IKIP Budi Utomo bebaskan uang pembangunan putra-putri guru honorer
Elshinta
Rabu, 04 November 2020 - 18:25 WIB |
IKIP Budi Utomo bebaskan uang pembangunan putra-putri guru honorer
Rektor IKIP Budi Utomo (IBU) Malang Dr Nurcholis Sunuyeko saat memberikan sambutan pada gelaran Sambut Mahasiswa Baru (Samba) episode Paripurna di kampus setempat, Rabu (4/11/2020) ANTARA/Endang Sukarelawati

Elshinta.com - Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Budi Utomo (IBU) Malang Provinsi Jawa Timur membebaskan uang pembangunan bagi putra-putri atau cucu para guru honorer di Tanah Air yang berkuliah di kampus tersebut.

Rektor IKIP Budi Utomo Malang Dr Nurcholis Sunuyeko di Malang, Rabu, mengemukakan putra-putri atau cucu para guru honorer tersebut, tidak hanya diberikan pembebasan uang pembangunan, tapi juga uang pendaftaran, bahkan tidak menutup kemungkinan juga bebas dari uang sumbangan pengembangan pendidikan (SPP).

"Sebenarnya tidak hanya putra-putri atau cucu guru honorer yang bisa mendapatkan peluang itu, anak cucu para veteran dan yatim piatu juga bisa mendapatkan kemudahan itu. Namun, kuotanya tidak banyak, hanya untuk 40 mahasiswa baru. Oleh karena itu, segera mendaftar," kata Nurcholis di sela acara sambut mahasiswa baru (Samba) episode paripurna di kampus setempat.

Doktor sosiologi itu mengaku bahwa bulan November merupakan bulan istimewa karena ada HUT PGRI dan hari pahlawan. Oleh karena itu, sebagai penghormatan terhadap guru dan para pahlawan, IKIP Budi Utomo memberikan keistimewaan bagi putra-putri atau cucu para guru honorer, veteran dan anak yatim.

Ia menyarankan lulusan SMA sederajat dari putra-putri guru honorer, veteran dan yatim piatu tersebut untuk segera mendaftar, karena pendaftaran akan ditutup pada 30 November 2020.

Dalam sambutannya pada gelaran Samba Paripurna, Nurcholis menyatakan kesuksesan mahasiswa menjadi tanggung jawab seluruh sivitas akademika. "Kuliah di IKIP Budi Utomo merupakan pilihan cerdas, sebab tidak hanya ilmu yang didapat, tetapi akan memiliki karakter spesial, yang berbeda dengan mahasiswa lainnya," tuturnya.

Perbedaan karakter dengan mahasiswa lainnya itu, di antaranya kebudiutamaan di berbagai lini yang terus digaungkan, tidak hanya di lingkungan kampus, tapi juga di lingkungan masyarakat.

Sementara itu, peserta Samba Paripurna sebanyak 270 mahasiswa, baik yang mengikuti secara luring maupun daring. "Jumlah keseluruhan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 di IBU mencapai 1.508 orang, naik sekitar 50 persen dari tahun lalu, yakni 1.010 mahasiswa," ujarnya.

Menurut Nurcholis, meningkatnya jumlah mahasiswa baru dari tahun sebelumnya, disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya kemudahan dan keringanan melalui paket-paket pendaftaran khusus, seperti Paket Ramadhan, Paket Lebaran, Kemerdekaan, dan Paket Pancasila Sakti.

Sebelumnya, IKIP Budi Utomo Malang telah menggelar Samba beberapa episode yang diikuti mahasiswa baru, baik luring maupun daring, yakni episode "Go to Samba", Kemerdekaan, Arjuna dan Srikandi, Pancasila Sakti dan ditutup dengan episode paripurna.

Mahasiswa baru yang mengikuti Samba episode paripurna bisa langsung mengikuti perkuliahan daring melalui aplikasi yang telah dikembangkan unit Teknologi Informasi IKIP Budi Utomo, yakni aplikasi Ecllink.

"Saat ini kami sedang melakukan survei terhadap mahasiswa, baik yang baru maupun lama untuk memetakan mahasiswa yang ingin mengikuti perkuliahan tatap muka. Tentunya dengan protokol kesehatan ketat, termasuk hanya 50 persen dari kapasitas yang ada," kata Nurcholis.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Nadiem: Siswa pendidikan vokasi harus jadi pembelajar sepanjang hayat
Senin, 25 Januari 2021 - 16:55 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mengemukakan bahwa siswa pendidikan vokasi ha...
289 sekolah di Banjarmasin rusak akibat banjir
Senin, 25 Januari 2021 - 15:50 WIB
 Banjir yang melanda wilayah Kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan sejak 14 Januari 2021 telah m...
Memperkuat karakter siswa dengan konsep Ki Hajar Dewantara
Senin, 25 Januari 2021 - 08:45 WIB
Pengembangan karakter siswa merupakan aspek penting yang sama sekali tidak boleh hilang dalam pendid...
Kemendikbud: Perbaikan sekolah akibat bencana bisa gunakan BOS
Minggu, 24 Januari 2021 - 12:58 WIB
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan perbaikan sekolah yang rusak akibat b...
Ratusan dosen PTKIS  keluhkan tunjangan profesi sertifikasi dosen yang belum cair
Sabtu, 23 Januari 2021 - 21:46 WIB
Sekitar 200 dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di Banten mengeluh. Pasalnya, mere...
Tingkatkan minat belajar, Satgas Yonif 125/Simbisa ajak anak-anak belajar bersama
Sabtu, 23 Januari 2021 - 15:35 WIB
Sebagai wujud kepedulian dan kecintaan terhadap generasi penerus bangsa, personel Pos Rawa Biru Satg...
Universitas Islam Internasional Indonesia siap terima mahasiswa
Sabtu, 23 Januari 2021 - 14:21 WIB
Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Depok, Jawa Barat, siap menerima mahasiswa mulai...
Dinas Pendidikan Belitung Timur berlakukan belajar tatap muka
Kamis, 21 Januari 2021 - 17:44 WIB
Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memberlakukan pembela...
Inovasi perguruan tinggi harus bisa dirasakan oleh masyarakat
Kamis, 21 Januari 2021 - 11:55 WIB
Perguruan tinggi harus hadir memberikan inovasi yang bisa dilihat oleh masyarakat. Sebab di tengah k...
Lima dosen berdedikasi terima penghargaan
Rabu, 20 Januari 2021 - 14:37 WIB
Lima orang tenaga Dosen di Lingkungan STIE STMY Majalengka, Jawa Barat mendapat Penghargaan Kinerja ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV