti pertama kali baru keluar dari salon. Lalu beragam penataan ala hairstylist di salon coba dilakukan pada rambut. Namun karena minimnya pengetahuan akan produk rambut dan alat penata, maka rambut justru terlihat berantakan. 

Tidak mengeringkan rambut
Kesalahan dalam memakai alat bisa berakibat fatal pada rambut. Memang butuh keahlian ekstra. Perlu mempelajarinya dengan baik, agar tahu bagaimana mengeringkan serta melakukan blowdry rambut dengan tepat. 

Warna rambut memudar
Cat rambut yang memudar, akar rambut yang tumbuh tanpa terkena cat rambut. Hindari tampilan rambut dengan warna yang berantakan dengan rutin memperbarui warna rambut setiap 3 bulan. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/35aWtrZ

Ujung rambut yang kering
Untuk menjaga ujung rambut agar tidak kering dan bercabang, maka rutin memperbarui bentuk potongan rambut atau sekadar melakukan trimming. Selain menjaga kesehatan rambut, juga akan membuat penampilan selalu terlihat segar.

Rambut kusut
Tekstur rambut sangat alami untuk menjadi lebih kasar seiring bertambahnya usia, sementara pada saat yang sama, penurunan produksi minyak membuat rambut terlihat kering.

Untuk melawan sifat penuaan yang umum ini dengan menggunakan perawatan pelembap mingguan seperti minyak rambut atau vitamin.

Rambut kaku
Meski rambut keriting, jangan biarkan tampil megar dan menakutkan. Berikan sedikit tambahan pelembut rambut atau pelembab yang bisa membuatnya tampil cantik, tidak berantakan,dan lebih feminin.

Salah shampo 
Produk shampo benar-benar menutrisi rambut dan memberi warna dan tampilan yang lebih berkilau.  Jika salah menggunakan shampo akan berpengaruh pada tekstur rambut dan kerusakan pada rambut.


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Apa penyebab makeup tidak bisa tahan seharian?
Senin, 28 September 2020 - 11:14 WIB
Umumnya, makeup yang terlihat sempurna itu hanya terjadi di pagi hari atau saat baru menyelesaikan r...
Selain wajah, mengapa bagian tubuh ini juga wajib dioleskan sunscreen?
Senin, 21 September 2020 - 09:36 WIB
Memakai sunscreen atau tabir surya merupakan hal yang wajib dilakukan agar tetap terlindungi dari si...
Hal-hal yang harus dilakukan sebelum mencoba skincare baru
Senin, 14 September 2020 - 10:16 WIB
Bagi pemula, tentu juga merasa bingung saat akan mencoba skincare. Banyaknya produk dan tahapan-taha...
 Kesalahan pada rambut yang membuat wajah terlihat lebih tua
Senin, 07 September 2020 - 09:29 WIB
Banyak wanita yang terkadang menyepelekan rambut mereka. Padahal ternyata rambut memberi pengaruh ba...
 Bagaimana cara makeup untuk kulit berjerawat agar terlihat mulus?
Senin, 31 Agustus 2020 - 10:45 WIB
Meskipun saat ini sudah banyak sekali produk-produk kecantikan yang bisa digunakan, jika tidak menge...
 Hindari kesalahan ini saat menggunakan bedak
Senin, 24 Agustus 2020 - 10:57 WIB
Sepintas, mengaplikasikan bedak memang tampak mudah. Kendati demikian, ternyata ada beberapa kesalah...
 Penyebab eyeliner luntur yang perlu dihindari
Senin, 10 Agustus 2020 - 10:31 WIB
Permasalahan eyeliner luntur memang sering dialami para pengguna makeup. Umumnya, eyeliner yang lunt...
Tahapan skin care untuk mendapatkan kulit wajah bersinar
Senin, 03 Agustus 2020 - 09:43 WIB
Seiring bertambahnya usia, tak dapat dipungkiri kandungan kolagen, elastin dan asam hialuronat dalam...
Kebiasaan tak terduga yang membuat kulit cepat tua
Senin, 27 Juli 2020 - 10:34 WIB
 Ada banyak racun dan partikel yang mudah menguap di lingkungan yang membuat cepat tua. Meskipun ba...
Bahan skincare berikut ini yang membuat kulit wajah bersinar
Senin, 20 Juli 2020 - 08:33 WIB
Memerhatikan komposisi bahan yang ada dalam skincare merupakan kunci dari keberhasilan perawatan kul...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV