Pilkada Kaltara, Survei LSI: Elektabilitas petahana masih teratas
Elshinta
Senin, 28 September 2020 - 15:55 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Pilkada Kaltara, Survei LSI: Elektabilitas petahana masih teratas
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com

Elshinta.com - Dari tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan ambil bagian di Pilkada Kalimantan Utara (Kaltara), 9 Desember mendatang, pasangan petahana Irianto Lambrie-Irwan Sabri masih memuncaki klasemen elektabilitas dengan keterpilihan sebesar 34,6, unggul jauh dari kompetitor terdekatnya Udin Hianggio-Undunsyah sebesar 18,3%, dan Zainal Arifin Paliwang-Yansen Tipa Padan (11,8%).

Demikian temuan survei terkini LSI Denny JA bertajuk 'Isu Ekonomi dan Pilihan Terhadap Calon Gubernur Kaltara 2020', yang dilansir Senin (28/9) siang, di Tarakan, Kaltara.

"Pasangan petahana Irianto Lambrie-Iwan Sabri masih puncaki klasemen elektabilitas dengan keterpilihan sebesar 34,6, terpaut 16,3% dengan kompetitor terdekatnya Udin Hianggio-Undunsyah yang memperoleh dukungan 18,3, dan terpaut lebih lebar 22,8% dari pasangan Zainal Arifin Paliwang-Yansen Tipa Padan yang didukung sebesar 11,8%," kata peneliti senior LSI Denny JA, Ikrama Masloman.

Survei yang dilakukan pada bulan September 2020, dengan menggunakan 800 responden. Survei dilakukan dengan sample di seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Utara, menggunakan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini 3,5%.

Dia menjelaskan, isu ekonomi selalu menjadi isu utama dalam dinamika politik elektoral, dimana ekonomi menjadi magnet kuat dalam membentuk tingkat keterpilihan para kandidat kepala daerah.

"Pentingnya Isu Ekonomi, maka para kandidat cenderung membangun image positifnya sebagai pribadi yang memiliki kemampuan menyelesaikan ekonomi. Entah dengan pengalaman pemerintahan bagi petahana, program dan janji ekonomi dan pengalaman advokasi usaha bagi para penantang akan ikut memperkuat dukungan jika dipersepsi memiliki kemampuan tersebut."

Isu Ekonomi menjadi isu utama, karena menurut publik kaltara masalah umum paling penting, yaitu mayoritas menyebut masalah ekonomi 51,5%, Infrastruktur 16,7%, kesehatan 11,2%, dan masalah lainnya di bawah 5%.

LSI 'melihat' isu ekonomi dinilai penting di semua Kabupaten Kota di Provinsi Kalimantan Utara. Isu Ekonomi yang menyatakan paling penting, terbesar di Kota Tarakan 59%, Malinau (51,4%), Bulungan (48.5%), dan Nunukan (48,3%)

Mayoritas Publik Kaltara butuh figur yang mampu urus ekonomi, terlihat dari hasil survei dimana pertimbangan dalam memilih kandidat kepala daerah, 53,3% kandidat yang mampu memecahkan masalah ekonomi, kedua mampu memecahkan masalah sosial 15,7%, dan 11,5 mampu memecahkan masalah hukum dan korupsi dan 5,7 mampu memecahkan masalah keamanan.

"Mengapa Irianto Lambrie-Iwan Sabri masih puncaki klasemen elektabilitas? LSI memotret beberapa kekuatan. Pertama Irianto Lambrie paling dikena, dengan popularitas di atas 90,2%, sedangkan kompetitornya Udin Hianggio-Undunsyah 74,8% dan Zainal Arifin Paliwang-Yansen Tipa baru dikenal 43,6%," jelasnya dalam rilis yang diterima redaksi elshinta.com, Senin (28/9).

"Kedua Tingkat Approval rating, atau tingkat kepuasan atas kinerja Irianto Lambrie dalam menjalankan tugasnya sebagai Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, diman 66,7% menyatakan puas dengan kinerja Irianto Lambrie-Irwan Sabri."

"Sedangkan yang ketiga, Irianto Lambrie-Irwan Sabri dinilai paling mampu menyelesaikan persoalan ekonomi di Kaltara. Dan publik kaltara menilai Irianto Lambrie paling mampu dengan 30,9% kedua Udin Hianggio-Undunsyah 14,2% dan Zainal Arifin Paliwang-Yansen Tipa Padan sebesar 7%," lanjutnya.

Pasangan Irianto Lambrie-Irwan Sabri diusung oleh partai Nasdem, Golkar, Perindo, PBB, PKS dan PAN, serta dua partai pendukung non parlemen yaitu PSI dan Partai Berkarya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pemkab Langkat terima DIPA 2021
Jumat, 27 November 2020 - 15:22 WIB
Bupati Langkat, Sumatera Utara, Terbit Rencana PA mengikuti penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Angg...
Survei Pilkada Berau: Pasangan Sri Juniarsih-Gamalis unggul
Jumat, 27 November 2020 - 14:45 WIB
Lembaga Survei Indodata merilis hasil penelitian yang dilakukan pihaknya, salah satunya melihat elek...
Wakil Ketua DPR apresiasi Kominfo tangani hoaks jelang pilkada
Jumat, 27 November 2020 - 13:47 WIB
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mendukung langkah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo...
Pangdam VI/ Mulawarman pastikan TNI siap kawal Pilkada 2020
Jumat, 27 November 2020 - 11:55 WIB
Panglima Kodam (Pangdam) VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto didampingi Danrem 101/Antasari Brigje...
Pemimpin daerah diharap selesaikan masalah COVID-19 lebih dulu
Jumat, 27 November 2020 - 07:30 WIB
Ketua Umum Gerakan Moral Rekonsilisasi Indonesia Eko Sriyanto Galgindu mengatakan pemimpin daerah di...
Bupati berikan jawaban atas padangan umum Fraksi DPRD Langkat
Kamis, 26 November 2020 - 23:36 WIB
DPRD Kabupaten Langkat, Sumatera Utara menggelar rapat paripurna dalam rangka mendengarkan jawaban B...
PP desak Ferdinand minta maaf kepada Wapres Ma`ruf Amin  
Kamis, 26 November 2020 - 22:46 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila (PP), Arif Rahman, geram den...
MA periksa pemakzulan Bupati Jember Faida
Kamis, 26 November 2020 - 17:00 WIB
Mahkamah Agung mulai memeriksa hak menyatakan pendapat (HMP) DPRD Jember untuk memakzulkan Bupati Je...
Calon Wali Kota Depok Mohammad Idris terkonfirmasi positif COVID-19
Kamis, 26 November 2020 - 16:35 WIB
Calon wali Kota Depok, Jawa Barat, Mohammad Idris dinyatakan positif terinfeksi virus COVID-19, sete...
Partai Gerindra hormati proses hukum kasus Edhy Prabowo
Kamis, 26 November 2020 - 16:00 WIB
 Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan partai politik itu menghormati pr...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV