Hal-hal yang harus dilakukan sebelum mencoba skincare baru
Elshinta
Senin, 14 September 2020 - 10:16 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Hal-hal yang harus dilakukan sebelum mencoba skincare baru
Ilustrasi. Sumber foto:  https://bit.ly/3k8a5IC

Elshinta.com - Melakukan perawatan wajah dengan memakai skincare sangat diminati oleh wanita, mulai dari usia remaja hingga dewasa. Saat ini terdapat beragam skincare yang bisa dengan mudah dibeli, baik itu merek lokal maupun luar negeri. 

Hal ini membuat terkadang muncul keinginan untuk mencoba produk-produk baru yang terlihat sangat menarik. Menggonta-ganti skincare berpotensi menyebabkan masalah kulit pada wajah. Contohnya menimbulkan jerawat atau menambah produksi minyak berlebih. 

Bagi pemula, tentu juga merasa bingung saat akan mencoba skincare. Banyaknya produk dan tahapan-tahapan seringkali membuat takut salah langkah. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini tips sebelum memulai skincare:

Kenali jenis kulit
Sebelum memutuskan mencoba skincare baru, wajib mengenali jenis kulit sendiri karena akan sangat berpengaruh pada pemilihan produk yang tepat nantinya. 

Pastikan produk yang akan digunakan memang cocok untuk jenis kulit. Hal ini tentu sangat membantu menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya timbul masalah kulit atau alergi.

Mulai dari dasar terlebih dahulu
Tak jarang karena ingin menggunakan skincare, tanpa berpikir panjang wanita sering membeli setiap macam produk skincare yang ada. Padahal untuk pemula, bisa memulainya dari 4 produk dasar terlebih dahulu. Seperti cleanser, toner, moisturizer, dan sunscreen. Semua produk ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Pilih sesuai kebutuhan
Jangan pernah sekali-kali tergoda dengan berbagai macam produk yang khasiatnya begitu menggiurkan. Padahal sebenarnya manfaat itu belum diperlukan untuk saat ini. 

Cobalah fokus untuk memperbaiki masalah kulit terlebih dahulu. Fokuslah pada satu permasalahan, baru setelah itu bisa bereksperimen dengan kebutuhan selanjutnya.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/35thgqS

Beri jarak waktu
Saat mencoba produk skincare, alangkah baiknya jika memberi jarak waktu pada pemakaiannya. Misalnya ketika mencoba satu produk, mulailah memakainya seminggu sekali, lalu meningkatkan frekuensi menjadi dua kali seminggu lalu tiga kali seminggu. 

Ini bermanfaat memberi kulit waktu untuk beradaptasi pada produk yang digunakan. Sehingga kulit tidak terlalu kaget yang akhirnya malah bisa menimbulkan efek samping yang kurang baik.

Membeli versi 'share in jar'
Beberapa produk skincare tak jarang berharga fantastis. Sebagai pemula, akan menjadi sebuah pemborosan ketika membeli produk mahal, namun tidak cocok dengan kulit. Oleh karena itu lebih baik membeli produk kemasan ''share in jar'. 

Jika cocok, bisa melanjutkan untuk membeli produknya dalam kemasan penuh. Begitupun bila ternyata tidak cocok, tidak akan begitu menguras uang karena telah membeli produknya.

Mencari tahu kandungan produk skincare
Cari tahu terlebih dahulu bahan apa saja yang dikandung di dalam skincare baru yang akan dicoba nanti. Pastikan kandungan tersebut aman di kulit. 

Untuk mendapatkan informasi yang satu ini, bisa mencarinya dengan datang langsung ke toko resmi atau melalui internet, baik di official website dan Instagram maupun blog milik beauty blogger.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2E2JM7u

Pelajari panduan sebelum memakainya
Sebagai pemula mempelajari tahap dan cara penggunaan merupakan hal yang cukup penting untuk memulai penggunaan skincare. Meskipun terdengar sepele dan mudah, tapi kesalahan sedikit bisa saja membuat skincare yang digunakan tidak menimbulkan efek yang maksimal.

Bersihkan wajah dengan double cleansing
Double cleansing selalu menjadi hal yang paling utama. Pastikan bahwa wajah sudah benar-benar bersih dari kotoran sebelum mengaplikasikan produk lain agar skincare bisa bekerja optimal. Jika tidak menerapkan double cleansing ini pada rutinitas skincare, produk yang tidak akan memberikan manfaat kecantikan.

Stop pemakaian jika ada efek sampingnya 
Jika produk skincare menimbulkan masalah yang cukup parah pada kulit wajah, seperti bruntusan, jerawat yang parah, atau bahkan iritasi dan kemerahan, segera hentikan pemakaian. 

Karena itu bisa menjadi tanda bahwa produk tersebut tidak cocok di kulit. Agar tidak terulang, lihat kandungannya dan jangan menggunakan kembali produk dengan komposisi yang sama untuk skincare lainnya.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/3k9wBAM

Membaca review
Membaca review bisa mengetahui apakah produk skincare yang ingin dipakai tersebut mempunyai kualitas yang bagus atau buruk berdasarkan pengalaman orang lain. Untuk mendapatkan review dari orang lain, bisa mencarinya melalui komunitas tertentu, Instagram, maupun YouTube.

Ketahui tanggal kedaluwarsa
Pastikan produk skincare yang akan dicoba belum kedaluwarsa. Oleh karena itu, perhatikan secara teliti apa saja informasi yang tertera pada kemasan. Jangan memakai produk yang tidak mempunyai informasi tanggal kedaluwarsa karena bisa menimbulkan masalah.

Mencoba produk tester
Sebelum akhirnya benar-benar mencoba skincare baru, sebaiknya lakukan tes produk terlebih dahulu. Tes produk bisa membantu mengetahui apakah skincare tersebut menimbulkan alergi pada kulit.

Untuk melakukan tes produk, bisa memanfaatkan produk tester yang biasanya disediakan di gerai atau toko resmi suatu merek. Lakukan tes produk pada tangan untuk menghindari masalah kulit wajah yang mungkin saja bisa timbul setelah mencoba skincare baru tersebut.

Membeli produk asli
Produk skincare palsu bisa dijual dengan harga yang sama seperti produk asli. Ada pula yang menjualnya dengan harga jauh lebih murah sehingga banyak orang tergoda untuk membeli. 

Menggunakan skincare palsu bisa menjadikan kesehatan kulit menurun. Sebaiknya membeli produk skincare yang asli di toko maupun website resmi.

 


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Inspirasi padu-padan aksesoris kala zoom meeting
Rabu, 14 Juli 2021 - 17:22 WIB
Penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat yang dilaksanakan dari tanggal 3 hingga 20 J...
Anti salah kostum, begini siasat Raline Shah
Jumat, 02 Juli 2021 - 18:22 WIB
Sebagai selebritas yang harus tampil menawan di hadapan kamera, aktris Raline Shah punya siasat ters...
Mengatasi kulit kendur dengan filler yang tepat
Jumat, 25 Juni 2021 - 13:56 WIB
Beraktivitas di luar ruangan khususnya berolahraga seperti bersepeda, lari, golf, basket dan lainnya...
Fres & Natural-Collette & Lola hadirkan wewangian aroma dessert
Jumat, 25 Juni 2021 - 09:23 WIB
Fres & Natural berkolaborasi dengan Collette & Lola menghadirkan wewangian aroma dessert terinspiras...
Maybelline X ITZY suarakan self-love lewat tampilan #BEBOLDNOTSHY
Selasa, 22 Juni 2021 - 16:34 WIB
Maybelline kini tampil dengan wajah-wajah baru. Ya, Maybelline kini resmi menggandeng girl band asal...
Pentingnya bersihkan kulit wajah dengan `double cleansing`
Jumat, 11 Juni 2021 - 11:23 WIB
Membersihkan wajah merupakan salah satu tahapan penting untuk menjaga kulit agar tetap cantik dan se...
3 Cara efektif menghilangkan double chin
Kamis, 10 Juni 2021 - 15:34 WIB
Yang bisa punya double chin bukan hanya yang gemuk saja lho, tapi banyak juga orang-orang dengan b...
Miss Myanmar Thuzar Wint Lwin juara kontes kostum Miss Universe
Selasa, 18 Mei 2021 - 15:01 WIB
Miss Myanmar Thuzar Wint Lwin menyabet gelar Kostum Nasional Terbaik di ajang Miss Universe pada Min...
Kenali batas normal kerontokan rambut
Jumat, 07 Mei 2021 - 16:23 WIB
Ada istilah bahwa rambut adalah mahkota perempuan, namun rambut juga penunjang penampilan bagi kaum ...
Inspirasi riasan di bulan Ramadhan hingga sambut Lebaran 2021
Jumat, 30 April 2021 - 13:39 WIB
Menyambut Hari Raya Lebaran, tentunya para wanita ingin tampil cantik karena silaturahmi tetap harus...
Live Streaming Radio Network