KPU Medan akan melayani pengambilan hak suara pasien Covid-19 di RS 
Elshinta
Sabtu, 28 November 2020 - 10:35 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
KPU Medan akan melayani pengambilan hak suara pasien Covid-19 di RS 
Sumber foto: Misriadi/elshinta.com.

Elshinta.com - Berdasarkan peraturan KPU no 6 tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum akan tetap memberikan hal pilih kepada pasien Covid-19 selama ada laporan baik dari keluarga, gugus tugas atau pihak rumah sakit bahwa ada pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit atau yang melaksanakan isolasi secara mandiri di rumah ingin menggunakan hak pilih nya dan KPU Kota Medan memastikan pasien positif Covid-19 dapat menggunakan hak suaranya saat pelaksanaan pemungutan suara dalam Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Hal ini sampaikan Kordinator Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Medan, Muhammad Rinaldi Khair, kepada Kontributor Elshinta, Misriadi melalui sambungan telepon, Sabtu (28/11).

Rinaldi mengatakan bahwa kpu kota medan akan melayani pengambilan hak suara pasien covid 19 sesuai dengan persyaratan yang ada. bagi pasien Covid-19 yang di rawat di rumah sakit yang ingin menggunakan hak pilihnya namun tidak terdaftar di TPS dimana ia dirawat, maka akan menggunakan form pindah memilih atau model A5 yang nantinya petugas TPS yang ada akan melayani pasien Covid-19 pada pukul 12 sampai pukul 13 dengan menggunakan APD lengkap atau pakaian hazmat dan terlebih dahulu harus mendapatkan izin dari pihak rumah sakit apakah petugas langsung yang bertemu dengan pasien atau melalui petugas medis yang ada.

"Untuk pasien Covid-19 yang dikatergorikan berat atau berada di ruang ICU kemungkinan besar tidak memberikan hak pilihnya, karena untuk bernafas sulit sebab menggunakan ventilator, sedangkan untuk pasien yang kondisinya ringan dan sedang serta tidak jumlah pasien tidak terlalu banyak pihak rumah sakit akan memfasilitasi" ujar Rinaldi.

Terkait potensi penyebaran Covid-19 melalui surat suara yang berasal dari pasien Covid-19, Rinaldi menjelaskan bahwa ada beberapa opsi yang dapat dilakukan, yaitu pasien tidak melakukan pencoblosan langsung tapi melalui pendamping yang telah menanda tangani formulir pendampingan yang menyatakan akan menjaga kerahasian pemilih, kemudian opsi pasien menggunakan sarung tangan dan alat pencoblosan sekali pakai atau surat suara yang dilapisi plastik yang setelah dicoblos kemudian dibuka dan dimasukkan ke kotak suara, namun Rinaldi menuturkan bahwa opsi pecoblosan bagi pasien Covid-19 tergantung kondisi di lapangan nantinya seperti halnya pelaksaan pencoblosan bagi pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Rinaldi juga menyebutkan bahwa saat ini perlengkapan APD yang akan digunakan petugas KPU yang akan melayani pasien Covid-19 masih ada beberapa kekurangan seperti kacamata khusus untuk APD, masker N95 dan beberapa alat lainnya dan kedepannya akan dipenuhi.

Sementara itu data pemilih yang nantinya dapat menggunakan hak pilihnya namun saat ini terpapar Covid-19, Rinaldi mengaku belum mendapatkan data pastinya, karena berdasarkan ketentuan pihaknya akan mendata pasien Covid-19 yang akan menggunakan hak pilihnya sehari sebelum pencoblosan, sementara untuk TPS yang nantinya melakukan kegiatan pemungutan suara di kota Medan sebanyak 4.303 TPS dengan petugas sebanyak 8.000 lebih.

Rinaldi berharap, warga kota Medan dapat menggunakan hal pilihnya dan tidak khawatir terhadap potensi penyebaran Covid-19, karena menurutnya di setiap TPS akan diperketat dengan protokol kesehatan degnan menyediakan pasilitas dan perlengkapan protokol pencegahan Covid-19.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Masyarakat Yalimo diminta bersabar tunggu putusan MK
Sabtu, 23 Januari 2021 - 10:50 WIB
Tim pasangan calon bupati dan wakil bupati Yalimo nomor urut satu Erdi Dabi-Jhon Wilil (Er-Jhon) men...
DPR sampaikan surat persetujuan calon Kapolri kepada Presiden Jokowi
Jumat, 22 Januari 2021 - 20:34 WIB
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan DPR RI telah menyerahkan surat persetujuan pemb...
Komisi IX DPR RI cek kesiapan program vaksinasi di Pandeglang 
Jumat, 22 Januari 2021 - 18:56 WIB
Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten...
Pemkot Bandung dukung rencana perpanjangan PPKM Jawa-Bali
Jumat, 22 Januari 2021 - 17:10 WIB
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat...
Personel Yonif 400/BR kembali gugur saat kontak tembak dengan KKB
Jumat, 22 Januari 2021 - 14:10 WIB
Pratu Roy Vebrianto, anggota Yonif 400/BR, Jumat meninggal akibat luka tembak yang bersarang di tubu...
Etik-Agus kepala daerah terpilih dalam Pilkada Sukoharjo
Kamis, 21 Januari 2021 - 19:59 WIB
PU Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah menetapkan pasangan calon terpilih Pilkada 2020, Kamis (21/1) pu...
 Pakar Hukum TN: Ketentuan ambang batas 20 persen hanya untungkan oligarki
Kamis, 21 Januari 2021 - 13:10 WIB
Pakar hukum tata negara Herlambang P. Wiratraman menyayangkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang ...
Presiden Jokowi ucapkan selamat atas pelantikan Joe Biden
Kamis, 21 Januari 2021 - 10:58 WIB
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Amer...
Komisi II DPRA minta pemda tertibkan tambang di kawasan hutan
Rabu, 20 Januari 2021 - 22:05 WIB
Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) meminta pemerintah daerah menertibkan perkebunan dan p...
Komisi III DPR setujui Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri
Rabu, 20 Januari 2021 - 15:55 WIB
Komisi III DPR RI menyetujui penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, setelah men...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV