Menristek tegaskan keamanan prioritas nomor satu kembangkan Vaksin Merah Putih
Elshinta
Jumat, 30 Oktober 2020 - 08:13 WIB | Penulis : Dewi Rusiana | Editor : Administrator
Menristek tegaskan keamanan prioritas nomor satu kembangkan Vaksin Merah Putih
Menristek/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro pada dialog `Update KPCPEN: Prinsip Keamanan Vaksin COVID-19`, Selasa (27/10), di Jakarta. Foto: ristekbrin.go.id

Elshinta.com - Dalam upaya penanganan pandemi COVID-19, pemerintah akan melakukan vaksinasi kepada masyarakat. Presiden Joko Widodo, saat memimpin rapat terbatas beberapa waktu lalu, meminta agar pengadaan dan pelaksanaan vaksinasi tersebut harus dipastikan keamanan dan keefektifannya.

Vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat tersebut berasal dari pengembangan di dalam negeri, kerja sama dengan negara lain, serta melalui kerja sama multilateral. Salah satunya, pemerintah bekerja sama dengan sejumlah pihak tengah mengembangkan Vaksin Merah Putih, dengan menggunakan isolat virus yang bertransmisi di Indonesia.

“Saat ini ada 6 institusi yang mengembangkan vaksin COVID-19. Suatu hal yang luar biasa, ini menunjukkan kepedulian para peneliti, dosen untuk mencari solusi COVID-19,” kata Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN), Bambang PS Brodjonegoro, seperti diinformasikan melalui laman ristekbrin.go.id, pada Selasa (27/10) lalu.

Keenam institusi yang melakukan pengembangan Vaksin Merah Putih dengan platform yang berbeda tersebut adalah, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Airlangga.

“Kemungkinan yang paling cepat adalah yang dikembangkan Lembaga Eijkman, prosesnya di bulan Oktober ini sedang disiapkan uji pada hewan. Diharapkan dapat selesai dan semoga hasilnya memuaskan pada akhir tahun,” ungkapnya, dikutip laman resmi Setkab, Kamis (29/10). 

Setelah itu, terang Menristek, bibit vaksin yang teruji pada sel hewan tersebut akan diserahkan ke Bio Farma, sebagai pihak yang nantinya melakukan produksi skala kecil untuk tahap uji klinis 1, 2, dan 3.

“Uji klinis perlu dilakukan untuk memastikan bahwa vaksin yang dihasilkan aman. Faktor nomor satu yang harus dipenuhi dalam pembuatan vaksin ini adalah keamanan, dalam pengertian vaksin jangan menimbulkan efek samping atau gangguan kesehatan serius. Jadi intinya kami juga menerapkan kehati-hatian dalam setiap prosesnya,” tegas Bambang.

Ia menambahkan, pengembangan Vaksin Merah Putih merupakan cerminan dari sinergi triple helix, yaitu kerja sama pemerintah (kementerian/lembaga), perguruan tinggi, dan industri sebagai upaya bersama mencegah penularan COVID-19 dan memberikan rasa aman nyaman bagi masyarakat. 

Pada tahap uji klinis, Bio Farma bertindak sebagai sponsor pelaksana bersama Litbangkes, sementara BPOM sebagai badan regulator yang mengeluarkan izin edar apabila vaksin nantinya telah selesai uji klinis.

Senada dengan Menristek, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, bahwa prosedur dari setiap clinical trial harus dipenuhi. Hasil uji klinis yang dilakukan di Bandung, interim report-nya diharapkan pada minggu awal Desember dapat dievaluasi. Sementara untuk pengadaan vaksin “jadi” yang uji klinis-nya dilakukan di negara lain juga diharapkan laporannya sudah masuk bulan Desember.

“Dengan prosedur yang dipatuhi untuk emergency use authorization maka diharapkan BPOM dapat melakukan evaluasi, karena juga akan mendapatkan laporan clinical trial dari negara lain. Jadi beberapa lokasi di luar negeri juga dilihat, sehingga cara pembuatan yang baik, kemudian protokol uji klinis dan utamanya untuk keselamatan, aman, dan efektif. Kalo sudah terpenuhi, seperti arahan Bapak Presiden baru bisa dilakukan imunisasi dengan perencanaan yang matang,” ungkap Airlangga. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Terima Dubes Arab Saudi, Menkominfo bahas tindak lanjut DCO dan kerja sama ekonomi digital
Kamis, 10 Juni 2021 - 11:13 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate membahas tindak lanjut Digital Collaboration Orga...
Tahap pertama dari Aceh, Menteri Johnny: Kominfo tempuh 4 langkah persiapkan ASO
Rabu, 09 Juni 2021 - 20:18 WIB
 Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun empat pilar utama sebagai langkah aksi untuk memp...
 Pacu transformasi ekonomi, Menkominfo siapkan 5 program strategis tahun 2022
Senin, 07 Juni 2021 - 19:11 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyiapkan 5 program strategis untuk mendukung te...
7 Juni 1994: Sejarah Internet di Indonesia
Senin, 07 Juni 2021 - 06:12 WIB
Sejarah Internet Indonesia dimulai tahun 1990-an jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebaga...
NASA siapkan dua misi untuk pahami kondisi iklim Venus
Jumat, 04 Juni 2021 - 07:45 WIB
NASA menyiapkan dua misi mereka, DAVINCI+ dan VERITAS untuk memahami bagaimana kondisi iklim Planet ...
Terapan teknologi netral, Menteri Johnny : 5G butuh dukungan infrastruktur yang besar
Kamis, 03 Juni 2021 - 19:38 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebutkan, pemerintah menetapkan pilihan teknol...
Teknologi belum mampu prediksi gempa secara akurat
Jumat, 28 Mei 2021 - 13:18 WIB
Hingga saat ini belum ada satu pun teknologi di dunia yang mampu memprediksi dengan tepat dan akurat...
 Tonggak penting infrastruktur digital, Menteri Johnny: Jaringan 4G dan 5G berjalan simultan
Kamis, 27 Mei 2021 - 23:14 WIB
Indonesia telah memasuki babak baru teknologi telekomunikasi modern dengan memanfaatkan jaringan kon...
Waspada ransomware 2.0 yang lebih ganas
Selasa, 25 Mei 2021 - 20:45 WIB
Peneliti keamanan siber di perusahaan teknologi Kaspersky menemukan bahwa tahun 2020 lalu, banyak ke...
Universal Robots kenalkan UR10e berdaya angkut lebih besar 25 persen
Selasa, 25 Mei 2021 - 09:01 WIB
Universal Robots (UR), perusahaan pengembang dan penyedia robot kolaboratif (cobots) dari Denmark, m...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV