Koordinasi pembentukan Kelurahan Bersinar, BNN Sumut berkunjung ke Bandung
Elshinta
Jumat, 27 November 2020 - 16:11 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Koordinasi pembentukan Kelurahan Bersinar, BNN Sumut berkunjung ke Bandung
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com

Elshinta.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Utara melakukan kunjungan kerja ke Kelurahan Padasuka,  Kecamatan, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis ( 26/11). Kegiatan kunjungan ini dalam rangka melaksanakan tugas koordinasi dan konsultasi terkait pembentukan Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) di Kota Bandung, Jawa Barat, yang dinilai cukup berhasil  dalam upaya mendorong program  P4GN. Dimana, pada minggu sebelumnya Kota Bandung pun mendapatkan kunjungan yang sama dari BNN Provinsi Kalimantan Timur, perihal pembentukan kelurahan bersinar ini.

Di Kelurahan Padasuka, kunjungan dari BNNP Sumut yang dipimpin oleh Brigjend Pol Drs. Atrial, S.H selalu kepala BNNP Sumut ini disambut Kepala BNN Kota Bandung,  AKBP. Deni Yus Danial, Kabid P2M BNNP Jawa Barat, Drs. Wuriyanto Sugiri, Kepala Badan  Kesbangpol Kota Bandung, H. Bambang Sukardi, serta Lurah Padasuka, Mochamad Enoh. Turut hadir pula jajaran Polrestabes Bandung, Kasat Res Narkoba, Kasat Binmas, Kapolsekta Cibeunying Kidul dan Camat Cibeunying Kidul. Kegiatan  kunjungan kerja ini berlangsung  dari mulai pukul 10.30 dan berakhir pada pukul 12.30 Wib.

Kepala BNN Kota Bandung, AKBP. Deni Yus Danial yang mengawali acara dalam sambutan dalam rilis yang diterima redaksi elshinta.com, Jumat (27/11) menjelaskan, dalam menghadapi situasi darurat narkoba, negara sudah mempunyai suatu  strategi yaitu P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika). Strategi tersebut tertuang dalam UU No. 35 Tahun 2919, dan  untuk penguatannya keluar Inpres No. 2 Tahun 2020 yang ditujukan kepada seluruh Kementrian dan Lembaga termasuk didalamnya Kapolri dan Panglima TNI untuk sama-sama turut melaksanakan program P4GN. 

Selain itu, Permendagri No. 12 Tahun 2019 tentang peningkatan peran pemerintah daerah dan masyarakat, termasuk  didalamnya memfasilitasi  pelaksanaan P4GN. Untuk di Bandung kegiatan ini sudah berjalan, seperti implementasi P4GN melalui pembentukan beberapa regulasi. Hal ini, diperkuat juga dengan Keputusan Walikota  No. 800/Kep.459/BKPB yang mengatur tim terpadu mengenai P4GN melibatkan pemerintahan Kota Bandung, kecamatan, kelurahan sampai ke RW dan RT yang implementasinya adalah kelurahan bersinar.

Pembentukan kelurahan bersinar, bertujuan untuk memberikan ruang seluas luasnya agar kelurahan mampu melaksanakan P4GN secara mandiri, sedangkan posisi BNN adalah sebagai fungsi teknis dan penggerak saja.

Menurut Deni, selain sebagai penggerak dalam hal kelurahan bersinar,  BNN Kota Bandung pun telah memberikan advokasi dan edukasi terhadap empat sasaran lingkungan di  diantaranya lingkungan pekerja (pemerintah dan swasta), lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakat dan terakhir  lingkungan keluarga.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum BNNP Sumatera Utara, Bastian, menuturkan, kunjungan di Kota Bandung ini sangat menginspirasi dan pelajaran berharga bagi dirinya. Dimana di Kota Bandung ini, ia melihat  P4GN bukan hanya program BNN saja, akan tetapi sudah menjadi milik bersama. Terlihat, mulai dari pemerintahan Kota Bandung,  para camat dan lurah, sampai  ke tingkat RW dan RT sangat peduli terhadap program P4GN. " Saya sangat apresiasi dan senang sekali datang ke kelurahan ini. Ini menjadi inspirasi bagi kami, untuk nantinya kami laksanakan di BNN Sumatera Utara," imbuh Bastian.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Satgas: 3.437 pasien COVID-19 Sulut masih dirawat
Rabu, 27 Januari 2021 - 06:30 WIB
Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Utara mencatat sebanyak 3.437 orang dari 12.815 orang...
Nelayan dan tim gabungan selamatkan ikan paus terdampar
Selasa, 26 Januari 2021 - 23:14 WIB
Sejumlah nelayan dan tim gabungan beragam instansi pemerintah menyelamatkan ikan paus yang terdampar...
Ribuan siswa keluarga prasejahtera diajak ikuti gerakan pengusaha muda
Selasa, 26 Januari 2021 - 21:17 WIB
Ribuan siswa dari keluarga prasejahtera tersebar di berbagai wilayah di tanah air diajak untuk mengi...
Jubir Satgas ajak masyarakat manfaatkan kesempatan divaksin COVID-19
Selasa, 26 Januari 2021 - 20:41 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 dr. Reisa Broto Asmoro mengajak masyarakat mem...
Yogyakarta fokus promosi pariwisata melalui media sosial saat PPKM
Selasa, 26 Januari 2021 - 20:17 WIB
Pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat yang diperpanjang hingga 8 Februari 2021 tidak menghalang...
116 desa terpencil di Kapuas Hulu minta menara mini ke Kemenkominfo
Selasa, 26 Januari 2021 - 19:53 WIB
Sebanyak 116 desa terpencil di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat mengusulkan menara mini untuk jaringan ...
Peneliti: Penggunaan rokok elektronik meningkat karena promosi
Selasa, 26 Januari 2021 - 19:41 WIB
Peneliti dari Asosiasi Pengendalian Tembakau Asia Tenggara (SEATCA) Mouhamad Bigwanto mengatakan pen...
 Ke Kudus, Gubernur Jateng pastikan vaksinasi tahap pertama berjalan lancar
Selasa, 26 Januari 2021 - 18:10 WIB
Hari kedua pelaksanaan vaksinasi untuk Tenaga Kesehatan di Kabupaten Kudus Jawa Tengah berjalan lanc...
Hari ini 7.800 dosis vaksin Covid-19 tiba di Subang Jawa Barat
Selasa, 26 Januari 2021 - 17:45 WIB
Distribusi vaksin Covid-19 Subang Jawa Barat akhirnya datang dengan jumlah 7.800 dosis yang dikemas ...
Sandiaga Uno akan berkantor di Bali
Selasa, 26 Januari 2021 - 16:11 WIB
Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bal...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV