Kesalahan yang dilakukan saat membersihkan rumah
Elshinta
Jumat, 25 September 2020 - 09:33 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Kesalahan yang dilakukan saat membersihkan rumah
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3cvXeh2

Elshinta.com - Kegiatan membersihkan rumah biasanya jadi agenda wajib setiap keluarga. Tentu semua ingin rumah menjadi bersih dan dalam waktu sesingkat mungkin. Tetapi ada kebiasaan umum yang menghambat kegiatan membersihkan rumah. 

Namun, sejumlah kesalahan mungkin saja dilakukan sehingga banyak waktu terbuang percuma dan rumah justru berantakan. Berikut kesalahan yang perlu dihindari dalam membersihkan rumah yang dihimpun dari berbagai sumber: 

Memulai dari tempat yang salah
Saat akan membersihkan rumah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melihat kondisi rumah. Terapkan kebiasaan membersihkan dari atas ke bawah. Mulailah dengan membersihkan kabinet, permukaan, dan penghitung atas sebelum pindah ke permukaan dan lantai yang lebih rendah. 

Lakukan urutan membersihkan yang benar. Jangan sampai menyapu lantai dahulu, lalu membersihkan debu dan menyeka jaring laba-laba. Urutan yang keliru itu membuatmu kerja dua kali. 

Menggunakan kemoceng
Alat ini sebenarnya hanya memindahkan debu dari satu tempat ke tempat yang lain. Dengan debu yang semakin menyebar, akan lebih sulit untuk membersihkannya. Lebih baik menggunakan kain microfiber yang menyerap debu.

Cuci jendela di hari yang panas
Cuaca panas mungkin tampak seperti waktu terbaik untuk mencuci jendela, namun sebenarnya panas menyebabkan kaca cepat kering, yang akan meninggalkan noda bekas air pada kaca. Jika membersihkan kaca di cuaca terik pastikan segera mengelap kaca dengan lap kering untuk menghindari sisa air.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3cworjj

Tidak membersihkan penyedot debu
Penyedot debu biasanya dilengkapi dengan moncong (ujung penyedot) yang berbeda untuk setiap operasi pembersihan. Gunakan moncong sesuai petunjuk penggunaan. Penggunaan moncong yang tidak tepat akan membuat pekerjaan jauh kurang efektif dan karena itu lebih sulit. 

Setelah itu bersihkan alatnya. Jika tidak sering dibersihkan, vacuum cleaner bukannya menarik debu tetapi malah mengeluarkan debu. Tentu ini akan menambah kesulitan dalam membersihkan rumah.

Tidak langsung membilas kain pel
Luangkan waktu untuk mencuci kain pembersih, pel dan sikat gosok untuk membersihkan filter vakum dan gelas setiap penggunaan. Setelah menggunakan kain pel, jangan malas mencucinya. Karena hal ini justru akan membuat kain pel akan semakin sulit untuk dibersihkan saat akan dipakai lagi.

Menggunakan kain pembersih kotor
Jika menyeka meja dapur dan membersihkan jendela dengan kain kotor, justru membuat benda-benda itu jadi kotor. Bahkan bisa menyebarkan bakteri secara tidak sengaja di sekitar rumah. Selain itu malah membuat cermin dan jendela kaca menjadi lebih kotor.

Singkirkan kain pembersih yang kotor, dan pilih kain mikrofiber yang tidak akan meninggalkan serat. Serat-serat yang dijalin rapat bahkan mampu menyapu bakteri walau tanpa bantuan pembersih kimia.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3hZegoQ

Menggunakan alat yang salah  
Ada beberapa alat untuk membersihkan rumah yang membuat tugas memakan waktu jauh lebih mudah. Jika masih membersihkan kerai jendela dengan tisu, ada cara yang lebih mudah. Gunakan sikat pembersih yang dapat menjangkau sudut rumah yang sempit atau sulit dibersihkan.

Hanya menggunakan satu alat kebersihan 
Tak jarang orang yang menggunakan satu kain lap atau alat pembersih apapun untuk semua tempat dan semua barang. Meskipun menambahkannya dengan larutan pembersih. Kesalahan membersihkan rumah ini menyebabkan bakteri dan kuman hanya berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Gunakan lap berbeda setiap membersihkan permukaan benda, atau bersihkan kain pembersih microfiber untuk setiap area rumah. Jenisnya juga dibedakan dari benda yang akan dibersihkan, masing-masing untuk kaca, furnitur, dan benda elektronik. Kain pembersih microfiber bisa dicuci setelah digunakan hingga bekas kotorannya hilang.

Tidak langsung dibersihkan
Terkadang, seseorang juga tidak membersihkan rumah secara keseluruhan. Hanya menyapu yang terlihat kotor saja, tidak sampai ke sudut-sudut ruangan. Debu-debu di kursi dan karpet juga tidak dibersihkan. Dengan berbagai alasan, banyak orang yang lebih suka bersih-bersih semuanya di akhir pekan. 

Padahal pada akhir pekan noda akan mulai menempel, tumpukan kekacauan akan semakin besar, dan tugas itu akan tampak lebih menakutkan. Usahakan meluangkan waktu beberapa menit untuk langsung membersihkannya agar di akhir pekan tidak menumpuk.  

Biarkan produk pembersih bekerja
Kebanyakan orang pasti pernah melakukan kesalahan ini, mengaplikasikan produk pembersih kemudian langsung menyikatnya. Sebaiknya biarkan produk itu bekerja selama beberapa menit baru kemudian dibersihkan. Jika hal ini dilakukan, maka tidak perlu menggosok setiap permukaan, karena ini akan merusak materi.

Tidak membersihkan peralatan pembersih
Setelah digunakan membersihkan rumah, luangkan waktu untuk mencuci kain pembersih, kepala pel, sikat gosok, saringan penyedot debu, dan alat kebersihan lainnya. Jika tidak dibersihkan, bisa membuat kotoran menyebar lebih mudah di sekitar rumah. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/330kmRu

Semprot langsung 
Menyemprot cairan pembersih secara langsung ke furnitur, porselen atau kaca dapat menyebabkan penumpukan larutan. Hal ini dapat menimbulkan minyak dan lendir. Inilah yang menyebabkan debu dan kotoran menempel lebih kuat. Cara yang benar adalah menyemprotkan larutan pada kain pembersih microfiber atau handuk kertas sekali pakai. 
Kemudian gunakan untuk mengelap atau membersihkan permukaan benda atau kaca.

Membiarkan sikat toilet basah
Jika sikat toilet diletakkan kembali ke tempatnya setelah digunakan dalam keadaan basah, kelembaban, dan kuman dari toilet terjebak dalam wadah dan sikat. Kuman dan bakteri ini akan berkembang biak. 

Saat sikat kemudian digosok kembali ke toilet, kuman bukannya hilang justru akan menempel di toilet. Sebaiknya setelah menyikat toilet, segera cuci dan biarkan sikat toilet benar-benar kering sebelum mengembalikannya ke dudukannya.

Tong sampah tidak dibersihkan 
Setelah selesai membersihkan rumah, membuang sampah adalah hal yang wajib dilakukan. Namun, yang sering dilupakan adalah membersihkan tong sampah usai membuang sampah. 

Sempatkan selalu untuk membersihkan tong sampah dengan menggosok bagian dalam tong sampah dengan air bersih mengalir. Tong sampah kamar mandi dan dapur yang perlu rutin dibersihkan.


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Contoh Kitchen set yang membuat dapur anda terlihat semakin Cantik
Minggu, 27 September 2020 - 13:26 WIB
Contoh kitchen set - Kitchen set ini sangat cocok untuk dapur minimalis Anda. Kitchen set ini berfun...
Kesalahan yang dilakukan saat membersihkan rumah
Jumat, 25 September 2020 - 09:33 WIB
Kegiatan membersihkan rumah biasanya jadi agenda wajib setiap keluarga. Tentu semua ingin rumah menj...
Ketahui apa saja jenis material penyekat ruangan yang biasa digunakan
Jumat, 18 September 2020 - 10:05 WIB
Salah satu elemen penting dalam hunian saat ini adalah partisi ruangan. Partisi berfungsi membatasi ...
Furnitur yang cocok untuk rumah minimalis
Jumat, 11 September 2020 - 10:36 WIB
 Tidak masalah bila memiliki rumah dengan ukuran yang minimalis. Untuk menyiasati ruangan yang terb...
Apa saja jenis sertifikat properti yang harus diketahui?
Jumat, 04 September 2020 - 09:06 WIB
Urusan legalitas pada saat membeli rumah atau properti memang tidak bisa diremehkan. Kelengkapan dok...
Hunian sehat dengan cahaya alami di Alam Sutera ini raih Rekor MURI
Minggu, 30 Agustus 2020 - 17:28 WIB
Hunian di Alam Sutera ini dilaunching dengan disiarkan secara serentak melalui live streaming di 50 ...
Cara merawat rumah agar tahan lama
Jumat, 28 Agustus 2020 - 10:34 WIB
Perawatan rumah bukan hanya membersihkan atau memperbaiki perabot yang rusak, melainkan juga perawat...
Hunian idaman keluarga Joe Taslim
Senin, 24 Agustus 2020 - 14:40 WIB
Fungsi tempat tinggal bagi keluarga itu tidak semata merupakan tempat berteduh saja tetapi juga menj...
 Bagaimana membuat kamar mandi minimalis agar tetap nyaman?
Jumat, 14 Agustus 2020 - 13:20 WIB
Menata kamar mandi minimalis agar memuat segala sesuatu di dalam ruang yang tersedia adalah tidak mu...
Apa saja faktor yang memengaruhi nilai jual rumah?
Jumat, 07 Agustus 2020 - 10:09 WIB
Salah satu jenis properti yang paling diburu oleh masyarakat adalah rumah, jika dibandingkan dengan ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV