Menyiasati bergulirnya kompetisi ditengah pandemi Covid-19
Elshinta
Sabtu, 26 September 2020 - 21:55 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
 Menyiasati bergulirnya kompetisi ditengah pandemi Covid-19
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com

Elshinta.com - Dihentikannya liga 1 dan liga 2 musim kompetisi 2020 untuk sementara akibat pandemi covid-19, "memaksa" para stakeholder dibidang olahraga sepakbola akhirnya bertemu secara virtual dalam webinar dengan tema sepak bola di masa pandemi. 

Menurut Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita alasan bergulirnya kompetisi di tengah wabah Covid-19 saat ini menurutnya, sebelum ditentukan tanggal kick-off, pihaknya sudah melakukan simulasi sekaligus penelitian penyelenggaraan sepak bola di tengah pandemi seperti saat ini.

“Kami sudah lakukan riset dan simulasi, seperti halnya klub-klub yang bertanding di Eropa. Bagaimana protokol kesehatan dilakukan sangat ketat bagi semua ofisial tim yang akan bertanding dan kami sudah berkoordinasi dengan Satgas Covid, bagaimana prosedurnya dalam protokol kesehatan,” papar Lukita.

Pernyataan Lukita tersebut disampaikan secara gamblang dalam webinar Sepak Bola di Masa Pandemi yang digelar Jurnalis Olahraga Yogyakarta (JOY) bersama PS Sleman, Sabtu (26/9).

Dalam webinar yang diikuti 70 peserta baik dari kalangan jurnalis, suporter, mahasiswa serta masyarakat luas ini menghadirkan Akhmad Lukita sebagai keynote speaker, Sigit Wahyu dari Carfix, Leonardo, Manajer Bisnis dan Komersial PSS serta pengamat sepak bola Tanah Air, Yusuf Kurniawan.

“Protokol kesehatan ditekankan betul dalam penyelenggaraan liga yang tidak bisa diganggu gugat. Semua tim wajib uji rapid dan swab. Untuk swab ini harus dilakukan di bawah LIB sebelum pertandingan agar terkontrol dengan jelas. Tim juga wajib menyediakan fasilitas isolasi dan berbagai hal lain yang terkait protokol kesehatan,” jelas Lukita menambahkan.

Lukita juga menegaskan seluruh pertandingan digelar tanpa penonton atau suporter yang mana hal tersebut menjadi komitmen bersama yang telah disetujui seluruh tim peserta. 

“Termasuk tidak ada nonton bareng di mana pun, sekarang kita nonton dan mendukung dari rumah sendiri-sendiri. Pemda dan Polda di tiap daerah akan bergerak memastikan hal tersebut,” jelasnya. 

Dua pembicara lain yakni Sigit Wahyu dari Carfix dan Leonardo, Manajer Bisnis dan Komersial PSS menceritakan bagaimana dua sisi sponsor dan tim bersinergi di masa pandemi. 

Sponsor di satu sisi punya kepentingan promosi di ruang yang memang sudah jelas punya segmen, sementara tim juga wajib memberikan benefit untuk sponsor. 

“Intinya kita komunikasi, kita bicara apa yang mungkin dilakukan bersama dalam momentum saat ini, di masa pandemi. Misalnya yang tadinya  ada booth di stadion, sekarang kan enggak bisa maka dipindah ke sosial media, atau video-video saat latihan tim. Kita harus punya kreativitas untuk menyesuaikan diri,” ungkap Leonardo.

Sigit Wahyu menambahkan, sponsorship dengan klub harus saling berkomunikasi, bagaimana tetap melakukan aktivitas promosi di tengah pandemi. 

“Yang paling memungkinkan saat ini dengan aktivitas promosi lewat sosial media, dari cara konvensional ke digital. Itulah yang dilakukan Carfix memahami kondisi sepak bola saat ini (pandemi Covid-19),” ucap Sigit.

Sementara Yusuf Kurniawan, pengamat sepak bola nasional mengatakan di masa pandemi seluruh kegiatan memang berubah. Model bisnis offline harus berubah ke daring untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan yang baru akibat konsekuensi pandemi. 

“Segala bisnis konvensional harus berubah di masa ini, harus secara daring. Saya melihat baru Bali United yang melakukan model bisnis ini dan beberapa mengikuti seperti PSS yang punya pro player e-sport Rizky Faidan. Ini menarik karena ke depan, arahnya memang harus digital. Sosial media dimaksimalkan, lalu interaksi di digital, ini tantangan juga untuk seluruh tim di Indonesia, juga dalam develope pemain muda,” tutup Yuke.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Polri terbitkan izin Liga 1 dan Liga 2 Indonesia
Senin, 31 Mei 2021 - 13:11 WIB
Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah menerbitkan izin keramaian kejuaraan pertandingan sepakb...
Instruksi FIFA, PSSI putuskan Liga 1 dan 2 tetap ada degradasi dan promosi
Jumat, 28 Mei 2021 - 14:56 WIB
Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) baru saja memutuskan Liga 1 dan Liga 2 2021 bahwa tetap...
Izin Liga 1 dan 2 tunggu Kapolri pulang dari Papua
Kamis, 27 Mei 2021 - 21:24 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan izin keramaian Liga 1 dan 2 musim 2021-2022 da...
Arema FC berkomitmen jalankan regulasi prokes dalam Liga 1
Selasa, 25 Mei 2021 - 16:31 WIB
Tim berjuluk Singo Edan, Arema FC menyatakan berkomitmen penuh untuk menjalankan regulasi penerapan ...
Marc Klok pemain terbaik Piala Menpora 2021
Senin, 26 April 2021 - 06:34 WIB
Gelandang Persija Jakarta Marc Anthony Klok terpilih sebagai Pemain Terbaik Piala Menpora 2021 sehin...
Dejan Antonic puas PSS Sleman peringkat ketiga Piala Menpora
Minggu, 25 April 2021 - 06:45 WIB
Pelatih kepala PSS Sleman Dejan Antonic mengaku puas dengan capaian timnya yang berhasil merebut per...
Menpora harap pertandingan leg kedua Piala Menpora lancar  
Jumat, 23 April 2021 - 15:26 WIB
Persija Jakarta dan Persib Bandung akan kembali menjalani duel dalam laga final leg kedua turnamen p...
Menpora minta suporter Persija-Persib taat pada final Piala Menpora
Rabu, 21 April 2021 - 21:34 WIB
Menjelang final Piala Menpora 2021, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta sup...
Pelatih Persib akui laga melawan PSS Sleman melelahkan
Sabtu, 17 April 2021 - 06:45 WIB
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Albert mengakui pertandingan melawan PSS Sleman pada leg pertama ...
Persita dipastikan tersingkir dari turnamen Piala Menpora
Selasa, 30 Maret 2021 - 06:00 WIB
ersita Tangerang dipastikan tersingkir usai dikalahkan Persib Bandung dalam laga kedua Grup D Piala ...
Live Streaming Radio Network