Jaga kelancaran proyek strategis Nasional, Pertamina bangun kolaborasi dengan Kejagung
Elshinta
Jumat, 27 November 2020 - 09:55 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Jaga kelancaran proyek strategis Nasional, Pertamina bangun kolaborasi dengan Kejagung
Sumber foto: https://bit.ly/39jYnZe/elshinta.com.

Elshinta.com - Untuk menjaga kelancaran proyek strategis nasional yang sedang dan akan dijalankan Pertamina, Pertamina membangun kolaborasi dengan Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Kejaksaan di seluruh Indonesia. 

Kolaborasi strategis ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding/Nota Kesepahaman (MoU) antara Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Jaksa Agung Republik Indonesia ST Burhanudin di Jakarta, Rabu (25/11). 

Penandatangan MoU ini juga dihadiri para General Manager Pertamina dan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) di seluruh Indonesia. Hadir juga Dewan Komisaris Pertamina serta perwakilan dari Kementerian BUMN RI.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan Pertamina  mendapat amanat untuk memastikan ketahanan energi melalui 4A+1S yaitu Availibility, Accesibility, Affordibility, Acceptability dan Sustainability. Pertamina harus dapat memastikan tersedianya energi untuk masyarakat Indonesia dan bahkan sampai ke pelosok. Dalam menjalanan tugas ini, banyak tantangan dihadapi, dan tidak membuat Pertamina menyerah, tapi justru memotivasi Pertamina untuk terus dapat melayani bangsa dan negara ini lebih baik lagi.

"Untuk menghadirkan kemandirian dan ketahanan energi nasional, tentu kami membutuhkan dukungan dari para stakeholder dan juga seluruh masyarakat. Begitu banyak project-project bahkan project sangat besar berskala nasional tengah kami jalani untuk mewujudkan tujuan mulia tersebut. Untuk itulah kami terus berupaya bekerjasama dan berkolaborasi dengan para stakeholder untuk mendukung kami,” ujar Nicke dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi elshinta.com, Jumat (27/11).

Menurutnya, dengan kerjasama ini, akan menjadikan Pertamina mendapatkan dukungan penuh dari Kejaksaaan RI dalam menuntaskan proyek startegis nasional serta kerjasama dan kolaborasi yang selama ini telah terjalin dengan sangat baik dapat lebih mempererat kedua belah pihak dalam membangun sinergi yang lebih kokoh lagi.

"Besar harapan saya agar kerjasama ini juga dapat menguatkan aspek Good Corporate Governance pada bisnis Pertamina secara keseluruhan," ujar Nicke.

Nicke menjelaskan, kolaborasi Pertamina dengan Kejaksaan RI tidak hanya dilakukan di pusat saja, melainkan akan diturunkan hingga Perjanjian Kerjasama (PKS) yang akan ditandatangani para direksi Pertamina dengan para Jaksa Agung Muda, serta para Executive GM/GM Pertamina di unit operasi dengan para Kepala Kejaksaan Tinggi di seluruh wilayah Indonesia.

Jaksa Agung  Republik Indonesia ST Burhanudin juga menyampaikan bahwa Kejaksaan Tinggi di seluruh wilayah Indonesia siap membantu dalam pendampingan hukum. Jika Pertamina membutuhkan pendapat dan masukan terkait masalah hukum, pendampingan  dan SDM, Kejaksaan siap memberikan masukan. 

"Kejaksaaan berharap penandatanganan ini dapat di implementasikan dengan baik dan berharap hubungan Pertamina dengan Kejaksaan RI dapat berjalan dengan baik dan saling mendukung, terutama dalam penjagaan proyek strategis nasional," ujarnya.

Perjanjian Kerjasama sebagai turunan dari MoU ini akan mengcover lima  bidang yakni pertama, Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara dengan lingkup kerja sama pemberian pendapat hukum, pertimbangan hukum, dan tindakan hukum lain. Kedua, Bidang Intelijen dengan lingkup kerja sama dukungan pengamanan proyek pembangunan strategis dan/atau percepatan investasi Pertamina, baik di dalam maupun luar negeri dan penelurusan aset baik di dalam maupun luar negeri. 

Ketiga Bidang Pemulihan Aset Perusahaan dengan lingkup kerja sama pemulihan aset terkait tindak pidana dan/atau aset lainnya serta pemulihan aset Pertamina yang dikuasai oleh pihak ketiga secara melawan hukum. Keempat, Bidang Tindak Pidana Umum dengan lingkup kerja sama pertukaran data, informasi, keahlian, serta sarana dan prasarana dalam pelaksanaan penegakan hukum dan penguatan kelembagaan. Kelima, Bidang Pendidikan dan Pelatihan dengan lingkup kerja sama penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan terkait pengembangan dan peningkatan SDM, pengembangan kualitas pengelolaan lembaga pendidikan dan pelatihan, dan pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan dan pelatihan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Wapres: Manfaatkan potensi wakaf untuk program pro-fakir dan miskin
Selasa, 26 Januari 2021 - 18:56 WIB
Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap potensi wakaf di Indonesia yang mencapai Rp180 triliun per tah...
Rupiah melemah 0,29% ke Rp14.065 per dolar AS pada akhir perdagangan hari ini 
Selasa, 26 Januari 2021 - 18:45 WIB
Rupiah ditutup pada level Rp14.065 per dolar Amerika Serikat (AS) pada akhir perdagangan Selasa (26/...
Akhir perdagangan hari ini, IHSG anjlok 1,89% ke 6.140  
Selasa, 26 Januari 2021 - 18:38 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun lagi untuk hari perdagangan keempat berturut-turut. Selasa ...
Puluhan karyawan GRP pertanyakan keputusan hakim PN Jakpus
Selasa, 26 Januari 2021 - 18:02 WIB
Sekitar 20 karyawan PT Gunung Raja Paksi Tbk (GRP) menggelar aksi di depan Pengadilan Niaga Jakarta ...
Wapres menaruh harapan pada Bank Syariah Indonesia
Selasa, 26 Januari 2021 - 16:47 WIB
Wakil Presiden Ma’ruf Amin menaruh harapan pada Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) sebagai bank sya...
Pemerintah tambah 8 aturan turunan UU Cipta Kerja
Selasa, 26 Januari 2021 - 15:24 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah menambah delapan at...
Menko Airlangga: Ekonomi Indonesia semakin pulih
Selasa, 26 Januari 2021 - 13:58 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan perekonomian Indonesia semakin...
Presiden Jokowi : Tol Kayu Agung-Palembang turunkan biaya logistik
Selasa, 26 Januari 2021 - 13:23 WIB
Presiden RI Joko Widodo mengatakan ruas Tol Kayu Agung-Palembang akan memangkas waktu tempuh dari Pe...
Pemkab Sukoharjo putuskan PPKM lanjut
Selasa, 26 Januari 2021 - 10:57 WIB
Pemerintah Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiata...
Rupiah Selasa pagi melemah menjadi Rp14.065 per dolar AS
Selasa, 26 Januari 2021 - 09:46 WIB
Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa (26/1) pagi, bergerak...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV