Mahasiswa, TNI dan Polri gelar dialog publik bahas `proxy war`
Elshinta
Rabu, 11 November 2020 - 16:11 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Mahasiswa, TNI dan Polri gelar dialog publik bahas `proxy war`
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com

Elshinta.com - Sejumlah mahasiswa dan pelajar menghadiri kegiatan dialog publik bersama TNI dan Polri, dalam hal ini Presidium Konsolidasi Mahasiswa Nasional Indonesia (KOMANDO) wilayah Jakarta Selatan, Surya Hakim Lubis menilai kegiatan tersebut berharap dapat membangun terintergrasi dengan baik dalam berbicara menghadapai 'proxy war'.

Hal tersebut disampaikan oleh Surya Hakim Lubis setelah menghadiri kegiatan dialog pubilk yang bertemakan 'TNI, Polri dan Mahasiswa dalam Sinergitas Melawan Potensi Proxy War', Selasa (10/11).

"Kita coba untuk membangun satu dialog yang memang itu sifatanya sinergisitas antara Mahasiswa, TNI dan Polri yang memang harapannya, dapat mampu terbangun dan terintegrasi dengan baik dan kita dapat bersatu untuk berbicara melawan proxy," ucap Hogay begitu di sapanya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi elshinta.com, Rabu (11/11).

Selanjutnya, ia menyampaikan semua telah mengenal istilah dari proxy war dan bagaimana proxy war yang ada di wilayah Indonesia, serta hal tersebut bukan hanya tugas dari pihak TNI dan Polri, melainkan tugas bersama bagi Mahasiswa saat berbicara Tridharma perguruan tinggi.

"Tujuannya sebetulnya ialah kita mencoba membangun dialog bersama, bahwa sebetulnya kita harus bisa bersatu menghadapi proxy yang akan menimpa Indonesia, yang rasa-rasanya proxy itu sudah bisa terlihat dan bukan lagi menjadi rahasia umum, yang harapannya tiga komponen besar itu TNI, Polri dan Mahasiswa dapat bisa bersatu," katanya

"Mahasiswa dengan Tridharma perguruan tinggi TNI dengan Sapta marga dan sumpah prajurit dan polri dengan tribrata dan catur Prasetya," lanjutnya

Sementara itu, Presidium komando wilayah Tangerang Selatan, Febriditya Ramdhan DR mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut untuk dapat bersinergisitas  antara mahasiswa, TNI dan Polri dalam menghadapi proxy war.

"Tujuan acara hari ini sendiri ialah bahwa kita akan mensinergikan apa yang menjadi gagasan dari mahasiswa, yang jelas mahasiswa berpijak pada TRIDHARMA perguruan tinggi dan kita juga ingin mendengar apa yang menjadi gagasan abang-abang kita dari TNI Polri.

Terkhusus Polri dengan Tribrata-nya dan TNI dengan Sapta Marga-nya, yang memang dalam kegiatan banyak hal dan juga banyak topik yang kita bincangkan terutama tentang apa itu Pancasila hirarki tertinggi," ujar Adit begitu dirinya disapa.

Ia berharap dari hasil dialog publik hari ini dari tiga komponen tersebut dapat terus bersinergisitas, karena memiliki tujuan yang sama dan berpijak pada Pancasila dan UUD 1945.

"Harapannya output atau kesimpulan pada kegiatan hari ini bisa bersinergi terus 3 komponen ini, karna bagi kita Abang Abang polri bukan musuh kita  begitu pula Abang Abang kita dari TNI bukan musuh kita, kita memiliki tujuan yang sama dan berpijak pada Pancasila dan pembukaan UUD 1945," tuturnya

Menurutnya, Komando juga akan terus berkomitmen terkait hasil dari komando V yang berlangsung pada tahun 2018 lalu, terkait jadikan Pancasila sebagai hirarki tertinggi. 

"Kita harus terus berkomitmen berbicara terkait apa itu Pancasila sebagai hirarki tertinggi, karena kami meyakini hal tersebut merupakan jawaban dari segala permasalahan yang ada di negeri ini," tandasnya.

Diketahui, bahwa kegiatan tersebut dihadiri oleh KOREM 052 Wijayakrama, Polres Tangerang Selatan, Perkumpulan mahasiswa besaudara (PMB NTT), Komiter pergerakan siswa  independen (kompersi) dan tak lupa pula turut di hadiri oleh Konsolidasi mahasiswa Nasional Indonesia wilayah Tangerang Selatan dan Jakarta Selatan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Satgas Yonif 642 dan CIQ patroli bersama jaga perbatasan RI-Malaysia
Jumat, 22 Januari 2021 - 19:54 WIB
Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas bersama Polisi dan CIQ (Custom, Immigration, Quarantine) ...
Lantas Polres Jayapura amankan satu unit motor curian saat razia
Jumat, 22 Januari 2021 - 15:45 WIB
Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura berhasil mengamankan Motor Curian saat melaksanakan Hunting syste...
Prajurit TNI Angkatan Laut bekerja bakti membuka jalan di Mamuju
Kamis, 21 Januari 2021 - 13:24 WIB
Prajurit TNI Angkatan Laut dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VI Makassar yang tergabung dal...
Prajurit Satgas Pamtas Yonif 125/SMB ajarkan keterampilan anyaman lidi
Kamis, 21 Januari 2021 - 12:58 WIB
Untuk memelihara kekompakan dengan masyarakat perbatasan, Prajurit Satgas Pamtas Yonif 125/SMB di ba...
Satgas Pamtas Yonif 642 serahkan barang bukti penyelundupan miras ilegal
Kamis, 21 Januari 2021 - 10:45 WIB
Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas menyerahkan barang bukti penyelundupan berupa 48 botol Mi...
Satgas Yonif 642/Kapuas amankan PMI non prosedural dan miras ilegal di perbatasan 
Rabu, 20 Januari 2021 - 17:58 WIB
Menjaga kondusifitas di wilayah perbatasan Kalimantan Barat yaitu di Kabupaten Sambas, Bengkayang, d...
Pilkada aman dan lancar, Kapolda Sumut diganjar penghargaan KPU
Rabu, 20 Januari 2021 - 14:25 WIB
Selain itu juga tujuan kedatangan KPU Sumut adalah memberian Piagam Penghargaan KPU Provsu kepada Ka...
Pasca banjir, Yonif 621/Manuntung, kerahkan prajurit bersihkan kota
Rabu, 20 Januari 2021 - 11:11 WIB
Anggota dari Yonif 621/Manuntung membantu Pemda melaksanakan pembersihan di Kota Barabai Pasca benca...
DPR akan gelar fit and proper test calon Kapolri Rabu depan 
Minggu, 17 Januari 2021 - 20:56 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengusulkan nama Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabo...
Pangdam XVII/Cenderawasih bagikan sembako untuk warga di perbatasan 
Minggu, 17 Januari 2021 - 20:23 WIB
Disamping untuk meningkatkan kebugaran serta kesehatan tubuh agar tetap prima dengan bersepeda, Pang...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV