Selain wajah, mengapa bagian tubuh ini juga wajib dioleskan sunscreen?
Elshinta
Senin, 21 September 2020 - 09:36 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Selain wajah, mengapa bagian tubuh ini juga wajib dioleskan sunscreen?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3mFP8qr

Elshinta.com - Memakai sunscreen atau tabir surya merupakan hal yang wajib dilakukan agar tetap terlindungi dari sinar matahari, terutama yang sering beraktivitas di luar ruangan. Sayangnya, ada beberapa bagian tubuh yang sering terlewatkan dalam memakai sunscreen. 

Saat menggunakan sunscreen, biasanya hanya fokus pada kulit wajah, tangan dan kaki saja. Padahal, masih ada bagian tubuh lain yang juga penting untuk dilindungi. 

Fakta menyebutkan bahwa penggunaan tabir surya dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit serta penuaan dini akibat paparan sinar ultraviolet dari matahari. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini bagian tubuh yang wajib dioleskan sunscreen:

Ujung wajah
Saat mengaplikasikan sunscreen di wajah, oleskan pula pada ujung pipi, ujung dahi, dan area jawline. Daerah tersebut sama pentingnya termasuk bagian leher.

Kelopak mata
Gunakan stick sunscreen untuk menghindari cairan yang mengalir ke mata. Berhati-hatilah supaya tidak melewatkan kelopak mata dan tulang alis. 

Selain memakai topi dan kacamata hitam, jauhkan dari pelindung mata yang berbahan logam. Karena dapat menyerap sinar matahari dan memperparah hyperpigmentasi kulit.

Kulit kepala
Kulit kepala pun telah dilindungi oleh jumlah rambut yang banyak. Namun, tidak semua bagian kulit kepala tertutupi oleh rambut. Bagian belahan rambut tentu tidak mendapatkan perlindungan dari akar rambut. Jika tidak menggunakan penutup kepala, bagian rambut bisa terkena efek sun burning. 

Akibatnya, kulit kepala akan terasa gatal dan dapat mengelupas. Untuk pemilik rambut tipis, dermatologis merekomendasikan penggunaan sunscreen spray untuk melindungi kulit kepala dari kerusakan lebih lanjut.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3kCwNcm

Hair line
Tidak hanya digunakan sampai dahi. Bagian hair line juga penting untuk dilindungi. Meskipun kulit tertupi oleh rambut halus dalam jumlah yang banyak, namun area ini penting untuk mendapat perlindungan sunscreen agar kulit juga tidak terlihat belang (warna kulit yang tidak merata).

Bibir
Bibir yang tidak terlindungi dari sinar matahari, lambat laun terlihat kering dan gelap. Kulit pada bibir sangat halus dan rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Untuk melindunginya, gunakan sunscreen khusus atau lip balm dengan formula SPF 20/30 saat berada di dalam atau di luar ruangan.

Telinga
Telinga biasanya sering terpapar sinar matahari yang menyebabkan kemerahan dan rusak akibat sinar matahari. Aplikasikan sunscreen di seluruh daun telinga depan dan belakang. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/366wnHd

Tangan dan pergelangan tangan
Bagian atas tangan dan pergelangan tangan merupakan bagian yang rentan terbakar oleh sinar matahari. Oleskan selalu sunscreen pada bagian atas jari, pergelangan tangan.

Dada
Saat mengenakan baju tanpa lengan, sebaiknya gunakan SPF di seluruh dada, pundak, dan ketiak agar daerah tersebut tidak semakin gelap. Demikian pula dengan payudara. Untuk menjaga kulit payudara agar awet muda dan tidak cepat keriput, wajib mengaplikasikan sunscreen. 

Kulit akan mengendur saat bertambah usia, maka sebelum memerlukan krim anti-aging, ada baiknya menjaga kesehatan payudara dengan sunscreen.

Pusar
Kedengarannya aneh, ternyata bagian perut juga perlu memakai sunscreen. Ini sangat penting untuk dilakukan terutama di tempat-tempat kecil yang sangat penting. Selalu oleskan sunscreen ke seluruh tubuh agar tetap terlindungi dari sinar matahari.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3kuuFD6

Bawah lutut
Kulit bagian bawah lutut sangat sensitif terhadap radiasi matahari. Sehingga akan terasa sangat perih jika terbakar. Jadi jangan lupa untuk memberi perhatian lebih pada bagian kulit di area kaki ini.

Puncak kaki
Untuk yang senang memakai sepatu terbuka dan sering mendapat sengatan dari sinar matahari setelah menggunakannya maka berikan bagian atas telapak kaki dan pergelangan kaki sunscreen secara menyeluruh sebelum ke luar ruangan tanpa alas kaki atau memakai sepatu terbuka.

Rata-rata orang dewasa membutuhkan 1 ons atau kira-kira seukuran 1 gelas gula cair kecil untuk melindungi seluruh tubuh. Kulit membutuhkan waktu 15 menit untuk menyerap tabir surya. Pastikan mengoleskan tabir surya sebelum kulit benar-benar terpapar matahari agar manfaatnya efektif.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Apa penyebab makeup tidak bisa tahan seharian?
Senin, 28 September 2020 - 11:14 WIB
Umumnya, makeup yang terlihat sempurna itu hanya terjadi di pagi hari atau saat baru menyelesaikan r...
Selain wajah, mengapa bagian tubuh ini juga wajib dioleskan sunscreen?
Senin, 21 September 2020 - 09:36 WIB
Memakai sunscreen atau tabir surya merupakan hal yang wajib dilakukan agar tetap terlindungi dari si...
Hal-hal yang harus dilakukan sebelum mencoba skincare baru
Senin, 14 September 2020 - 10:16 WIB
Bagi pemula, tentu juga merasa bingung saat akan mencoba skincare. Banyaknya produk dan tahapan-taha...
 Kesalahan pada rambut yang membuat wajah terlihat lebih tua
Senin, 07 September 2020 - 09:29 WIB
Banyak wanita yang terkadang menyepelekan rambut mereka. Padahal ternyata rambut memberi pengaruh ba...
 Bagaimana cara makeup untuk kulit berjerawat agar terlihat mulus?
Senin, 31 Agustus 2020 - 10:45 WIB
Meskipun saat ini sudah banyak sekali produk-produk kecantikan yang bisa digunakan, jika tidak menge...
 Hindari kesalahan ini saat menggunakan bedak
Senin, 24 Agustus 2020 - 10:57 WIB
Sepintas, mengaplikasikan bedak memang tampak mudah. Kendati demikian, ternyata ada beberapa kesalah...
 Penyebab eyeliner luntur yang perlu dihindari
Senin, 10 Agustus 2020 - 10:31 WIB
Permasalahan eyeliner luntur memang sering dialami para pengguna makeup. Umumnya, eyeliner yang lunt...
Tahapan skin care untuk mendapatkan kulit wajah bersinar
Senin, 03 Agustus 2020 - 09:43 WIB
Seiring bertambahnya usia, tak dapat dipungkiri kandungan kolagen, elastin dan asam hialuronat dalam...
Kebiasaan tak terduga yang membuat kulit cepat tua
Senin, 27 Juli 2020 - 10:34 WIB
 Ada banyak racun dan partikel yang mudah menguap di lingkungan yang membuat cepat tua. Meskipun ba...
Bahan skincare berikut ini yang membuat kulit wajah bersinar
Senin, 20 Juli 2020 - 08:33 WIB
Memerhatikan komposisi bahan yang ada dalam skincare merupakan kunci dari keberhasilan perawatan kul...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV