A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/var/lib/php/sessions/ci_sessionfqfot3mkhudjlh9qm5nnjj68i8230qja): failed to open stream: No space left on device

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 174

Backtrace:

File: /home/cfi/web/www/html/elshinta.com/application/controllers/Berita.php
Line: 5
Function: __construct

File: /home/cfi/web/www/html/elshinta.com/index.php
Line: 294
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /var/lib/php/sessions)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 143

Backtrace:

File: /home/cfi/web/www/html/elshinta.com/application/controllers/Berita.php
Line: 5
Function: __construct

File: /home/cfi/web/www/html/elshinta.com/index.php
Line: 294
Function: require_once

 Dukung pemulihan ekonomi nasional, wanita Permabudhi gelar pelatihan UMKM
Dukung pemulihan ekonomi nasional, wanita Permabudhi gelar pelatihan UMKM
Elshinta
Senin, 23 November 2020 - 15:35 WIB | Penulis : Dody Handoko | Editor : Administrator
Dukung pemulihan ekonomi nasional, wanita Permabudhi gelar pelatihan UMKM
Permabudhi menegaskan komitmennya untuk ikut berkontribusi dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari dampak Pandemi Covid-19.

Elshinta.com - Lembaga Pemberdayaan Wanita, Seni & Budaya Persatuan Umat Buddha Indonesia (PERMABUDHI) menegaskan komitmennya untuk ikut serta berkontribusi dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari dampak Pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 bukan hanya menyebabkan peningkatan angka pengangguran dan kemiskinan, tapi juga memberikan dampak berat bagi dunia usaha terutama UMKM dari sisi pembiayaan/permodalan, produksi, distribusi, pemasaran hingga Sumberdaya Manusia (SDM) terampil.

Oleh karena itu, di saat semua mengalami ujian di tengah Pandemi Covid-19 dan perekonomian nasional menghadapi tantangan yang cukup serius, Lembaga Pemberdayaan Wanita, Seni & Budaya Permabudhi memiliki inisiatif atau gagasan mengadakan kegiatan pelatihan UMKM. Tujuannya adalah dalam rangka meningkatkan peranan wanita untuk berkreasi, berinovasi dalam menciptakan peluang guna membantu perekonomian keluarga menuju Indonesia Maju.

"Upaya pemulihan ekonomi dapat dilakukan melalui pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif. Munculnya kegiatan ekonomi baru, dapat menjadi nilai tambah untuk meningkatkan ekonomi keluarga yang akan berkontribusi pada upaya pemulihan stabilitas perekonomian Indonesia sehingga diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional menuju Indonesia Maju," ujar Ritha Helena selaku Penggagas sekaligus Ketua Penyelenggara Workshop Wanita Permabudhi Membangun UMKM Menuju Indonesia Maju, di Jakarta, Sabtu (21/11/2020).

"Workshop UMKM Wanita Permabudhi dilaksanakan secara bertahap dengan pembahasan materi yang berbeda. Misalnya kita harus mengetahui strategi untuk pemasaran by online karena situasi sekarang kan semua lebih baik online untuk meminimalisir kontak fisik yang rentan menularkan Virus Corona, lebih efektif dan efisien juga biaya pemasarannya gratis," imbuh Ritha Helena yang juga Ketua Lembaga Pemberdayaan Wanita, Seni & Budaya Permabudhi.

Sementara itu, Arief Harsono selaku Ketua Umum Permabudhi mengatakan bahwa sudah seharusnya Wanita Permabudhi turut ambil bagian memberikan kontribusi yang berguna bagi kelurga dan masyarakat. Pandemi Covid-19 tidak hanya membuat kita lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan tapi juga memberikan ide-ide baru dan peluang usaha yang dapat dikerjakan secara mikro kecil dari rumah. Karenanya, dapat menghasilkan uang untuk membantu kelangsungan hidup keluarga yang karena alasan Pandemi Covid-19 harus dirumahkan sehingga kehilangan penghasilan.

"Kami berharap materi workshop UMKM yang disampaikan hari ini akan membuka pikiran para ibu-ibu yang mengikutinya untuk bisa memulai usaha meskipun hanya mikro kecil. Namun bisa dijalankan dengan kedisiplinan yang tinggi dan konsistensi pasti akan berkembang dan meningkat menjadi usaha menengah dan usaha besar di kemudian hari," tutur Arief Harsono.

"Wanita Permabudhi harus bisa menjadi panutan bagi ibu-ibu muda untuk berbagi pengalaman dan terus belajar, belajar dan belajar. Fokus menumbuhkembangkan kepekaan untuk peduli terhadap lingkungan sekitar, mengasah seluruh keterampilan untuk membangun bela rasa kepada yang lemah, menanamkan rasa tanggungjawab dan integritas seorang pemimpin masa depan. UMKM yang akan dibangun oleh wanita Permabudhi ini harus dapat memberikan manfaat bagi umat Buddha dan masyarakat di sekitar kita," tambah Arief Harsono.

Upaya ini dapat dikembangkan dengan menjalin kerjasama dengan wanita agama lain dan organisasi perempuan di pemerintahan untuk membuat kegiatan serupa. Dengan demikian diharapkan silaturrahmi antarumat beragama semakin kuat, membangun persaudaraan dan menyatukan perbedaan serta tidak mudah diprovokasi. Menurut Arief Harsono, wanita Permabudhi harus saling tolong-menolong menegakkan NKRI, mempunyai jiwa Pancasila dan berjuang bersama menjaga nama baik agama Buddha dan menjadi panutan keluarga maupun masyarakat umum.

Upaya yang dilakukan oleh Wanita Permabudhi mendapatkan apresiasi dan dukungan dari Caliadi, Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Buddha Kementerian Agama RI. Ia mengatakan, wanita juga memiliki peran yang penting dan strategis untuk ikut pemberdayaan ekonomi masyarakat. Wanita pun memiliki peluang yang sama dengan kaum laki-laki dalam peningkatan ketahanan keluarga. Keluarga yang memiliki ketahanan ekonomi yang baik tentu menjadi penopang terwujudnya sumber daya manusia yang unggul. Oleh karenanya, keterlibatan wanita dalam meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga perlu didongkrak di masa ekonomi yang sedang mengalami penurunan. 

"Oleh karenanya tentu saya selaku Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha mendorong dan memberikan motivasi kepada umat Buddha khususnya para wanita yang ikut berperan dalam berbagai sektor kemasyarakatan dan ikut membantu meningkatkan pemberdayaan ekonomi melalui usaha mikro yang sesuai dengan kondisi saat ini. Mudah-mudahan dengan dilaksanakan workshop UMKM Wanita Permabudhi dapat memberikan jalan keluar dari berbagai kesulitan ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat. Dengan diberikan pengetahuan dan pemahaman melalui workshop ini akan semakin banyak para wanita Buddhis yang mendapat pencerahan sekaligus pengetahuan tentang kiat-kiat melaksanakan pemberdayaan ekonomi," kata Caliadi 

"Melalui workshop UMKM pula diharapkan Wanita Permabudhi dapat menggerakkan seluruh anggotanya untuk menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam mewujudkan keluarga Buddhis yang sejahtera," pungkas Caliadi saat membuka Workshop Wanita Permabudhi Membangun UMKM Menuju Indonesia Maju. (dody)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Ekonomi kreatif harapan pemulihan ekonomi Jabar di tengah pandemi
Rabu, 06 Januari 2021 - 20:45 WIB
Pandemi COVID-19 membuat pelaku UMKM di Provinsi Jawa Barat (Jabar) harus menelan `pil pahit` karena...
Paguyuban UMKM Kota Bogor dukung anggota eksis-mandiri
Minggu, 20 Desember 2020 - 16:15 WIB
Paguyuban Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Bogor, Jawa Barat mendorong anggotanya yang seb...
Industri kecil menengah Jabar dominasi penghargaan Upakarti-IDGS 2020
Senin, 14 Desember 2020 - 17:45 WIB
Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dari Provinsi Jawa Barat (Jabar) berhasil mendominasi Pengharga...
Sejuta harapan bagi UMKM untuk bangkitkan ekonomi
Senin, 14 Desember 2020 - 10:10 WIB
PEN yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas masyarakat dan membuat kondisi perekonomian bang...
Kemenperin bimbing IKM gula semut pakai mesin otomatisasi
Jumat, 04 Desember 2020 - 21:15 WIB
Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mewujudkan transformasi Industri 4.0 untuk industri kecil men...
UMKM di Surabaya diberdayakan buat APK dan masker
Rabu, 25 November 2020 - 12:50 WIB
Sejumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Surabaya, Jawa Timur, diberdayakan membuat al...
Kemensos terapkan terapi seni tumbuhkan kewirausahaan
Rabu, 25 November 2020 - 10:45 WIB
Kementerian Sosial menerapkan terapi seni (art therapy) sebagai salah satu media untuk menjaga keseh...
Dukung pemulihan ekonomi nasional, wanita Permabudhi gelar pelatihan UMKM
Senin, 23 November 2020 - 15:35 WIB
Lembaga Pemberdayaan Wanita, Seni & Budaya Persatuan Umat Buddha Indonesia (PERMABUDHI) menegaskan k...
putus sekolah puluhan anak di Lebak geluti kewirausahaan
Senin, 23 November 2020 - 06:55 WIB
Puluhan anak putus sekolah di Kabupaten Lebak, Banten berkiprah dalam kewirausahaan agar mampu menci...
KKP dorong UMKM perikanan antisipasi perubahan pola belanja masyarakat
Senin, 16 November 2020 - 07:45 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong UMKM perikanan untuk mengantisipasi perubahan pol...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV