Hati-hati, jangan sepelekan masalah menstruasi ini
Elshinta
Rabu, 23 September 2020 - 11:10 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Hati-hati, jangan sepelekan masalah menstruasi ini
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3kAwTko

Elshinta.com - Mengalami mood swing dan kram perut di awal menstruasi sebenarnya merupakan hal yang wajar bagi perempuan. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon pada tubuh yang memicu tubuh untuk bereaksi selama periode awal, sebelum, atau bahkan setelah datang bulan.

Namun, tidak semua hal boleh dianggap normal. Perhatikan beberapa masalah yang juga sering terjadi saat menstruasi. Sebab, tanpa disadari, hal ini justru bisa menjadi tanda adanya penyakit pada tubuh. Gangguan menstruasi menjadi salah satu masalah kesehatan reproduksi yang banyak membuat wanita memeriksakan diri ke dokter. 

Gangguan menstruasi atau menstruasi sangat umum terjadi. Tergantung pada apa jenis gangguannya, kondisi ini dapat terjadi pada pasien dari berbagai macam golongan usia. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini masalah menstruasi yang tidak boleh diabaikan oleh wanita: 

Terlambat menstruasi
Menstruasi yang terlambat datang bukan selalu berarti hamil. Normalnya, siklus menstruasi akan berulang selama 28-30 hari. Namun, tidak menutup kemungkinan jika wanita mengalami perubahan waktu 5-7 hari. Namun, kalau siklus menstruasi terlambat hingga jangka waktu yang lama, bisa jadi ada masalah pada tubuh.

Jadwal menstruasi yang tidak menentu
Mestruasi umumnya rutin dialami setiap bulan dengan rentang waktu yang tidak berbeda jauh. Jika tidak bisa memperkirakan jadwal menstruasi, kadang terlambat atau tiba-tiba datang, ini menandakan adanya masalah pada kelenjar tiroid di leher yang berperan sebagai pengatur hormon. 

Bisa jadi, hal tersebut adalah tanda dari penyakit hipotiroidisme maupun hipertiroidisme yang menyebabkan datang bulan menjadi tidak menentu. Jadwal menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi diakibatkan karena pikiran yang terbebani seperti stres, pola makan yang tidak sehat, atau olahraga yang berlebihan. Kalau kondisi ini terjadi selama kurang lebih tiga bulan, sebaiknya segera periksa diri ke dokter.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3hTSOkU

Absen menstruasi
Pada beberapa kasus, perempuan tidak mendapatkan menstruasinya. Gangguan ini disebut juga amenorrhea. Amenorrhea primer adalah pada saat wanita tidak mendapatkan menstruasi pertama pada usia 16 tahun. 

Hal ini bisa terjadi akibat masalah pada kelenjar pituitari, kelainan sejak lahir pada sistem reproduksi wanita, atau keterlambatan pubertas. Amenorrhea sekunder terjadi saat wanita berhenti mendapatkan menstruasi reguler selama enam bulan atau lebih.

Pendarahan lama
Periode datang bulan biasanya terjadi selama 5-7 hari. Pendarahan berlebih yang terjadi dalam jangka waktu lama tidak boleh diabaikan. Sebab bisa mengakibatkan kekurangan darah dan merasa lemas. 

Apalagi bagi yang memiliki riwayat penyakit anemia. Selain itu, pendarahan berlebih juga merupakan gejala dari penyakit menorrhagia, masalah hormon, bahkan risiko adanya polip di rahim.

Muncul flek
Flek atau bercak kecoklatan biasanya ditemui di awal atau beberapa hari setelah menstruasi. Namun bila mengalaminya di luar jadwal menstruasi, sebaiknya segera menghubungi dokter. Bukan hanya menandakan adanya masalah, seperti penyakit radang panggul, flek juga menjadi salah satu gejala dari kanker serviks. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/366BnLA

Kram perut 
Kram perut saat menstruasi memang menyiksa dan biasanya akan mereda beberapa jam setelahnya. Rasa sakit berlebihan yang berlangsung lebih lama disebut dengan dismenore. Rasa sakit yang dialami ketika seseorang menderita dismenore terkadang juga disertai oleh kondisi pucat, berkeringat, lemas, serta kepala terasa ringan (lightheadedness). 

Selain itu, kram perut yang berlebih bisa jadi merupakan tanda dari endometriosis, yaitu jaringan yang melapisi uterus kemudian tumbuh di organ lain, sehingga menyebabkan sakit perut yang berlebihan. 

Premenstrual Dysphoric Disorder  
Kondisi emosional yang sering kamu alami sebelum menstruasi, Premenstrual Syndrome (PMS) memang sangat wajar terjadi karena tubuh sedang mengalami perubahan hormon. Tapi bila seorang wanita terganggu dengan mood yang naik-turun, bisa jadi tidak hanya sedang mengalami PMS.

Kondisi bad mood yang berlebihan dan tidak terkontrol dikenal juga dengan nama Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD). Gejalanya ditunjukkan dengan mood yang naik-turun, antisosial, dan tidak bisa menikmati hal yang biasanya membuat senang. Agar tidak berlanjut menjadi salah satu tahap depresi, segera konsultasi ke dokter untuk meminta solusi.

Perdarahan 
Perdarahan di luar menstruasi dapat disebut juga sebagai metroragia. Pendarahan ini dapat disebabkan oleh keadaan yang bersifat hormonal atau kelainan anatomis. 

Pada kelainan hormonal, terjadi gangguan poros hipotalamus-hipofise, ovarium atau indung telur, dan rangsangan estrogen dan progesteron. Kelainan ini memiliki bentuk perdarahan di luar menstruasi, bentuknya bercak, terjadi terus menerus atau berkepanjangan.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2EpWmxL

Mastodinia 
Bentuk gangguan sebelum menstruasi lainnya adalah mastodinia (mastalgia), yakni terasa pembengkakan dan pembesaran payudara sebelum menstruasi. Kondisi ini disebabkan oleh peningkatan estrogen sehingga terjadi retensi air dan garam. 

Tetapi, perlu diperhatikan kemungkinan adanya radang payudara atau tumor payudara. Untuk mengetahui penyebab pasti ketegangan pada payudara, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin. 

Mittelschmrz
Keluhan lain berkaitan dengan masa sebelum menstruasi adalah mittelschmrz berupa rasa nyeri saat ovulasi. Hal ini terjadi karena pecahnya folikel Graaf, dapat disertai perdaragan. Lama gangguan sekitar beberapa jam sampai 2-3 hari. 

Sakit kepala berlebih
Sakit kepala saat menstruasi biasanya terjadi pada perempuan yang memang memiliki penyakit migrain. Bukan sakit kepala biasa, tapi sangat tersiksa dan merasakan nyeri pada kepala yang tak tertahankan. Segera minum obat untuk meredakan sakit kepala. 

Namun, kalau sudah sangat mengganggu, bisa minum obat anti mual untuk meredakan pembuluh darah yang membengkak dan bikin sakit kepala tidak menyebar ke mana-mana. Ada baiknya, melakukan konsultasi pada dokter untuk mengatasinya. 

Menghadapi gangguan menstruasi, tidak boleh dianggap remeh, karena akan sangat memengaruhi kondisi fisik dan mental wanita. Beberapa hal di atas mungkin sering dialami, sehingga menganggap normal terjadi. Namun kalau kondisi di atas sudah mengganggu aktivitas sehari-hari, segera periksakan diri ke dokter. 


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Ahli Kandungan: Terapi hormon pada menopause berisiko kanker rahim
Minggu, 18 Oktober 2020 - 20:55 WIB
Ahli kandungan dari Klinik Hayandra dr Anggara Mahardika SpOG mengatakan terapi hormon pada perempua...
Sosialisasi pembinaan KB program non fisik TMMD 109 Kodim 1711/BVD
Selasa, 06 Oktober 2020 - 19:48 WIB
Kepala Puskesmas Mindiptana, Hendrikus Kamben didampingi Kepala Kampung Kakuna Bapak Ishak Tenot d...
Apa penyebab kram perut pada wanita selain menstruasi?
Rabu, 30 September 2020 - 10:19 WIB
Tak semua rasa kram perut disebabkan oleh menstruasi. Penyebab kram perut yang terasa menyakitkan da...
Hati-hati, jangan sepelekan masalah menstruasi ini
Rabu, 23 September 2020 - 11:10 WIB
Perhatikan beberapa masalah yang juga sering terjadi saat menstruasi. Sebab, tanpa disadari, hal ini...
 Cara menjaga kesehatan rahim yang wanita harus tahu
Rabu, 16 September 2020 - 09:23 WIB
Dalam sistem reproduksi, rahim menjadi organ vital karena sebagai tempat berkembangnya janin. Rahim ...
 Fakta tentang kesuburan wanita yang perlu diketahui
Rabu, 09 September 2020 - 10:06 WIB
Mendapatkan anak berhubungan dengan kesuburan atau fertilitas seseorang. Ada banyak faktor yang mela...
 Kesalahan saat memakai pembalut yang tidak disadari wanita
Rabu, 02 September 2020 - 11:19 WIB
Normalnya, wanita mengalami periode menstruasi sebanyak 480 kali sepanjang hidupnya. Rata-rata kaum ...
Jaga `mood` selama hamil dengan rajin olahraga
Rabu, 26 Agustus 2020 - 21:37 WIB
Berolahraga ringan untuk para wanita hamil tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan kebugaran tetapi ...
Wanita harus tahu, cara merawat Miss V sesuai perubahan usia
Rabu, 26 Agustus 2020 - 09:13 WIB
Organ intim akan berubah seiring bertambahnya usia. Lambat laun, bentuk Miss V tidak sama seperti be...
 Kenali apa itu kutu kemaluan, penyebab dan cara mengobatinya
Rabu, 19 Agustus 2020 - 10:35 WIB
Kutu kelamin ini memang sering disebut bisa menjadi penyebab ketidaknyamanan pada area organ intim. ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV