Ketahui apa saja jenis material penyekat ruangan yang biasa digunakan
Elshinta
Jumat, 18 September 2020 - 10:05 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Ketahui apa saja jenis material penyekat ruangan yang biasa digunakan
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2FMr2cK

Elshinta.com - Salah satu elemen penting dalam hunian saat ini adalah partisi ruangan. Partisi berfungsi membatasi ruangan satu dengan lainnya. Pertimbangannya agar privasi penghuni rumah saat beraktivitas di ruang lainnya tetap terjaga. 

Ada juga pertimbangan lainnya, yakni ada pembagian ruangan secara jelas. Partisi tidak hanya berfungsi sebagai pemisah ruangan, tetapi juga dapat mempercantik tampilan interior rumah. 

Partisi yang dirancang dengan baik dan menggunakan material yang tepat tentu akan membuat ruangan tampak indah berfungsi sesuai.  Selain partisi tetap yang biasa disebut dinding, kini banyak partisi yang dirancang untuk bisa digeser (movable). Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini jenis sekat ruangan berdasarkan material pembuatnya:

Kayu
Kayu menjadi salah satu material yang paling umum digunakan sebagai sekat. Warna cokelat pada kayu akan memberikan kesan natural dan hangat pada ruangan. Material kayu pun bisa kombinasikan dengan material lain sebagai sekat. 

Partisi tradisional ini umumnya penuh ukiran dengan pilihan model yang terbatas. Pada saat ini partisi kayu yang cukup banyak dipakai berbentuk kisi-kisi, panel, atau dengan pola tertentu. 

Material partisi kayu pun beragam, dari kayu solid seperti jati, nangka, nyatoh, pinus, atau mahoni, hingga kayu olahan seperti tripleks. Ada pula material campuran seperti MDF (Medium Density Fibreboard) yang dipakai untuk kebutuhan partisi tertentu.

Bambu
Sama seperti kayu, material bambu juga memberikan kesan natural dan hangat. Sejajarkan batang bambu yang kemudian direkatkan dan dapat digunakan sebagai sekat di ruang tamu, kamar mandi, dan dapur.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2FvyRnz

Kaca
Sekat yang terbuat dari kaca dapat membuat seolah-olah rumah tak memiliki sekat. Sekat jenis ini biasanya digunakan di kantor, agar ruangan tidak terkesan sempit meski banyak aktivitas karyawan. Namun tidak jarang rumah yang menggunakan sekat dari kaca. 

Desain sekat dari kaca juga terdapat banyak varian. Salah satunya, sekat yang tampak seperti akuarium tanaman untuk menampilkan kesan natural pada ruangan. Selain itu partisi yang terbuat dari kaca akan memberikan kesan modern dan futuristik pada ruangan. 

Saat ini juga telah banyak sekali tipe partisi kaca frameless atau tanpa kerangka. Ada aspek keamanan yang perlu dipertimbangkan. Setidaknya pilihlah kaca tipe tempered dan kaca jenis laminasi keduanya masuk kategori safety glass.

Kain
Jika tidak menyukai sekat yang terbuat dari material berat, bisa menggunakan sekat dari kain. Cukup menyiapkan rel di bagian atas dinding rumah. Rel tersebut digunakan untuk membuka dan menutup sekat seperti gorden. Desain kain penyekat pun bisa disesuaikan dengan selera.

Selain itu, keuntungan menggunakan sekat kain, bisa mengubah fungsi ruang setiap saat. Jika ada acara di rumah yang membutuhkan ruangan yang luas, cukup membuka sekat, sehingga ruangan lebih luas.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2Eh63i0

Fiber
Fiber merupakan material dari pasir kuarsa dan bahan sintetis lain. Ciri material fiber adalah bentuknya yang lentur. Kelebihannya, material fiber dapat mudah dipotong dan dibentuk menjadi berbagai ornamen. Kelebihan lainnya adalah mudah dibersihkan dan bisa mengombinasikan sekat fiber dengan tata cahaya.

Kertas
Material kertas ini sebenarnya digunakan sebagai pengisi bingkai yang terbuat dari kayu pada pintu geser. Sekat yang terbuat dari kombinasi kayu dan kertas akan menampilkan kesan tradisional. 

Hanya saja, kekurangan material ini adalah tidak dapat meredam suara dan cahaya dari ruangan sebelahnya. Material sekat dari kertas ini banyak digunakan di rumah-rumah di Jepang.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2FEW2vB

Gipsum
Gipsum adalah pilihan partisi terjangkau yang bisa Anda pilih sebagai alternatif partisi bata. Sebagai material partisi, gipsum biasanya hadir dalam bentuk papan, yaitu papan gipsum (campuran antara gipsum dan bahan serat yang dipres). 

Selain terjangkau harganya, pemasangan gipsum juga mudah dan cepat. Bisa memberi finishing beragam warna dan perawatannya juga mudah. 

Meski dulunya penggunaan gipsum adalah untuk ruang-ruang yang kering, kini mulai bermunculan gipsum yang lebih tahan terhadap kelembapan dan basah.

Besi
Partisi besi kini mulai banyak dimanfaatkan untuk memisahkan ruang namun dengan tetap menyisakan transparansi agar tetap ada hubungan antar ruang. Bentuk partisi besi sangat beragam, tergantung kreativitas desainer. 

Dinding bata
Material partisi yang paling umum dipakai di sebagian besar hunian kini adalah dinding bata. Selain kokoh, partisi bata juga lebih baik dalam meredam suara, dan bila diekspos, bisa menjadi elemen estetis yang menarik. 

Jika ingin tampil beda, bata ekspos bisa disusun dengan pola penataan tertentu sehingga memunculkan kesan artistik yang lebih menonjol. Karena tidak bisa dipindah, partisi bata biasa dimanfaatkan untuk memisahkan ruang-ruang yang privat.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Contoh Kitchen set yang membuat dapur anda terlihat semakin Cantik
Minggu, 27 September 2020 - 13:26 WIB
Contoh kitchen set - Kitchen set ini sangat cocok untuk dapur minimalis Anda. Kitchen set ini berfun...
Kesalahan yang dilakukan saat membersihkan rumah
Jumat, 25 September 2020 - 09:33 WIB
Kegiatan membersihkan rumah biasanya jadi agenda wajib setiap keluarga. Tentu semua ingin rumah menj...
Ketahui apa saja jenis material penyekat ruangan yang biasa digunakan
Jumat, 18 September 2020 - 10:05 WIB
Salah satu elemen penting dalam hunian saat ini adalah partisi ruangan. Partisi berfungsi membatasi ...
Furnitur yang cocok untuk rumah minimalis
Jumat, 11 September 2020 - 10:36 WIB
 Tidak masalah bila memiliki rumah dengan ukuran yang minimalis. Untuk menyiasati ruangan yang terb...
Apa saja jenis sertifikat properti yang harus diketahui?
Jumat, 04 September 2020 - 09:06 WIB
Urusan legalitas pada saat membeli rumah atau properti memang tidak bisa diremehkan. Kelengkapan dok...
Hunian sehat dengan cahaya alami di Alam Sutera ini raih Rekor MURI
Minggu, 30 Agustus 2020 - 17:28 WIB
Hunian di Alam Sutera ini dilaunching dengan disiarkan secara serentak melalui live streaming di 50 ...
Cara merawat rumah agar tahan lama
Jumat, 28 Agustus 2020 - 10:34 WIB
Perawatan rumah bukan hanya membersihkan atau memperbaiki perabot yang rusak, melainkan juga perawat...
Hunian idaman keluarga Joe Taslim
Senin, 24 Agustus 2020 - 14:40 WIB
Fungsi tempat tinggal bagi keluarga itu tidak semata merupakan tempat berteduh saja tetapi juga menj...
 Bagaimana membuat kamar mandi minimalis agar tetap nyaman?
Jumat, 14 Agustus 2020 - 13:20 WIB
Menata kamar mandi minimalis agar memuat segala sesuatu di dalam ruang yang tersedia adalah tidak mu...
Apa saja faktor yang memengaruhi nilai jual rumah?
Jumat, 07 Agustus 2020 - 10:09 WIB
Salah satu jenis properti yang paling diburu oleh masyarakat adalah rumah, jika dibandingkan dengan ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV