BPKP Sumut dan Pemkab Langkat gelar workshop penggunaan dana desa
Elshinta
Kamis, 22 Oktober 2020 - 14:27 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
 BPKP Sumut dan Pemkab Langkat gelar workshop penggunaan dana desa
Sumber foto: M Salim/elshinta.com.

Elshinta.com - Badan Pemeriksa Keuangan dan Pengawasan (BPKP) Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan Pemkab Langkat menggelar Workshop Monitoring dan Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa (DD) di Kabupaten Langkat, di ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Kamis (15/10).

Workshop yang bertema, pengelolaan DD yang cepat, tepat dan terpadu sebagai upaya penanganan dampak ekonomi COVID-19 ini, dibuka wakil Bupati Langkat Syah Afandin. Dikesempatan itu, Wabup mengatakan, workshop ini sangat mendukung dalam pengelolaan dana desa. Sebab saat ini, peranan desa tidak saja penting, tetapi sangat strategis dalam pembangunan bangsa serta keutuhan dan kedaulatan NKRI. Oleh karena itu,  percepatan dan pemerataan pembangunan di seluruh desa menjadi hal yang harus dilakukan. "Setelah berjalannya waktu, desa merupakan aspek penting dalam kemajuan bangsa, serta menjadi garda terdepan dalam wilayah dan sistem kenegaraan NKRI. Semoga workshop ini, menjadikan pemerintah desa di Langkat, lebih tepat dan baik dalam menggunakan dana desanya," katanya. 

Kecepatan dan ketepatan itu, membuat pengelolaan DD nantinya, akan lebih fokus dan menjadi komponen dalam penyusunan anggaran pendapatan dan belanja desa, sehingga semakin dirasakan masyarakat . Sebab penyusunannya, akan digunakan untuk membiayai berbagai kegiatan pembangunan yang telah menjadi prioritas desa sesuai dengan RPJM dan RKP desa. Jadi kepada seluruh OPD terkait dan kecamatan, agar meningkatkan koordinasi serta memfasilitasi desa, dalam rangka mematangkan seluruh tahapan persiapan dan kesiapan desa, untuk penyelenggaraan pengelolaan keuangan desa yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara anggota komite IV DPD RI  Muhammad Nuh menyampaikan, peran khusus Komite IV DPD RI dalam pembangunan desa khususnya dalam masa pandemi COVID-19. Nuh pada paparannya, menyampaikan, peran Komite IV DPD RI, berfungsi melakukan pengawasan dan pelaksanaan uu mengenai otonomi daerah, pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah dan lainnya. “Pengawasannya untuk implementasi dana jaring pengamanan sosial yang disalurkan oleh pemerintah. Memastikan usulan kegiatan refoucussing anggaran, yang digunakan untuk penanganan covid 19. Melakukan deteksi dini dalam proses pengadaan barang dan jasa. Serta melakukan sosialisasi pengawasan terkait pelaksanaan penanganan covid 19," paparnya kepada Kontributor Elshinta, M Salim.

Selanjutnya Kasi Perencanaan dan Anggaran pada Dirjend Bina Pemdes Kemendagri Shandra mengatakan, pengelolaan APBDesa dalam masa pandemi COVID-19. Pada paparannya menyampaikan, untuk kebijakan dana desa tahun 2020 ini, difokuskan untuk jaring pengamanan sosial desa. Seperti padat karya tunai, penguatan ekonomi di desa serta BLT dana desa. “Dalam mewujudkan tiga hal tersebut Kemenkeu, Kemendagri, dan Kemendes sudah mengeluarkan regulasi untuk mendukung kebijakan dana desa di tahun 2020 ini," sebutnya.

Kasi Bank KPPN Medan 2 Andang Prihasnowo. Menyampaikan mekanisme penyaluran dan penggunaan dana desa. Salah satu yang menjadi penyalur DD adalah Bank KPPN, untuk di Sumut melalui bank KPPN Medan 2. "Kalau ditahun-tahun sebelumnya, langsung disalurkan dari pusat,"ungkapnya.

Tujuan penyaluran ini, kata Andang, untuk mendekatkan pelayanan Kemenkeu terhadap Pemda, meningkatkan efisiensi koordinasi dan konsultasi antara Pemda dengan Kemenkeu, serta meningkatkan efektifitas monitoring dan evaluasi analisis kinerja pelaksanaan anggaran pusat dan daerah.

Kepala perwakilan BPKP Provsu Yono Andi Atmoko, mengatakan pengawasan atas penyaluran dan penggunaan DD. Ia menjelaskan pada paparannya, fungsi BPKP adalah sebagai pengawasan DD. BPKP juga berperan sebagai consulting dan assurance pemerintahan desa. Jadi guna memudahkan penyaluran dan pengawasan DD. BPKP telah mempermudah pelayanannya, dengan mengembangkan aplikasi siskeudes, yaitu aplikasi pengelolaan DD. Serta siswaskeudes, aplikasi pengawasan untuk membantu inspektorat melakukan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan desa.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Bupati Langkat sampaikan capaian pembangunan kepada KPK RI
Rabu, 09 Juni 2021 - 18:46 WIB
Bupati Langkat Terbit Rencana PA menghadiri rapat monitoring dan evaluasi dan MCP penerbitan aset se...
Presiden Jokowi jajal LRT Jabodebek
Rabu, 09 Juni 2021 - 11:23 WIB
Presiden Joko Widodo menjajal kereta api ringan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek dengan rute Sta...
Lapangan latih Jakarta International Stadium bisa digunakan Juli
Selasa, 08 Juni 2021 - 16:02 WIB
BUMD DKI PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyatakan dua lapangan latih Jakarta International Stadium...
Jakpro lengkapi JIS dengan jalur khusus sepeda
Selasa, 08 Juni 2021 - 14:12 WIB
Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) melengkapi jalur khusus...
Dua jembatan rusak akibat terjangan seroja di NTT mulai dibangun
Senin, 07 Juni 2021 - 11:40 WIB
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maksi Nenabu ...
Program 100.000 rumah Mabes Polri, 1.000 rumah untuk Polda Jateng
Sabtu, 05 Juni 2021 - 09:44 WIB
Kapolda JawaTengah Irjen Pol Ahmad Lutfi mengatakan .Polda Jawa Tengah mempunyai 34.664 anggota di m...
Tingkatkan ekonomi desa, Pemkab Majalengka gulirkan program padat karya 
Kamis, 03 Juni 2021 - 14:57 WIB
Pemerintah Kabupaten Majalengka melakukan sosialisasi Fasilitas Pembangunan infrastruktur  Desa tah...
Pengabdian Untuk Negeri, TNI bedah rumah warga
Kamis, 03 Juni 2021 - 14:11 WIB
Komando Distrik Militer 1208/Sambas melalui Koramilnya melaksanakan kegiatan Karya Bakti di Dusun Pe...
BBPJN Sumsel cek progres 11 titik perbaikan jalan di Kota Palembang
Kamis, 03 Juni 2021 - 11:24 WIB
Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumsel, Kiagus Syaiful Anwar melakukan pengece...
Wali Kota: Bangunan tinggi di Surabaya wajib punya rekomendasi pencegahan kebakaran
Kamis, 03 Juni 2021 - 10:45 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan setiap bangunan tinggi yang berdiri di Kota Pahlawan, Jawa...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV