Selain wajah, mengapa bagian tubuh ini juga wajib dioleskan sunscreen?
Elshinta
Senin, 21 September 2020 - 09:36 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Selain wajah, mengapa bagian tubuh ini juga wajib dioleskan sunscreen?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3mFP8qr

Elshinta.com - Memakai sunscreen atau tabir surya merupakan hal yang wajib dilakukan agar tetap terlindungi dari sinar matahari, terutama yang sering beraktivitas di luar ruangan. Sayangnya, ada beberapa bagian tubuh yang sering terlewatkan dalam memakai sunscreen. 

Saat menggunakan sunscreen, biasanya hanya fokus pada kulit wajah, tangan dan kaki saja. Padahal, masih ada bagian tubuh lain yang juga penting untuk dilindungi. 

Fakta menyebutkan bahwa penggunaan tabir surya dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit serta penuaan dini akibat paparan sinar ultraviolet dari matahari. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini bagian tubuh yang wajib dioleskan sunscreen:

Ujung wajah
Saat mengaplikasikan sunscreen di wajah, oleskan pula pada ujung pipi, ujung dahi, dan area jawline. Daerah tersebut sama pentingnya termasuk bagian leher.

Kelopak mata
Gunakan stick sunscreen untuk menghindari cairan yang mengalir ke mata. Berhati-hatilah supaya tidak melewatkan kelopak mata dan tulang alis. 

Selain memakai topi dan kacamata hitam, jauhkan dari pelindung mata yang berbahan logam. Karena dapat menyerap sinar matahari dan memperparah hyperpigmentasi kulit.

Kulit kepala
Kulit kepala pun telah dilindungi oleh jumlah rambut yang banyak. Namun, tidak semua bagian kulit kepala tertutupi oleh rambut. Bagian belahan rambut tentu tidak mendapatkan perlindungan dari akar rambut. Jika tidak menggunakan penutup kepala, bagian rambut bisa terkena efek sun burning. 

Akibatnya, kulit kepala akan terasa gatal dan dapat mengelupas. Untuk pemilik rambut tipis, dermatologis merekomendasikan penggunaan sunscreen spray untuk melindungi kulit kepala dari kerusakan lebih lanjut.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3kCwNcm

Hair line
Tidak hanya digunakan sampai dahi. Bagian hair line juga penting untuk dilindungi. Meskipun kulit tertupi oleh rambut halus dalam jumlah yang banyak, namun area ini penting untuk mendapat perlindungan sunscreen agar kulit juga tidak terlihat belang (warna kulit yang tidak merata).

Bibir
Bibir yang tidak terlindungi dari sinar matahari, lambat laun terlihat kering dan gelap. Kulit pada bibir sangat halus dan rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Untuk melindunginya, gunakan sunscreen khusus atau lip balm dengan formula SPF 20/30 saat berada di dalam atau di luar ruangan.

Telinga
Telinga biasanya sering terpapar sinar matahari yang menyebabkan kemerahan dan rusak akibat sinar matahari. Aplikasikan sunscreen di seluruh daun telinga depan dan belakang. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/366wnHd

Tangan dan pergelangan tangan
Bagian atas tangan dan pergelangan tangan merupakan bagian yang rentan terbakar oleh sinar matahari. Oleskan selalu sunscreen pada bagian atas jari, pergelangan tangan.

Dada
Saat mengenakan baju tanpa lengan, sebaiknya gunakan SPF di seluruh dada, pundak, dan ketiak agar daerah tersebut tidak semakin gelap. Demikian pula dengan payudara. Untuk menjaga kulit payudara agar awet muda dan tidak cepat keriput, wajib mengaplikasikan sunscreen. 

Kulit akan mengendur saat bertambah usia, maka sebelum memerlukan krim anti-aging, ada baiknya menjaga kesehatan payudara dengan sunscreen.

Pusar
Kedengarannya aneh, ternyata bagian perut juga perlu memakai sunscreen. Ini sangat penting untuk dilakukan terutama di tempat-tempat kecil yang sangat penting. Selalu oleskan sunscreen ke seluruh tubuh agar tetap terlindungi dari sinar matahari.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3kuuFD6

Bawah lutut
Kulit bagian bawah lutut sangat sensitif terhadap radiasi matahari. Sehingga akan terasa sangat perih jika terbakar. Jadi jangan lupa untuk memberi perhatian lebih pada bagian kulit di area kaki ini.

Puncak kaki
Untuk yang senang memakai sepatu terbuka dan sering mendapat sengatan dari sinar matahari setelah menggunakannya maka berikan bagian atas telapak kaki dan pergelangan kaki sunscreen secara menyeluruh sebelum ke luar ruangan tanpa alas kaki atau memakai sepatu terbuka.

Rata-rata orang dewasa membutuhkan 1 ons atau kira-kira seukuran 1 gelas gula cair kecil untuk melindungi seluruh tubuh. Kulit membutuhkan waktu 15 menit untuk menyerap tabir surya. Pastikan mengoleskan tabir surya sebelum kulit benar-benar terpapar matahari agar manfaatnya efektif.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Inspirasi padu-padan aksesoris kala zoom meeting
Rabu, 14 Juli 2021 - 17:22 WIB
Penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat yang dilaksanakan dari tanggal 3 hingga 20 J...
Anti salah kostum, begini siasat Raline Shah
Jumat, 02 Juli 2021 - 18:22 WIB
Sebagai selebritas yang harus tampil menawan di hadapan kamera, aktris Raline Shah punya siasat ters...
Mengatasi kulit kendur dengan filler yang tepat
Jumat, 25 Juni 2021 - 13:56 WIB
Beraktivitas di luar ruangan khususnya berolahraga seperti bersepeda, lari, golf, basket dan lainnya...
Fres & Natural-Collette & Lola hadirkan wewangian aroma dessert
Jumat, 25 Juni 2021 - 09:23 WIB
Fres & Natural berkolaborasi dengan Collette & Lola menghadirkan wewangian aroma dessert terinspiras...
Maybelline X ITZY suarakan self-love lewat tampilan #BEBOLDNOTSHY
Selasa, 22 Juni 2021 - 16:34 WIB
Maybelline kini tampil dengan wajah-wajah baru. Ya, Maybelline kini resmi menggandeng girl band asal...
Pentingnya bersihkan kulit wajah dengan `double cleansing`
Jumat, 11 Juni 2021 - 11:23 WIB
Membersihkan wajah merupakan salah satu tahapan penting untuk menjaga kulit agar tetap cantik dan se...
3 Cara efektif menghilangkan double chin
Kamis, 10 Juni 2021 - 15:34 WIB
Yang bisa punya double chin bukan hanya yang gemuk saja lho, tapi banyak juga orang-orang dengan b...
Miss Myanmar Thuzar Wint Lwin juara kontes kostum Miss Universe
Selasa, 18 Mei 2021 - 15:01 WIB
Miss Myanmar Thuzar Wint Lwin menyabet gelar Kostum Nasional Terbaik di ajang Miss Universe pada Min...
Kenali batas normal kerontokan rambut
Jumat, 07 Mei 2021 - 16:23 WIB
Ada istilah bahwa rambut adalah mahkota perempuan, namun rambut juga penunjang penampilan bagi kaum ...
Inspirasi riasan di bulan Ramadhan hingga sambut Lebaran 2021
Jumat, 30 April 2021 - 13:39 WIB
Menyambut Hari Raya Lebaran, tentunya para wanita ingin tampil cantik karena silaturahmi tetap harus...
Live Streaming Radio Network