Jubir Satgas: Pasien COVID-19 dengan gejala berat bisa sembuh
Elshinta
Selasa, 29 September 2020 - 10:11 WIB | Penulis : Dewi Rusiana | Editor : Dewi Rusiana
Jubir Satgas: Pasien COVID-19 dengan gejala berat bisa sembuh
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Reisa Broto Asmoro. Sumber foto: https://bit.ly/339oizi

Elshinta.com - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Reisa Broto Asmoro mengungkapkan, pasien COVID-19 dengan gejala berat bisa sembuh dengan cara penanganan yang tepat. Ia pun tak lupa terus mengingatkan 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Minimal 3 hari tidak lagi demam dan tidak ada gangguan pernapasan. Untuk kasus pasien dengan gejala berat, bisa saja pasien dipindah ke ruang non-isolasi sebelum dipulangkan atau rawat inap biasa,” kata Reisa dalam keterangan persnya di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (28/9). 

Untuk pasien dengan gejala ringan dan sedang, lanjut Jubir Satgas COVID-19, harus diobservasi terlebih dahulu dan sudah tidak lagi menunjukkan gejala seperti demam dan gangguan pernapasan.

“Apabila setelah menjalani perawatan di fasilitas kesehatan namun belum mencapai 14 hari, maka tetap harus menjalani isolasi mandiri di rumah. Dengan syarat tetap membatasi aktivitas dan kontak dengan orang lain,” jelas Reisa sebagaimana dilansir Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Khusus pasien asimtomatik atau orang tanpa gejala (OTG), Reisa menuturkan, dapat dinyatakan selesai isolasi mandiri setelah 10 – 14 hari sejak terkonfirmasi positif. Isolasi mandiri ini harus diterapkan dengan disiplin dan tidak boleh lengah.


Tips

Pada kesempatan itu Reisa membagikan tujuh tips pada pasien COVID-19 tanpa gejala. Pertama, selalu memakai masker selama menjalani isolasi serta mencuci sendiri masker kain yang dipakai, dan apabila menggunakan masker sekali pakai, langsung membungkus dan membuang ke tempat sampah sehabis dipakai.

“Kedua, jika ada gejala sakit seperti demam, batuk dan bersin, tetap di tempat isolasi dan tidak bepergian keluar rumah atau tidak meninggalkan tempat isolasi sampai masa isolasi selesai dijalani,” kata Reisa, seperti diinformasikan melalui laman resmi Setkab

Ketiga, memanfaatkan fasilitas telemedis atau konsultasi daring dengan pakar kesehatan. “Beritahu petugas medis tentang keluhan, gejala, serta riwayat bepergian dan apabila ada kontak dengan orang terkonfirmasi positif COVID-19,” ujar  Reisa.

Keempat, selama di rumah atau tempat isolasi, kamar harus terpisah dari anggota keluarga lainnya, selalu menjaga jarak 1 – 2 meter, serta tidak berbagi peralatan makan, mandi, dan tempat tidur yang sama dengan anggota keluarga yang lain. “Ingat, cuci sendiri tempat makannya, ya,” saran Reisa.

Kelima, melakukan pengecekan kondisi tubuh dengan mengukur suhu, denyut nadi, dan tekanan darah. “Atur jam keluar ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap paginya selama 15 – 30 menit,” terang Reisa.

Keenam, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, konsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga yang rutin dan teratur, serta tenangkan pikiran dan tenangkan jiwa. 

“Terapkan etika batuk dan bersin dan baik, yakni dengan menutup hidung dan mulut menggunakan siku lengan bagian dalam,” lanjut Reisa.

Ketujuh, menjaga kebersihan dan kesehatan di rumah serta membersihkan seluruh permukaan dengan cairan disinfektan yang tepat sesuai peruntukannya. “Jika isolasi mandiri tidak dapat dilakukan di rumah, pemerintah menyediakan fasilitas isolasi. Hubungi dinas kesehatan atau satgas setempat, apabila merasa membutuhkan,” kata Reisa.

Mengakhiri keterangan persnya, Resa meminta masyarakat meyakini bahwa pasien COVID-19 bisa sembuh kembali dan tetap waspada dan tidak menyepelekan COVID-19.

“Karena mencegah jauh lebih baik, lebih murah dan lebih nyaman. Daripada mengobati. Ingat 3M itulah pencegahan yang terbaik, kompak yuk! Solid bersatu melawan Covid-19, sukseskan 3M, hentikan penularan COVID-19,” pungkas Reisa. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Nasionalisme suatu bangsa miliki semangat cinta Tanah Air 
Jumat, 23 Oktober 2020 - 16:25 WIB
Paham kebangsaan atau Nasionalisme suatu bangsa adalah dimilikinya kesadaran dan semangat akan cinta...
 Pemkab Magelang peroleh penghargaan Proklim ketiga kali
Jumat, 23 Oktober 2020 - 16:11 WIB
Untuk yang ketiga kalinya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang, Jawa Tengah meraih penghargaan Pr...
Mabes Polri tetapkan delapan orang jadi tersangka kasus kebakaran Kejagung
Jumat, 23 Oktober 2020 - 15:55 WIB
Bareskrim Polri dan tim gabungan menetapkan sebanyak delapan orang tersangka terkait kasus kebakaran...
Mendes PDTT ajak santri perkokoh tradisi pesantren
Jumat, 23 Oktober 2020 - 13:45 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menghadiri Hari Sa...
ACT ajak masyarakat hadapi Covid-19 lewat Aksi Bangkit Bangsaku
Jumat, 23 Oktober 2020 - 12:42 WIB
ACT (Aksi Cepat Tanggap) mengajak seluruh masyarakat bergerak bersama melalui aksi Bangkit Bangsaku ...
Aster Panglima TNI serahkan paket sembako kepada petugas kebersihan
Kamis, 22 Oktober 2020 - 21:38 WIB
Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni dan Ketua Umum Pengurus Pusat Keluarga ...
 Buruh Subang tuntut Presiden Terbitkan Perppu
Kamis, 22 Oktober 2020 - 21:26 WIB
Sejumlah buruh Subang melakukan aksi demonstrasi ke DPRD Kabupaten Subang menyuarakan penolakan UU C...
Aliansi BEM Purwakarta tolak deklarasi damai tolak anarkisme, kebencian dan hoaks
Kamis, 22 Oktober 2020 - 20:36 WIB
Aliansi BEM Purwakarta, Jawa Barat, menolak Deklarasi Damai Undang-Undang Omnibus Law yang diselengg...
Rp107 triliun anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional berhasil disalurkan oleh Kemensos
Kamis, 22 Oktober 2020 - 18:01 WIB
Kemensos berhasil salurkan Rp107,7 triliun anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) atau setara 83,...
Polda Sumut jalin kerjasama dengan PTPN lll
Kamis, 22 Oktober 2020 - 16:36 WIB
Kapolda Sumut melaksanakan Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Pedoman Kerja antara PTPN III (Perse...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV