Apa penyebab makeup tidak bisa tahan seharian?
Elshinta
Senin, 28 September 2020 - 11:14 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Apa penyebab makeup tidak bisa tahan seharian?
Ilustrasi. Sumber foto: https: https://bit.ly/3kSrGEN

Elshinta.com - Memiliki riasan yang tahan lama sepanjang hari menjadi salah satu impian banyak perempuan. Namun umumnya, makeup yang terlihat sempurna itu hanya terjadi di pagi hari atau saat baru menyelesaikan rutinitas kecantikan itu. Memasuki pertengahan hari, makeup mulai memudar atau pecah di beberapa area wajah. 

Selain cuaca yang panas dan keringat, ada penyebab utama makeup tidak dapat bertahan lama di wajah. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penyebabnya:

Tidak menggunakan pelembap
Kunci dari makeup yang flawless adalah kulit wajah yang sehat dan lembap. Ketika tidak menggunakan pelembap, maka kulit pun mejadi kering. Untuk membuatnya terhidrasi, kulit wajah pun akan memproduksi minyak lebih banyak. Inilah yang membuat makeup jadi mudah luntur. 

Tidak mengaplikasikan primer
Jika foundation yang digunakan tidak tahan lama, mungkin karena tidak memakai primer. Tujuan utama produk itu untuk menjaga foundation tetap menempel pada permukaan kulit sepanjang hari. 

Masing-masing primer memiliki formula khusus yang ditargetkan untuk tipe kondisi kulit yang berbeda, mulai dari kulit yang berminyak sampai kulit dengan gejala penuaan dini. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3mU8jNr

Foundation tidak sesuai
Ada banyak jenis foundation yang dapat dipilih, namun tidak semuanya cocok dengan jenis kulit. Ketika foundation tidak dapat bertahan lama di atas permukaan wajah, besar kemungkinan formula produk itu kurang cocok dengan jenis kulit.

Tidak memakai bedak
Jika tidak memakai bedak, maka segala macam produk cair maupun krim yang sudah diatur di wajah akan menjadi mudah luntur. Sebab, bedak bisa membuat foundation dan concealer menjadi lebih menempel pada wajah dan tidak membuatnya mudah bergeser. 

Untuk yang tidak menyukai bedak yang mengandung warna di dalamnya, bisa menggunakan translucent powder yang tidak akan memberikan warna pada wajah. Selain itu translucent powder juga akan tetap memperlihatkan warna foundation yang sedang dipakai.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/36dU5B1

Tidak melakukan blotting
Wajah yang berminyak jadi salah satu alasan utama makeup tidak dapat bertahan lama. Daripada mengaplikasikan ulang makeup di atas permukaan wajah yang berminyak, dapat membersihkan minyak berlebih atau blotting menggunakan kertas minyak atau produk lainnya. Setelah itu baru aplikasikan makeup pada area yang memerlukannya.

Tidak menyemprotkan setting spray
Jika primer digunakan di awal tahapan makeup, maka setting spray disemprotkan pada akhir tahapan makeup. Gunanya adalah untuk mengunci keseluruhan produk makeup agar menempel lebih sempurna di wajah. Sehingga makeup tak akan mudah luntur ketika tak sengaja tergesek sesuatu. 

Makeup yang kurang berkualitas
Kualitas dari produk makeup yang digunaan juga jadi penentu apakah makeup akan mudah luntur atau tidak. Biasanya, makeup yang sudah terjamin kualitasnya memiliki daya tahan yang lebih baik pada wajah. 

Menggunakan banyak produk 
Sebaiknya, hindari terlalu banyak menggunakan produk dalam satu waktu. Kebiasaan seperti inilah yang akan membuat makeup mudah luntur, sebab produk yang digunakan sebelumnya belum menyerap atau menempel secara sempurna. 

Berikan jeda per produk sekitar 3-5 menit untuk mengaplikasikan produk berikutnya. Produk yang menempel terlalu banyak pada wajah akan membuat wajah terasa berat dan mudah berminyak.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/30fuqnR

Menggunakan formula yang salah
Banyak orang yang kurang memerhatikan label makeup yang mereka pakai. Padahal, label ini memiliki peran penting agar makeup bisa tahan lama di wajah. Misalnya, jika kulit berminyak pilih produk dengan label oil-free dan non-comedogenic, agar wajah tidak tambah beminyak.

Mengaplikasikan ulang makeup dengan kuas
Mengaplikasikan ulang makeup dengan kuas bedak hanya akan menghapus riasan di area wajah lainnya. Ketika akan melakukan touch up, gunakan spons makeup untuk mengaplikasikan bedak atau ingin meratakan foundation yang terlihat pecah di atas kulit. Teknik ini akan menghaluskan kembali riasan dengan lebih mudah dan cepat.

Sering menyentuh wajah
Jika terus-terusan menyentuh wajah dengan tangan akan menjadi mudah berminyak. Kebiasaan menumpu dan memegangi wajah dengan tangan tak hanya bisa melunturkan makeup, tetapi tangan yang kotor juga akan menimbulkan jerawat dan meningkatkan produksi jerawat di wajah.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Inspirasi padu-padan aksesoris kala zoom meeting
Rabu, 14 Juli 2021 - 17:22 WIB
Penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat yang dilaksanakan dari tanggal 3 hingga 20 J...
Anti salah kostum, begini siasat Raline Shah
Jumat, 02 Juli 2021 - 18:22 WIB
Sebagai selebritas yang harus tampil menawan di hadapan kamera, aktris Raline Shah punya siasat ters...
Mengatasi kulit kendur dengan filler yang tepat
Jumat, 25 Juni 2021 - 13:56 WIB
Beraktivitas di luar ruangan khususnya berolahraga seperti bersepeda, lari, golf, basket dan lainnya...
Fres & Natural-Collette & Lola hadirkan wewangian aroma dessert
Jumat, 25 Juni 2021 - 09:23 WIB
Fres & Natural berkolaborasi dengan Collette & Lola menghadirkan wewangian aroma dessert terinspiras...
Maybelline X ITZY suarakan self-love lewat tampilan #BEBOLDNOTSHY
Selasa, 22 Juni 2021 - 16:34 WIB
Maybelline kini tampil dengan wajah-wajah baru. Ya, Maybelline kini resmi menggandeng girl band asal...
Pentingnya bersihkan kulit wajah dengan `double cleansing`
Jumat, 11 Juni 2021 - 11:23 WIB
Membersihkan wajah merupakan salah satu tahapan penting untuk menjaga kulit agar tetap cantik dan se...
3 Cara efektif menghilangkan double chin
Kamis, 10 Juni 2021 - 15:34 WIB
Yang bisa punya double chin bukan hanya yang gemuk saja lho, tapi banyak juga orang-orang dengan b...
Miss Myanmar Thuzar Wint Lwin juara kontes kostum Miss Universe
Selasa, 18 Mei 2021 - 15:01 WIB
Miss Myanmar Thuzar Wint Lwin menyabet gelar Kostum Nasional Terbaik di ajang Miss Universe pada Min...
Kenali batas normal kerontokan rambut
Jumat, 07 Mei 2021 - 16:23 WIB
Ada istilah bahwa rambut adalah mahkota perempuan, namun rambut juga penunjang penampilan bagi kaum ...
Inspirasi riasan di bulan Ramadhan hingga sambut Lebaran 2021
Jumat, 30 April 2021 - 13:39 WIB
Menyambut Hari Raya Lebaran, tentunya para wanita ingin tampil cantik karena silaturahmi tetap harus...
Live Streaming Radio Network