Ini alasan mengapa tidak perlu malu membeli barang bekas
Elshinta
Kamis, 10 September 2020 - 09:31 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Ini alasan mengapa tidak perlu malu membeli barang bekas
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3ijpw00

Elshinta.com - Salah satu cara untuk menekan pengeluaran, menyelamatkan lingkungan, sekaligus memuaskan hasrat belanja adalah dengan membeli barang-barang bekas atau second hand atau preloved.

Sekarang belanja preloved bukan lagi suatu hal yang aneh atau memalukan. Tidak jarang barang-barang bekas ada dalam keadaan hampir seperti baru. 

Selain murah, alasan apalagi yang membuat orang berburu barang bekas dibandingkan membeli barang baru? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut alasan barang bekas menjadi lebih menarik daripada barang baru:

Harga lebih murah
Alasan pertama orang mempertimbangkan membeli barang bekas dibandingkan barang baru adalah soal harga. Semua orang paham betul bila barang preloved selalu dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga barang baru di toko. 

Meski barang tersebut telah dipergunakan oleh pemilik lama dengan kurun waktu tertentu, selama kondisi barang masih bagus dan layak untuk dipakai,tentunya tidak menjadi masalah.

Pengalaman seru
Berburu barang preloved merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Apalagi, kalau harus berburu secara offline. Biasanya, hasrat untuk mendapatkan barang preloved impian pun semakin tinggi. 

Barang bekas yang tergolong langka biasanya mudah sekali terjual bahkan sampai berebutan. Keseruan dalam berburu barang preloved ini dipercaya bisa menghilangkan stres.

Hemat
Membeli barang baru apalagi barang bermerek tentu harus merogoh kocek lebih dalam. Berbelanja barang preloved bisa membantu menghemat uang. Rata-rata harga barang bekas dijual hampir separuh harga.

Mudah dicari
Berbelanja barang bekas atau preloved secara online lebih mudah untuk mendapatkan barang yang dicari. Tinggal ketik keyword pada kolom pencarian di situs berjualan barang preloved tersebut. 

Biasanya barang bekas yang dijual tersebut dijelaskan secara detail dan lengkap, mulai dari jenis barang, warna, merek sampai kondisi barang tersebut. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2FgkBOV

Masa pakai tidak lama
Biasanya, alasan orang membeli barang preloved karena masa pakai barang yang hanya sebentar. Misalnya stroller, mainan, box bayi, dan lain sebagainya yang biasanya tidak terlalu lama penggunaannya.

Kualitas sama 
Kualitas juga menjadi pertimbangan atau alasan mengapa orang memilih membeli barang bekas. Barang original bekas bisa dikatakan kualitasnya sama dengan barang asli yang baru. Hanya saja, masa pemakaian barang saja yang membedakannya. 

Namun, secara fungsi ataupun kinerja barang tersebut bisa dibilang tidak ada bedanya dengan barang original baru. Oleh sebab itu, saat membeli barang bekas, pastikan mendapatkan informasi terkait sejarah dan deskripsi singkat dari barang preloved yang akan dibeli.

Barang bermerek
Salah satu keuntungan membeli barang preloved adalah bisa mendapatkan barang-barang bermerek dengan harga yang lebih terjangkau dan kondisi barang masih bagus.

Unik dan langka
Tidak akan pernah tahu apa yang akan ditemukan saat berburu barang preloved. Bisa saja menemukan barang-barang langka tapi unik. Berbelanja barang bekas bisa menjadi solusi dalam menemukan barang unik dan langka dengan cara yang jauh lebih mudah dan dengan harga taksiran yang juga lebih terjangkau.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/35o1VYy

Membantu orang lain
Beberapa toko atau bazaar barang bekas menggunakan keuntungan dari penjualan sebagai donasi. Jika membeli di tempat tersebut, berarti tidak hanya menghemat pengeluaran dan mengurangi limbah tapi juga turut membantu orang lain.

Tak ketinggalan tren
Saat membeli pakaian bekas tidak perlu khawatir akan ketinggalan zaman. Tren fashion terus berputar dengan cepat. Beberapa tahun lagi, dapat dipastikan tren itu akan kembali. 

Berbeda dengan dulu dimana pakaian diproduksi untuk jangka waktu yang lama dan bisa dikenakan selama bertahun-tahun, industri fashion saat ini lebih cepat berputar.

Ramah lingkungan
Dengan membeli barang bekas, artinya berpartisipasi dalam upaya mengurangi peredaran barang baru. Selain itu, dengan membeli barang bekas, berarti menggunakan barang kembali. 

Sehingga, bisa mencegah barang tersebut menjadi sampah yang bisa mencemari lingkungan. Sebab terdapat barang-barang tertentu yang mempunyai waktu daur ulang alami yang tidak sebentar. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
YouTube uji coba fitur beli produk yang tampil dalam video
Minggu, 17 Januari 2021 - 13:00 WIB
YouTube dilaporkan sedang menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna membeli produk yang mereka l...
Zalora siapkan tim dan gudang jelang Harbolnas 12.12
Jumat, 11 Desember 2020 - 11:27 WIB
Platform niaga elektronik khusus fesyen, Zalora, menyiapka kapasitas gudang hingga menambah tim menj...
Berbelanja dan menonton aman di tengah pandemi COVID-19
Sabtu, 05 Desember 2020 - 16:00 WIB
Orang-orang bisa kembali berbelanja di mal untuk memenuhi kebutuhan mereka di masa pandemi COVID-19,...
Survei: 43 persen Gen X dan Boomers mulai belanja online saat pandemi
Selasa, 10 November 2020 - 17:10 WIB
Studi terbaru dari Facebook IQ tentang Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas menunjukkan bahwa...
Saran dokter untuk pencinta `high heels`
Kamis, 22 Oktober 2020 - 17:46 WIB
Pakar gizi medik dari FKUI-RSCM, Prof. Saptawati Bardosono menyarankan Anda menurunkan ketebalan sep...
Kemenko Perekonomian: Transaksi e-commerce 2020 meningkat
Senin, 19 Oktober 2020 - 15:26 WIB
Staf Ahli Menteri Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan SDM Kemenko Perekonomian Mira Tayyib...
 Hal-hal yang harus diperhatikan saat akan membeli barang mahal
Kamis, 24 September 2020 - 09:49 WIB
 Belanja selalu menjadi aktivitas menyenangkan untuk sebagian besar orang. Membeli barang mahal bag...
Ini alasan mengapa window shopping memiliki banyak manfaat
Kamis, 17 September 2020 - 10:03 WIB
Bukan terkesan pelit atau hanya sekadar ingin coba-coba. Tujuan window shopping bukan ingin menghabi...
Ini alasan mengapa tidak perlu malu membeli barang bekas
Kamis, 10 September 2020 - 09:31 WIB
Salah satu cara untuk menekan pengeluaran adalah dengan membeli barang-barang bekas atau preloved. ...
 Bagaimana cara menghemat belanja make up?
Kamis, 03 September 2020 - 10:13 WIB
Tidak semua produk make up yang ada saat ini harus dimiliki semuanya, cukup membeli make up yang dib...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV