VW kenalkan parkir otomatis via smartphone di SUV Touareg
Elshinta
Minggu, 15 November 2020 - 18:45 WIB |
VW kenalkan parkir otomatis via smartphone di SUV Touareg
Sumber foto: Antara/elshinta.com

Elshinta.com - Volkswagen memperkenalkan versi anyar Park Assist, fitur parkir otomatis yang bisa dikendalikan via smartphone, yang disertakan untuk kali pertama pada SUV VW Touareg.

Dengan Park Assist, pengemudi Touareg tidak perlu repot bahkan stres saat hendak memarkir atau mengeluarkan mobil dari tempat parkir yang sempit seperti di bandara atau mall, kata Volkswagen dalam pernyataannya, dikutip Minggu.

Park Assist baru dengan remote control sekarang bekerja sepenuhnya secara otomatis untuk pertama kalinya, dengan kata lain ia juga mengontrol mesin dan rem, tidak seperti sebelumnya hanya mengendalikan roda kemudi dan perlu campur tangan pengemudi untuk menginjak pedal gas dan rem.

Sistem parkir otomatis VW ini menawarkan dua metode parkir, pertama pengemudi tetap duduk di dalam kendaraan dan mengoperasikan sistem dari sana. Dalam mode kedua, pengemudi keluar dari Touareg dan mengontrol manuver parkir menggunakan smartphone mereka.

Dalam kedua kasus tersebut, SUV secara mandiri mengemudi masuk atau keluar dari tempat parkir dengan arah maju atau mundur. Dan, ini bisa dilakukan di semua jenis ruang parkir.

Mengutip Antara, pada mode pertama—tanpa remote control yang diaktifkan—, pengemudi tetap duduk di Touareg seperti biasa. Saat berkendara ke tempat parkir misalnya, pengemudi mengaktifkan pencarian tempat parkir dengan mengetuk kolom “P” pada layar sistem infotainment.

Segera setelah Touareg mendeteksi satu atau lebih tempat parkir yang sesuai, ia akan menampilkannya di layar sistem infotainment. Pengemudi sekarang memilih salah satu tempat parkir yang ditawarkan.

Tampilan "Tekan rem dan tekan tahan tombol atau pilih Park Assist dengan remote control" sekarang ditampilkan di instrumen digital (Kokpit Digital) Touareg. Pengemudi sekarang memilih opsi pertama dan terus menekan tombol "Drive" (P AUTO) di bawah kenop roda gigi pada konsol tengah—parkir kemudian dimulai.

Teknologi yang digunakan Touareg untuk ini terdiri dari dua belas sensor ultrasound dan empat kamera sistem 360 derajat Tampilan Area. Kamera terletak di kaca depan, kaca spion luar, dan tutup bagasi.

Volkswagen menggunakan apa yang dikenal sebagai "fusi sensor" untuk memastikan deteksi objek yang optimal. Oleh karena itu, SUV bahkan dapat parkir secara otomatis di garasi. Touareg berhenti seketika jika tombol "Drive" dilepaskan.

Pada mode kedua, pengemudi keluar dari kendaraan sebelum melakukan manuver parkir yang sebenarnya. Pengemudi kemudian menggunakan ponsel cerdas mereka dan aplikasi VW Remote Park Assist Plus sebagai remote control.

Di sini pengemudi mengaktifkan pencarian tempat parkir dengan mengetuk kolom "P" di layar sistem infotainment. Pengemudi kembali memilih salah satu tempat parkir yang ditawarkan. Ketika tampilan “Tekan rem dan tekan tahan tombol atau pilih Park Assist dengan remote control” muncul, mereka kemudian pilih opsi kedua: Park Assist dengan remote control.

Pengemudi mengetuk opsi, mengambil kunci kendaraan, keluar dari kendaraan dan kemudian mengaktifkan manuver parkir melalui aplikasi. Untuk melakukan ini, pengemudi menekan tombol "Drive" pada smartphone—yang secara virtual ditransfer dari mobil ke aplikasi—dan parkir dimulai.

Di sini juga, tombol “Drive” harus ditekan terus menerus untuk alasan keamanan. SUV tersebut kini melakukan proses parkir ke tempat parkir secara otomatis.(Sik)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pasar mobil diperkirakan tetap tumbuh, kuartal I bakal lebih baik
Minggu, 03 Januari 2021 - 17:44 WIB
Pasar dan penjualan mobil di Tanah Air diperkirakan masih tumbuh pada kuartal I tahun ini, lebih bai...
Erick tegaskan kesiapan Indonesia jadi pemain utama mobil listrik
Sabtu, 02 Januari 2021 - 16:55 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir melakukan pengecekan sejumlah fasilitas stasiun pengisian mobil listrik (c...
Enam keuntungan servis mobil di bengkel resmi
Sabtu, 02 Januari 2021 - 08:48 WIB
Perawatan berkala merupakan hal yang perlu dilakukan pemilik kendaraan untuk menjaga kondisi mobilny...
Toyota rilis mobil listrik 2 penumpang Rp200-an juta
Selasa, 29 Desember 2020 - 10:38 WIB
Toyota Motor Corporation baru saja merilis mobil ultra kompak bertenaga baterai listrik dengan kapas...
4 tips perencanaan keuangan bagi pemilik mobil
Senin, 30 November 2020 - 13:20 WIB
Meski nilainya terus mengalami depresiasi dari tahun ke tahun, mobil merupakan sebuah aset. Kepemili...
Andreas Stanley, `crazy rich` Surabaya dan koleksi mobil mewahnya
Rabu, 25 November 2020 - 22:37 WIB
Sosok Andreas Stanley kerap menjadi pusat perhatian di media sosial, tak heran karena ia merupakan s...
Yamaha tambah varian baru All New NMAX 155 Connected
Sabtu, 21 November 2020 - 16:55 WIB
Setelah menghadirkan All New NMAX 155 pada 2019, Yamaha kembali meluncurkan All New NMAX 155 Connect...
BMW Exhibition hadirkan 3 model BMW M hingga pameran virtual
Sabtu, 21 November 2020 - 13:44 WIB
BMW Indonesia kembali menghelat BMW Exhibition selama tiga hari pada tanggal 20-22 November 2020 di ...
VW kenalkan parkir otomatis via smartphone di SUV Touareg
Minggu, 15 November 2020 - 18:45 WIB
Volkswagen memperkenalkan versi anyar Park Assist, fitur parkir otomatis yang bisa dikendalikan via...
GM `recall`68 ribu Chevrolet Bolt EV karena risiko kebakaran
Sabtu, 14 November 2020 - 13:25 WIB
General Motors Co mengatakan pada hari Jumat (13/11) mereka menarik sebanyak 68.677 unit Chevrolet B...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV