1.000 Masjid terima bantuan operasional dari Lazismu dan BPKH Yogyakarta 
Elshinta
Jumat, 16 Oktober 2020 - 16:21 WIB | Penulis : Dody Handoko | Editor : Administrator
1.000 Masjid terima bantuan operasional dari Lazismu dan BPKH Yogyakarta 

Elshinta.com - Lazismu sebagai bagian dari gerakan masyarakat sipil (civil society) ikut merespon dan mengambil sikap dalam mendukung program nasional. Di antaranya program mendukung penanggulangan pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh Muhammadiyah dengan mendirikan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC). 

Melalui MCCC, kemudian Muhammadiyah mengeluarkan Surat Edaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada 24 Maret 2020 mengenai Tuntunan Ibadah dalam Kondisi Darurat Covid-19. 

Di mana, di dalamnya mengatur pembatasan kegiatan di dalam masjid, sehingga kondisi ini berimbas terhadap peran dan fungsi masjid. Pasalnya, ibadah salat Jumat ditiadakan selama pandemi Covid-19. 

Tentu saja, hal ini memengaruhi tata kelola keuangan masjid. Oleh karena itu, Lazismu bersama Badan Pelaksana Keuangan Haji (BPKH) Republik Indonesia merespon dalam bentuk program bantuan operasional untuk masjid yang terdampak Covid-19 di Indonesia. 

Program ini dilakukan secara serempak. Penyalurannya dilaksanakan pada 14 Oktober 2020, pada 10 provinsi dengan kasus Covid-19 terbesar se-Indonesia yang dampaknya sangat dirasakan oleh masyarakat dan pengelola masjid.  

Adapun, masjid-masjid yang menjadi sasaran program ini, meliputi beberapa masjid di Indonesia. Di antaranya di DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, hingga Banten. 

Atas terlaksananya program ini, Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat Prof. Hilman Latief, M.A., Ph.D., menyampaikan apresiasinya. Diakuinya, Lazismu merasa terhormat karena telah dipilih menjadi salah satu mitra kemaslahatan BPKH. 

“Lazismu sebagai lembaga amil zakat nasional yang juga sebagai mitra kemaslahatan, mengapresiasi program ini. Kami merasa terhormat telah dipercaya oleh BPKH sebagai salah satu lembaga yang menyalurkan dana kemaslahatan ini kepada masyarakat luas," kata Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat, Prof. Hilman Latief, M.A., Ph.D. 

Atas kerjasama ini, Lazismu bukan hanya dapat meningkatkan kinerja bagian-bagian zakat, tetapi juga dapat menjangkau penerima manfaat di berbagai provinsi se-Indonesia, yang sebelumnya belum tersentuh oleh Lazismu. 

Hilman juga menambahkan bahwa dengan terlibatnya dalam program ini, Lazismu menjadi lebih baik dalam merancang program-programnya. 

“Melalui kerjasama ini, Lazismu merasakan bahwa dinamika organisasi Lazismu dalam merumuskan program-programnya menjadi lebih sistematis. Khususnya dalam menentukan tahapan persiapan proses evaluasi pelaporan dan lain-lain. Kami berharap kerjasama ini di masa depan dapat ditingkatkan. Lalu kita sama-sama dapat memberikan manfaat yang lebih luas baik dalam bentuk bantuan bersifatnya populis maupun pembangunan infrastruktur, serta pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi,” jelasnya. 

Diketahui, prograrm bantuan ini merupakan pemberian bantuan operasional masjid. Seperti dana tunai untuk operasional masjid dan bantuan honor untuk pengurus. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini akan melibatkan berbagai kelompok dan komunitas di 10 provinsi tersebut. 

"Melalui kerjasama penyaluran bantuan operasional masjid ini, harapan kami, umat Islam akan semakin meningkatkan keyakinannya. Termasuk ajaran-ajaran Islam, rahmatan lil’alamin dan tolong-menolong dalam kebajikan, sehingga umat Islam dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dalam bentuk saling mambantu sesama manusia," tambahnya. 

Selain itu, program program kemaslahatan kerjasama BPKH dan Lazismu, semakin meningkatkan kontribusi persyarikatan Muhammadiyah melalui jejaring masjid dalam program Nasional Penggulangan Covid-19. (Dody)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Ketum PP Muhammadiyah serahkan wacana pembubaran FPI kepada negara
Senin, 23 November 2020 - 21:11 WIB
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir menyerahkan munculnya wacana pembubaran or...
Polisi sita ratusan liter miras jelang Pilkada Surakarta
Senin, 23 November 2020 - 16:30 WIB
Polres Kota Surakarta berhasil menyita ratusan liter minuman keras (miras) yang memabukkan jenis ciu...
Pemilihan ketua umum MUI yang baru dengan sistem formatur
Senin, 23 November 2020 - 16:20 WIB
Anggota Dewan Pengarah Musyawarah Nasional X Majelis Ulama Indonesia K.H. Marsudi Syuhud mengatakan ...
Bansos Jabar tahap III terdistribusi 100 Persen
Senin, 23 November 2020 - 13:55 WIB
Pendistribusian bantuan sosial (bansos) tahap III Provinsi Jawa Barat (Jabar) tuntas 100 persen yakn...
Pangdam Jaya pastikan Reuni 212 batal digelar
Senin, 23 November 2020 - 13:50 WIB
Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman memastikan agenda Reuni 212 pada Rabu (2/12) batal digela...
Apresiasi bagi `Pahlawan Pangan` saat krisis kesehatan global
Senin, 23 November 2020 - 13:25 WIB
Presiden Joko Widodo ketika membuka Jakarta Food Security Summit (JFSS) Ke-5 Tahun 2020 secara virtu...
Pemprov Jatim: UMK lima daerah ring 1 naik Rp100 ribu
Senin, 23 November 2020 - 11:05 WIB
Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyampaikan bahwa nilai Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2021 untuk...
Gubernur Sulsel harap NU jadi agen perubahan perilaku pandemi COVID-19
Minggu, 22 November 2020 - 21:55 WIB
Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah berharap keluarga besar Nahdlatul Ulama di provinsi  t...
PLN bantu listrik gratis 1.200 rumah warga kurang mampu di Kalbar
Minggu, 22 November 2020 - 20:25 WIB
Unit Induk Wilayah PLN Kalbar dalam rangka hari listrik nasional ke-75 memberikan bantuan pemasanga...
 Rumbela Desa Jatilaksana, ubah bambu hitam jadi kerajinan tangan
Minggu, 22 November 2020 - 15:37 WIB
Di tangan masyarakat Desa Jatilaksana, Kecamatan Pangkalan, bambu hitam jadi bernilai ekonomis. Bers...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV